Berbuka Dengan Buah Kurma Sangat Baik, Inilah Alasannya

Di bulan puasa yang penuh berkah ini kita dituntut untuk berpuasa dengan baik.

Oleh sebab itulah agar puasa yang kita jalankan lancar maka kita pun harus melakukan hal-hal yang mendukung puasa yang kita jalani tersebut, dimana salah satunya yaitu dengan melaksanakan sahur. Dimana tujuannya yaitu agar kita memiliki cadangan nutrisi dan energi saat puasa.

Nah, selain sahur hal lainnya yang mampu mendukung agar puasa yang kita jalankan lancar yaitu berbuka dengan menggunakan makanan yang baik dan menyegarkan. Pada saat berbuka puasa kita dituntut untuk mengawali berbuka dengan mengkonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar pencernaan kita tidak langsung kaget dengan makanan berat yang akan kita konsumsi, tidak hanya itu mengawali buka puasa dengan makanan manis pun bisa membantu kita dalam mengganti energi yang hilang selama sehari penuh berpuasa. Salah satu makanan manis yang baik untuk berbuka puasa yaitu buah kurma.

Manfaat-kurma-untuk-puasa

Buah kurma merupakan buah pokok di Timur Tengah. Buah yang satu ini sangat dianjurkan sebagai menu pembuka ketika berbuka puasa. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena kurma mampu memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan yang terkuras selama sehari penuh berpuasa.

Sebagian besar kurma mengandung gula, dengan kisaran antara 75-87%. Sekitar 55% gula yang terdapat di dalam kurma berbentuk glukosa, sedangkan 45% yang lainnya membentuk fruktosa. Tidak hanya itu, kurma pun mengandung sejumlah protein, lemak dan juga beberpa vitamin seperti vitamin A, B2 dan B12.

Selain kandungan-kandungan yang telah disebutkan sebelumnya, ternyata kurma pun mengandung beberapa mineral, terutama kalsium, pottasium, fosfor, sodium, sulfat, magnesium, zinc, cobalct, kuningan, manganese dan juga sejumlah selulosa.

Ketika kita mengkonsumsi buah kurma pada saat berbuka puasa, maka dengan cepat glukosa yang terkandung di dalam buah kurma akan berubah menjadi fructose yang kemudian akan diserap melalui sistem pencernaan untuk menyirami tubuh yang dahaga akan energi. Khususnya untuk jaringan-jaringan dimana secara esensial akan bergantung pada pasokan tinggga energi seperti misalkan sel otak, sel darah merah, sel saraf dan sel tulang belakang.

Karbohidrat yang terkandung di dalam kurma akan dicerna secara perlahan oleh tubuh dan akan melepasakan energi secara berkelanjutan. Buah dari tanaman jenis palma ini pun mampu mengontrol rasa lapar ketika berbuka sehingga mampu menghindari kita untuk makan secara berlebihan. Bahkan buah yang satu ini mampu mempersiapakan perut setelah pencernan tidak berfungsi ketika berpuasa. Buah kurma ini akan merangsang enzim pencernaan yang ada di dalam perut untuk membantu mencerna makanan. Selain itu, ternyata kurma pun mampu membantu kita untuk menghindari sembelit. Karena hal tersebut disebabkan kurma mengandung serat yang tinggi. Dan serat tersebut sangat efektif dalam mengatasi masalah pencernaan.

Nah, itulah kebaikan yang bisa kita dapatkan ketika berbuka dengan kurma. Mulai dari saat ini yuk masukan kurma ke dalam menu buka puasa anda dan keluarga. Hindarilah jenis makanan manis yang justru hanya akan membahayakan, karena kita melaksanakan puasa selama satu bulan penuh oleh sebab itu kita di tuntut untuk menjaga kesehatan salah satunya dengan cara memperhatikan asupan makanan yang kita santap baik itu ketika berbuka atau sahur.

Setelah mengetahui kebaikan dari buah kurma ini, maka akan lebih baik jika anda menyebarkan artikel ini kepada teman maupun orang-orang terdekat anda dengan cara klik tombol share.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook