Berbahaya! Ternyata Jangan Melakukan Kebiasaan Ini Saat Perut Kosong!

Tentunya, tidak sedikit orang yang ketika mengonsumsi sesuatu dalam keadaan perut kosong dianggap sebagai halyang wajar saja. Akan tetapi, anggapan tersebut tidaklah benar. Faktanya, kebiasaan mengonsumsi makanan ataupun minuman tertentu dalam keadaan perut kosong ternyata memiliki dampak yang cukup buruk bagi kesehatan lambung dan juga tubuh Anda. Pasalnya, banyak orang yang selalu melakukan kebiasaan ini dalam keadaan perut yang kosong. Lantas, kebiasaan apa saja yang harus dihindari ketika perut Anda dalam keadaan kosong? Yuk kita langsung simak saja berikut ini!

Minum Kopi

Tidak heran banyak orang yang beranggapan biasa saja ketika meminum kopi dalam keadaan perut yang kosong. Tidak dapat dipungkiri bahwa mengonsumsi kopi kerap dilakukan oleh siapa saja terlebih setelah pulang kerja. Kopi memang memberikan efek relaksasi bagi tubuh dan memberikan kesegaran bagi tubuh pikiran Anda. Bahaya mengonsumsi kopi ketika perut kosong tentunya dapat meningkatkan asam lambung. Hal ini tentunya berdampak buruk pada sistem pencernaan Anda. Jika kebiasaan ini tidak diubah juga, maka akan menyebabkan penyakit GERD yakni naiknya asam lambung ke kerongkongan atau penyakit lain yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Permen Karet

Kebiasaan buruk yang kedua ialah sering mengunyah permen karet. Ketika mengunyah permen karet, tentunya lambung akan terangsang dalam memproduksi asam lambung lebih banyak. Mengunyah permen karet ketika perut dalam keadaan kosong akan menyebabkan gangguan pada lambung. Tips yang dapat Anda lakukan ialah mengunyah permen lebih dari 10 menit meski dalam keadaan perut yang cukup kenyang.

Olahraga berat

Kebiasaan buruk yang selanjutnya yaitu melakukan olahraga yang cukup berat. Ketika perut kosong dan melakukan olahraga berat justru akan menyebabkan masa otot menjadi turun. Intensitas dan juga keefektifan dalam olahraga pun menjadi terganggu sehingga menyebabkan tubuh kekurangan energi. Tips yang dapat Anda lakukan ialan makan terlebih dahulu meski dalam jumlah yang sedikit sebelum melakukan olahraga.

Jus Jeruk

Jus jeruk yang terkandung di dalam jus jeruk memang tidak dapat diabaikan lagi akan dampak buruk bagi perut Anda. Kandungan asam yang terdapat pada jeruk tentunya dapat mengiritasi dinding-dinding lambung. Jika kebiasaan ini kerap dilakukan, maka jangan heran jika Anda akan mengidap penyakit asam lambung yang cukup parah. Tips yang dapat Anda lakukan ialah dengan mencampurkan jus jeruk dengan air sebelum meminum jus jeruk tersebut.

Obat Anti-Inflamasi

Ketika perut Anda kosong, jangan sampai Anda berani mengonsumsi obat anti-inflamasi seperti paracetamol, aspirin dan juga obat-obatan lainnya. Selain tidak akan berkhasiat secara maksimal, obat anti-inflamasi ini akan menyebabkan pendarahan yang cukup berat di lambung. Jika Anda terlanjur memakan obat anti-inflamasi ini, tips yang dapat Anda lakukan ialah dengan meminum susu untuk mengurangi efek yang ditimbulkan dari obat anti-inflamasi ini.

Tidur

Kebiasaan ini memang kerap dilakukan oleh banyak orang. Rasa lapar dan juga ngantuk memang kedua kondisi yang sangat sulit untuk diatasi. Banyak orang yang lebih memilih tidur dibandingkan dengan makan terlebih dahulu. Ternyata, tidur dalam keadaan perut kosong sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Rasa lapar yang berlebihan dapat menurunkan tingkat glukosa di dalam tubuh.

Menjaga asupan makanan dan juga minuman terlebih ketika keadaan perut kosong memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Jangan sampai Anda membuat kondisi tubuh lebih parah dikarenakan kebiasaan buruk tersebut. Dan jangan lupa untuk membagikan konten ini kepada teman dan juga kerabat Anda. Siapa tahu mereka memiliki kebiasaan buruk yang sama dan harus dihindari sebaik mungkin. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply