Berikut Merupakan 5 Negara Terkaya Di Dunia Menurut PDB Per Kapita

Perkembangan dan pertumbuhan sebuah negara bisa dilihat dari berbagai aspek yang menyertainya.

Berbagai macam aspek yang dapat menjadi faktor perkembangan negara itu dapat meningkat dengan baik dan pesat, potensi alam, SDM yang dimiliki oleh negara dan banyak hal lainnya.

Banyak negara besar yang memiliki pendapat tinggi dan bisa dikategorikan sebagai negara terkaya di dunia, penentuan negara terkaya bisa dilakukan dengan menghitung Pendapatan Domestik Bruto (PDB). PDB merupakan nilai pasar semua barang dan jasa yang di produksi oleh sebuah negara, sehingga dengan kata lain jika PDB dari sebuah negara semakin tinggi maka kekayaan negara tersebut akan ikut meningkat pula. PDB ini pula digunakan sebagai salahsatu teknik menghitung pendapat nasional.

Berikut Merupakan 5 Negara Terkaya Di Dunia Menurut PDB Per Kapita

Dari beberapa negara yang memiliki predikat sebagai negara terkaya di dunia, rata-rata mereka mendapatakan pemasukan tinggi dari produksi minyak dan gas alam yang sangat luar biasa besarnya, meskipun tidak semuanya bertumpu pada sektor itu saja. Berikut ini merupakan 5 dari negara-negara di dunia yang memiliki pendapatan tinggi dan dapat dikategorikan sebagai negara terkaya di dunia menurut pendapatan PDB per kapitanya.

5. Brunei Darussalam

Terletak di utara Borneo Brunei Darussalam memiliki indeks pembangunan manusia terbaik di wilayah Asia Tenggara setelah Singapura. Dengan pendapatan domestik bruto (PDB) sebesar Rp. 438 juta per tahunnya, Brunei Darussalam ini memiliki potensi alam berupa minyak bumi dan gas alam yang sangat melimpah dan menjadi sektor andalan pendapatan ekonominya.


4. Singapura

Meskipun luas negaranya sangat kecil untuk ukuran sebuah negara dengan luas hampir setara dengan luas Kota Jakarta, Singapura mampu menjelma menjadi negara dengan tingkat pendapatan ekonomi tinggi dan menduduki posisi ke 4 sebagai negara dengan predikat terkaya di dunia. Perusahaan jasa dan penyimpanan finansial menjadi sektor menjanjikan sekaligus andalan dari negara ini, banyak sekali konglomerat-konglomerat yang mempercayakan dan menyimpan asetnya di Singapura. Sebagai negara dengan predikat terkaya nomor 4 di dunia Singapura memperoleh pendapatan domestik bruto mencapai Rp. 475 juta per tahun.

3. Norwegia

Negara yang memiliki luas wilayah mencapai 323 Kilometer persegi ini menduduki peringkat ke 3 sebagai negara terkaya di dunia. pendapatan domestik brutonya per tahun mencapai angka Rp. 477 juta. Dihuni oleh penduduk yang berjumlah hingga 4,7 jiwa Norwegia merupakan negara eksportir minyak dan berbagai produk turunannya. Norwegia pun merupakan salahsatu negara pengekspor gas alam terbesar di dunia. Beragam sektor lain seperti industri menyumbang pendapatan yang tidak kalah banyak dan menguntungkan bagi negara ini.


2. Luxemburg

Berjuluk ikan kecil perkasa Luxemburg menempatkan dirinya sebagai negara terkaya di dunia pada urutan nomor 2. Dengan kerahasiaan hukum perbankan dan pajak yang ketat membuat negara ini mampu menjelma sebagai pusat keuangan paruh ke-2 abad 20. Luxemburg juga menjadi lokasi penyimpanan uang favorit para konglomerat dunia, karena bidang jasa penyimpanannya yang dikenal sangat baik.

1. Qatar

Berkat harga minyak dan gas alam yang melambung dengan sangat tinggi dan dengan cadangan yang sangat besar yakni terbesar ke 3 di dunia membuat Qatar menjelma sebagai negara dengan pendapatan domestik bruto yang sangat tinggi. Pendapatan PDB per kapita yang mencapai Rp. 811 juta per tahun membuat Qatar ini menjadi negara terkaya di dunia. Qatar juga merupakan satu-satunya negara wilayah arab yang masuk ke dalam jajaran 10 negara terkaya di dunia.

Mari share pengetahuan ini ke teman-temanmu ya.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook