Berwisata dan Melihat Penyu yang Bertelur Di Pulau Berhala Jambi

5/5 (1)

Bagi anda sekalian yang tertarik dengan dunia bahari dan flora yang ada di dalamnya sepertinya harus mencoba berwisata ke Pulau Berhala.

Pernah mendengar mengenai Pulau Berhala? Pulau Berhala merupakan pulau kecil yang memiliki posisi terluar di wilayah indonesia. Posisinya sendiri berada di Selat Malaka, dan masih termasuk dalam wilayah administratif Jambi. Nama Pulau Berhala didapatkan dari nama raja yang dahulu berkuasa di Jambi, dan makamnya berada di pulau ini.

Sebagai pulau di bagian terluar Indonesia, Pulau Berhala ini menyimpan sejuta keindahan dan kekayaan alam yang cukup mengagumkan. Wilayah hutannya cukup lebat dengan panti berpasir putih. Belum lagi simpanan berupa berbagai jenis terumbu karang menjadi pesona tersendiri yang sangat mengagumkan, serta berbagai jenis serta spesies binatang yang mendiami pulau tersebut.

02-pulau-berhala

Bagi anda yang menyukai serta menaruh perhatian lebih pada pelestarian hewan penyu maka, sebaiknya anda mencoba untuk berwisata ke tempat ini, sebab setiap tahunnya pada akhir dan awal tahun, pulau ini selalu disinggahi penyu-penyu laut yang hendak bertelur di pantainya. 

Mengunjungi Pulau Berhala

Bagi anda yang ingin mencoba mengunjungi pulau ini maka anda tidak perlu khawatir, sebab pulau ini sendiri sudah dihuni oleh penduduk dan pasukan TNI yang menjaga garis batas terluar dari negara indonesia. banyak sekali hal yang bisa kamu dapatkan ketika berwisata di pulau ini, dari mulai pemandangan khas pantai-pantai di sekitar Riau yang berbatu besar serta berpantai bersih, pulau ini juga memiliki nilai historis dari beberapa tempat dan benda peninggalan masa lalu, dari mulai meriam, hingga mercusuar.

Bagi anda yang ingin mencoba melihat makam raja Jambi jaman dahulu yang bernama Datuk Paduke Berhala bisa datang ke tempat ini dan melihat sejarah Jambi dari sisi lain. Pemandangan sunset dan kawasan hutan yang masih asri juga menjadi sajian yang nyata bisa anda dapatkan di sana. Bagi anda yang ingin melihat penyu menepi dan bertelur di sekitar pantai bisa mengunjungi pulau ini pada saat akhir tahun hingga awal tahun.

Transportasi Menuju Pulau Berhala

Bagi anda yang ingin mengunjungi Pulau Berhala bisa mengikuti petunjuk perjalanan sebagai berikut:
Dari bandara anda bisa menuju ke Kampung Laut atau Nipah Panjang yang menjadi gerbang menuju pulau berhala.

Dari Nipah Panjang

Dari Jambi menuju nipah Panjang bisa menggunakan mobil dengan waktu perjalanan memakan 4 jam perjalanan, travel berkisar 50 ribu rupiah.
Dari nipah panjang menuju ke Pulau Berhala memakan waktu sekitar 1,5 jam saja dengan menggunakan perahu sewaan, dengan harga bervariasi.

Dari Kampung Laut

Dari Jambi anda bisa menggunakan travel seharga 35 ribu rupiah menuju Kampung Laut dengan lama perjalanan 2,5 jam saja.
Dari Kampung Laut anda menggunakan speedboat dengan waktu tempuh 1,5 jam dan harga 105 ribu rupiah.

Akomodasi Pulau Berhala

Untuk pulau kecil yang jarang penghuni, Pulau Berhala sudah cukup memiliki akses penginapan dengan fasilitas yang biasa, tak ada resort yang melayani anda, namun bagi anda yang ingin merasakan petualangan bisa mendirikan tenda di beberapa bagian pulau yang memiliki ketinggiancukup, sebab jika terlalu rendah khawatir akan terendam jika air laut pasang. Ada juga beberapa pendopo dan bangunan yang bisa anda pakai untuk tidur

Tertarik berwisata di pulau terluar di Indonesia ini? Mari berbagi bersama teman dan keluarga anda dengan menekan tombol share pada bagian bawah. Jangan lupa berikan komentar anda.

Leave a Reply