Beberapa Tempat Wisata Indonesia yang Tutup Akibat Virus Corona

Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, masyarakat disarankan untuk beraktivitas di rumah. Selain itu, untuk menghindari meluasnya wabah virus Corona, beberapa tempat wisata ditutup. Adapun beberapa tempat wisata Indonesia yang tutup akibat virus Corona beberapa di antaranya seperti berikut ini.

Tempat Wisata Indonesia yang Tutup Akibat Virus Corona

Banyak tempat wisata yang sementara ditutup untuk mengantisipasi virus Corona, beberapa di antaranya berikut ini.

Monas

tempat wisata indonesia yang tutup

Monas adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang populer. Untuk mengantisipasi penyebaran terkait virus Corona, Monas ditutup untuk sementara. Dimana penutupan Monas itu sendiri terhitung sejak hari Sabtu, 14 Maret , sampai 2 minggu ke depan.

Tidak hanya Monas saja, namun beberapa tempat wisata lainnya di Jakarta yang ditutup di antaranya yaitu Ancol, Dufan, Taman Margasatwa Ragunan, Planetarium Taman Ismail Marzuki dan lain sebagainya.

Alun-Alun Bandung

tempat wisata indonesia yang tutup

Selanjutnya tempat wisata yang ditutup karena virus Corona yaitu Alun-Alun Bandung. Selain itu, beberapa tempat wisata di Bandung lainnya yang ditutup yaitu Museum Gedung Sate, Taman Kota, Museum Konferensi Asia Afrika. Tidak hanya itu, Museum Kota Bandung, Observatorium Bosscha, Kampung Korea Bandung dan lain sebagainya juga ditutup untuk sementara waktu.

Gunung Merbabu

tempat wisata indonesia yang tutup

Gunung Merbabu adalah tempat wisata alam yang berlokasi di Semarang, Boyolali, Magelang, Jawa Tengah. Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, Gunung Merbabu ditutup untuk sementara waktu. Pihak Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup tempat wisata alam di kawasan gunung ini, serta menutup semua jalur pendakian sejak hari Minggu tanggal 15 Maret. Wisata Gunung Merbabu ini akan ditutup 14 hari.

Tidak hanya Gunung Merbabu saja, beberapa tempat wisata di Jawa Tengah juga ditutup seperti Ketep Pass, Taman Balekambang, Candi Pawon, Candi Mendut, Museum Sangiran, Museum Karst dan lain sebagainya. Diketahui ada 40 tempat wisata yang dilakukan penutupan sementara sampai 2 minggu ke depan.

Museum Sepuluh November

tempat wisata indonesia yang tutup

Museum Sepuluh November juga ditutup untuk sementara waktu terkait penyebaran virus Corona yang menggemparkan masyarakat. Museum ini adalah ikon wisata sejarah di Surabaya. Museum ini berlokasi di kompleks Monumen Tugu Pahlawan, Jl. Pahlawan Surabaya.

Museum ini diketahui akan ditutup selama 2 minggu, terhitung mulai tanggal 16 Maret hingga 30 Maret 2020. Selain museum ini, ada beberapa museum lainnya di Surabaya yang juga ditutup untuk sementara waktu. Museum tersebut yaitu Museum Surabaya, Museum WR Soepratman, Museum DR. Soetomo, Museum HOS Tjokroaminoto dan Museum Pendidikan.

Candi Plaosan

tempat wisata indonesia yang tutup

Candi Plaosan juga ditutup untuk sementara waktu untuk antisipasi penyebaran virus Corona. Diketahui tempat wisata yang satu ini untuk sementara waktu ditutup pada 18 Maret sampai 22 Maret 2020. Candi ini termasuk salah satu destinasi wisata populer di Jawa Tengah yang dibangun abad ke-9. Candi Plaosan itu sendiri berlokasi di Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Kompleks Candi Plaosan dibagi 2 bangunan, yaitu Candi Plaosan Lor, serta Candi Plaosan Kidul. Karena kedua candi ini memiliki kesamaan, maka kerap kali disebut sebagai candi kembar.

Kawah Ijen

tempat wisata indonesia yang tutup

Kawah Ijen berada di Banyuwangi, ditutup untuk sementara waktu guna mengantisipasi penyebaran virus Corona. Tempat wisata ini ditutup sementara waktu dari 16 Maret sampai 29 Maret 2020. Selain Kawah Ijen, beberapa tempat wisata lainnya yang juga ditutup di antaranya yaitu Taman Nasional Meru Betiri dan Taman Nasional Alas Purwo.

Itulah beberapa tempat wisata Indonesia yang ditutup terkait penyebaran virus Corona. Agar tidak tertular virus yang satu ini, maka sebaiknya anda tidak dulu bepergian ke tempat umum atau tempat banyak orang. Alangkah lebih baik jika anda diam di rumah.

Leave a Reply