Bertualang Menyusuri Jejak 60 Juta Tahun Lalu Melalui Lava Berbah, Wisata Jogjakarta

Ada beragam jenis kegiatan dan tema yang bisa kita pilih ketika kita ingin melakukan kegiatan wisata atau liburan.

Dari sekian banyak jenis wisata yang bisa kita pilihan adalah wisata geologi. Mungkin jenis wisata seperti ini tidak banyak orang yang tahu dan masih jarang penikmatnya. Jenis wiosata seperti ini tidak hanya bisa mnegejak anda untuk menikmati alam sekitar dan juga melepas kepenatan, tapi di waktu yang sama anda juga bisa mendapatkan beragam ilmu serta pengetahuan baru mengenai dunia tempat kita tinggal ini.

Salahsatu lokasi yang palin pas untuk anda jajal jika tertarik untuk melakukan wisata geologi adalah dengan mengunjungi Lava Berbah yang berada di Sleman. Lava Berbah ini merupakan sebuah batuan yang terbentuk dari lava cair bahkan diperkirakan sebelum terbentuknya tanah Jawa.

Bertualang Menyusuri Jejak 60 Juta Tahun Lalu Melalui Lava Berbah, Wisata Jogjakarta

 

Mengagumkannya Lava Berbah

Sekilas akan terdengar sangat aneh ketika anda mendengar nama Lava Bantal. Lokasi satu ini memang termasuk dalam lokasi yang sangat unik dan bisa masuk ke dalam kajian geologi yang menarik. Anda yang datang ke lokasi tersebut bisa menemukan batuan berbentuk bantal yang terbentuk dari lava cair dari 60 juta tahun yang lalu.

Lava bantal yang anda temukan di lokasi tersebut kemungkinan merupakan cikal bakal dari gunung berapi purba yang kini kita lihat berdiri menjulang di tanah Jawa. Pada dahulu kala memang gunung berapi tersebut berada di kedalaman laut dan lava yang keluar dari gunung berapi tersebut berkontak langsung dengan air danmembeku dengan bentuk unik yang kini anda bisa lihat ketika berkunjung ke sana.

Dengan mengunjungi situs purbakla tersebut tentunya liburan anda semakin berkesan, sebab tidak hanya keindahan dari pemandangan sekitar serta kesejukan alam yang masih rindang dengan pepohonan, namun anda juga bisa turut menyaksikan bagaimana sejarah mengenai tanah yang kita injak saat ini yakni Pulau Jawa.

Situs satu ini juga menjadi salahsatu lokasi yang cukup digemari oleh para pasangan yang ingin melangsungkan foto pre-wedding, sebab pemandangan dan keunikan yang ada di sekitar lava berbah memang sangat mendukung untuk lokasi photoshoot.

Cara Menuju Ke Lokasi Wisata

Bagi anda yang penasaran dan tertarik dengan wisata geologi Lava Berbah ini, maka dengan titik awal Kota Jogja anda bisa menggunakan kendaraan bermotor menuju ke arah timur menuju ke arah Bandara Adi Sucipto, dari sana anda akan menemukan pertigaan Janti kemudian ambil arah kanan menuju Ringroad dan ikuti petunjuk lebihjauh menuju ke Kecamatan Berbah. Jangan lupa untuk terus bertanaya kepada warga, sebab loksinya sendiri cukup tersembunyi dan samar karena tidak ada pengkondisian secara khusus oleh warga.

Akomodasi Selama Berwisata

Lokasi lava berbah sendiri berada di bawah jembatan dan pengkondisiannya tidak khusus sebagai area wisata, sehinga tidak ada fasilitas khusus yang akan anda temukan di sana. Sehingga bagi anda yang berniat berkunjung ke sana anda bisa membawa terlebih dahulu perbekalan yang cukup atau membelinya selama perjalanan menuju lokasi. Begitu pula dengan penginapan, akan lebih baik anda melakukan reservasi di wilayah kota, sebab pada dasarnya wisata ini cocok dilakuakn siang hari, selebihnya anda bisa memanfaatkannya untuk mengunjungi area wisata lainnya.

Berikut video yang bisa anda saksikan.

Sangat mengagumkan sekali bukan? Dengan mengunjungi lokasi ini anda akan mendapatkan pengalaman baru dari sebuah liburan seperti yang belum pernah anda dapatkan sebelumnya. Segera persiapkan segala kebutuhan anda selama pergi menjelajah dan berwisata dan ajak juga teman anda di media sosial dengan cara menekan tombol share yang berada di bagian bawah artikel. Anda juga bisa berbagi komentar pada kolom komentar di bagian bawah ini.

Leave a Reply