Banyak Tikus Di Rumah? Yuk Basmi dengan Perangkap Tikus Sederhana INI!

Tikus merupakan salah satu hewan yang sudah lama menjadi musuh manusia, terlebih lagi untuk para petani.

Mamalia berukuran kecil ini kerap kali menjadi hama dan selalu menyerang tanaman padi sehingga akan menyebabkan gagal panen. Tidak hanya di pedesaan saja, tikus juga biasanya selalu menjadi masalah utama masyarakat perkotaan. Mengapa tidak, tius kota yang biasanya hidup berdampingan dengan masyarakat perkotaan mampu menyebarkan penyakit seperti misalkan Leptospirosis atau mungkin yang lebih dikenal dengan penyakit kencing tikus. Tidak hanya itu, tikus yang biasanya hidup di rumah masyarakat pun selalu mencuri makanan atau bahkan mengotori makanan sehingga tidak layak dikonsumsi kembali.

Nah, karena banyaknya dampak buruk yang bisa didapatkan karena adanya hewan yang satu ini, oleh sebab itulah banyak orang yang berbondong-bondong mencari cara bagaimana untuk membasmi hewan yang satu ini. Saat ini banyak sekali cara yang bisa ditempuh, salah satunya yaitu dengan menggunakan obat pembasmi yang pada umumnya sudah tersedia di pasaran dengan merk dan harga yang berbeda-beda.

Mouse-trap

Tetapi sayangnya, cara membasmi tikus dengan menggunakan obat malah akan menimbulkan masalah baru. Dimana bangkai tikus yang sudah mati akan sangat sulit dijangkau sehingga baunya akan sangat mengganggu.

Selain dengan menggunakan obat atau bahan pembasmi tersebut, kita pun bisa dengan mudah membasmi atau menangkap tikus dengan menggunakan alat perangkap tikus itu sendiri. Sama halnya dengan obat atau bahan pembasmi tikus, perangkap tikus pun sudah bisa dengan mudah kita beli. Namun selain membeli, akan lebih baiknya jika kita membuatnya sendiri di rumah agar lebih hemat. Dimana kita hanya memanfaatkan barang-barang rumah tangga yang sudah tidak terpakai, seperti misalkan botol plastik bekas air mineral, karet gelang, kardus secukupnya, serta penjempit kertas atau paperclip. Lantas seperti apa cara membuatnya? Anda bisa membuatnya dengan mudah dan sederhana karena di bawah ini kami akan jelaskan seperti apa langkah-langkah yang harus dilakukan.

  1. Jika alat dan bahan telah disiapkan, anda bisa langsung melanjutkan pada tahap pertama pembuatan perangkap tikus. Dimana langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, potong badan botol plastik bagian bawah, namun jangan sampai terpotong sepenuhnya.
  2. Setelah itu, buat lubang di antara kedua bagian botol plastik yang telah dipotong tersebut. Lalu masukan tusuk sate atau kayu sejenis lainnya pada lubang yang telah anda buat tersebut.
  3. Selanjutnya, buat kembali lubang pada tengah-tengah ujung botol plastik yang telah dipotong dan pada badan plastik dengan jarak beberapa cm dari garis bagian botol yang telah dipotong.
  4. Siapkan kardus dengan ukuran kurang lebih 10 cm x 5 cm, buat dua lubang di tengah-tengah kardus tersebut, dimana lubang yang pertama harus sejajar dengan lubang yang telah dibuat pada badan botol plastik.
  5. Ambil paperclip yang telah anda siapkan. Lalu luruskan salah satu bagian paperclip tersebut dengan satu ujung lainnya masih utuh, masukan pada lubang yang telah dibuat di kardus. Kemudian, bengkokan bagian paperclip yang telah dimasukan ke dalam lubang kardus tersebut sehingga menjempit ujung kardus.
  6. Simpan kardus tersebut ke dalam botol plastik. Lalu rekatkan bagian ujung kardus dengan menggunakan solatip.
  7. Ambil karet gelang yang telah anda siapkan. Lalu ikatkan pada ujung kayu atau tusuk sate. Tarik bagian bawah karet gelang dan lingkarkan pada badan botol plastik bagian bawah. Lalu rekatkan karet gelang dengan menggunakan solatip.
  8. Luruskan kembali paperclip yang telah anda siapkan dengan salah satu ujung berbentuk lingkaran kecil. Lalu masukan lubang kecil paperclip tersebut pada paperclip yang telah dimasukan pada kardus tadi, dan masukan ujung paperclip ke lubang yang berada di atas botol plastik yang telah dibuat tadi. Anda tinggal menyimpan umpan di dalam perangkap tikus tersebut.

Cara kerja perangkap tikus ini yaitu ketika tikus masuk dan menginjak kardus, maka secara otomastis alat perangkap tikus tersebut akan menutup dengan sendirinya. Nah, untuk mendapatkan tutorial yang lebih jelas, anda bisa simak langsung pada video di bawah ini.

Sangat mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba dan jangan lupa untuk membagikannya kepada teman atau orang yang ada di sekitar anda dengan cara mengklik tombol share.