Berwisata Di Kota Jogja: Menikmati Pancaran Sinar Surga Goa Jomblang

Berbagai keindahan alam dimiliki oleh negeri yang sangat cantik ini.

Beragam keindahan dan keunikan bisa kita temui ketika menjelajahi alam Indonesia yang cantik dan mengagumkan. Jika anda gemar berpetualang, banyak sekali tempat-tempat yang bisa dieksplorasi secara penuh dengan tantangan yang sangat menguji adrenalinmu.

Salahsatu tempat yang memiliki beragam potensi pariwisata yang sangat indah adalah Jogjakarta. Banyak sekali tempat tempat terkenal yang bisa kamu kunjungi di Jogja, dari mulai seputaran Jalan Malioboro, Pantai Parangtriris, Candi Borobudur dan lain-lain. Namun sebenarnya selain wisata dalam kota dan sejarah Jogja juga memiliki wisata alam dan petualngan yang sangat bisa menguji adrenalin dan memenuhi harapan-harapan para pecinta wisata petualangan.

Berwisata Di Kota Jogja: Menikmati Pancaran Sinar Surga Goa Jomblang

Pernah mendengar mengenai Goa Jomblang? Tempat ini sangat cocok bagi anda penyuka petualangan, bahkan tempat yang satu ini pernah masuk sebagai salahsatu tempat tujuan dalam Amazing Race Amerika pada tahun 2011. Goa Jomblang yang berlokasi yang berlokasi di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta ini termasuk ke dalam tempat wisata yang unik sebab berupa goa vertikal, di mana untuk mencapai dasarnya kita harus menggunakan tali dan menguasai teknik menelusuri goa dengan satu tali turun dari tas ke bawah.

Pemandangan bagian bawah dari goa ini memang sangat menggoda mata dan hati khususnya para petualang untuk segera turun dan mengeksplorasi keindahan dalam goa tersebut. Dalam bagian bawah goa ini sendiri terdapat banyak sekali pepohonan yang rimbun dan besar yang merupakan sebuah hutan purba. Goa ini sendiri baru kembali ditemukan dan berhasil dieksplorasi oleh sekelompok penjelajah goa dari Kota Jogja pada tahun 1984. Keberadaan goa ini sendiri sebenarnya sudah diketahui oleh masyarakat sebelumnya, namun karena dirasa angker, berlatar belakang pembunuhan masal pada saat pemberontakan G30S/PKI, goa yang sangat cantik ini tidak berani didekati oleh warga sekitar. Di dalam goa ini juga terdapat jalur penghubung ke sebuah goa vertikal lain yang tak kalah indahnya bernama Goa Grubug.

Baca juga: Wisata Goa Gong Pacitan

Keindahan Goa Jomblang

Mengunjungi Goa Jomblang, akan membuat adrenalin dan perasaan kita terpacu. Keindahan alam yang berbalut dengantantangan menarik, membuat daya tarik goa ini semakin lekat. Dengan menggunakan katrol kita akan diajak turun masuk ke dalam sebuah lubang raksasa ke kedalaman bumi. Pada saat turun, anda bisa memilih beberapa jalur yang dirasa sesuai dengan ketinggian yang anda inginkan. Jalurnya sendiri terbagi dalam 4 jalur, yakni Jalur A (80 meter), Jalur B (60 meter), Jalur C (40 meter), dan Jalur VIP (20 meter) untuk para pemula atau yang baru pertama kali mencoba berwisata di Goa Jomblang.

Selama turun, adrenalin yang terpacu akan berbaur bersama perasaan takjub terhadap karya cipta Tuhan Yang Maha Kuasa. Beragam tanaman hijau besar terhampar bersama lumut dan tebing-tebing goa yang sangat eksotis. Setelah sampai dan menginjakan kaki di dasar goa, maka anda akan diajak oleh pemandu untuk melanjutkan perjalanan menuju Luweng Grubug, dengan melalui lorong sepanjang hampir 300 meter di mana kita bisa menemui apa yang disebut dengan cahaya surga.

Keindahan ornamen batu dan suara gemericik air adalah sebuah pengalaman yang tak tergantikan ketika anda berwisata di di tempat yang sangat mengagumkan ini. Menjelang akhir lorong, anda akan mendengar gemericik air dan sebuah pemandangan tak ada duanya bernama cahaya surga akan muncul di hadapan mata. Cahaya surga sendiri adalah julukan untuk sebuah spot di Luweng Grubug yang menyajikan keindahan cahaya matahari yang masuk melalui celah untuk kemudian membentuk tiang cahaya dan menyinari flowstone.

Penginapan Terdekat

Di sekitar Goa ini sendiri merupakan hutan dan masih alami, sehingga tidak tersedia tempat penginapan. Jarak yang cukup dekat dengan Jogjakarta kota juga membuat kebanyakn turis memilih untuk menyewa penginapan di sekitar Jogja yang banyak tersedia dari harga yang murah hingga berfasilitas mewah sekalipun.

Cara Menuju Goa Jomblang

Akses menuju goa jomblang sangatlah mudah. Bertebarannya informasi di internet dan televisi membuat akses menuju Goa Jomblang ini sangatlah mudah. Terlebih pengelolaan dari tempat ini sudah sangat memadai dan baik. Perjalanan dari Jogjakarta menuju Goa Jomblang dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam perjalanan menuju arah tenggara kota. Untuk menuju Goa Jomblang ini sendiri sebenarnya anda harus membayar sejumlah 450 ribu rupiah kepada pihak pengelola. Dengan harga tersebut sudah termasuk jemputan dari pinggir jalan di daerah Wonosari-Semanu menuju Goa Jomblang, dan berbagai perlengkapan untuk melakukan kegiatan SRT, serta makan siang dan minum. Itu adalah jalur yang umumnya di tempuh untuk menuju ke Goa Jomblang.

Angkutan Pribadi

Dengan menggunakan angkutan pribadi, kita bisa berkendara dari Jogja kota menuju ke arah jalan Wonosari. Dari sana ikuti saja papan penanda yang akan mengarahkan kita menuju wisata Goa Kalisuci.

Angkutan Umum

Jika anda para traveler yang menggunakan angkutan umum jangan khawatir, sebab sudah banyak terdapat kendaraan umum yang dapat digunakan untuk mencapai tempat indah ini.

  • Perjalanan berawal dari Jogja, di mana anda kemudian harus menuju ke arah Terminal Giwangan.
  • Dari Terminal Giwangan, gunakan bus jurusan Jogjakarta – Wonosari/Semanu
  • Setelah sampai di pinggir jalan Wonosari-Semanu anda tinggal berjalan menuju ke arah Goa Jomblang. Anda harus berhati-hati, sebab akses menuju ke tempat tersebut masih terhitung licin dan cukup berbatu.

Tips Menuju Goa Jomblang

Jika anda sekalian berminat dan tertarik untuk mengunjungi Goa yang sangat indah ini, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dapat dijadikan sebagai tips saat anda berkunjung. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti.

  1. Persiapkan segala peralatan adventure, fisik, mental dan juga dana yang anda butuhkan setelah melihat referensi di internet. Jangan pergi tanpa mengetahui keadaan, teknis dan kegiatan apa yang akan anda lakukan di sana.
  2. Berhati-hatilah ketika anda mulai masuk ke dalam Goa ini, trek yang licin dan berbatu bisa membuat anda jatuh tergelincir. Oleh karena itu sebaiknya tingkatkan kewaspadaan anda.
  3. Menurut informasi, jumlah wisatawan yang diperbolehkan masuk dan berkunjung cukup terbatas. Oleh karena itu melakukan pembayaran dan reservasi di awal terhadap paket tur atau pengelola sangat disarankan untuk mengantisipasi penuhnya kuota.
  4. Sebaiknya siapkan pakaian ganti dan peralatan mandi. Kegiatan petualangan yang cukup memacu adrenalin dengan bergelantungan dan menyusuri goa tentunya akan membuat badan dan pakaian anda kotor oleh lumpur dan tanah. Pakaian ganti dan peralatan ganti tentunya sangat berguna untuk anda.
  5. Atraksi yang dicari dari wisata ini adalah cahaya surga, yakni merupakan sebuah cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah dan memantul di bebatuan. Oleh karena itu untuk mendapatkan cahaya optimal berkunjunglah keika cahaya matahari sedang bagus dan di siang hari tentunya.

Tertarik untuk berkunjung dan merasakan cahaya surga? Share terlebih dahulu kepada teman dan keluargamu dan jangan lupa berikan komentarmu.

Leave a Reply