Aneka Menu Buka Puasa Paling Khas di Indonesia

Buka puasa adalah salah satu waktu yang paling di nanti bagi mereka yang tengah menjalankan ibadah shaum di bulan Ramadhan. Inilah pula yang menjadi salah satu nikmatnya berpuasa. Menahan lapar dan haus selama hampir setengah hari bukanlah sebuah perkara yang mudah.

Apalagi di tambah dengan aktivitas harian yang padat dan cuaca yang panas biasanya tantangan ketika sedang berpuasa akan jauh lebih besar. Namun demikian, meski terasa sulit dan penuh dengan godaan tidak sedikit mereka yang tetap teguh dengan keimanannya dan menjaga ibadah mereka di bulan yang suci ini.

Berbicara mengenai buka puasa selalu identik dengan aneka hidangan khas buka puasa yang hampir selalu hadir di meja makan. Betapa tidak, setelah menahan lapar dan haus selama seharian penuh kita tentu ingin berbuka dengan hidangan yang nikmat dan istimewa. Baca juga: Aneka hidangan puasa

Aneka Menu Buka Puasa Paling Khas di Indonesia

Yuk mari ketahui apa saja aneka menu buka puas paling khas yang ada di tanah air. Siapa tahu salah satunya bisa menjadi inspirasi menu buka puasa nikmat untuk kamu dan keluarga.

Aneka Kolak

Sebagai warga negara Indonesia yang beragam Muslim, kamu pasti tidak asing dengan sajian kolak di tanah air. Menu hidangan ini adalah menu pembuka pada saat berbuka puasa dengan cita rasa yang manis yang dibuat dengan kuah bersantan dan aneka filling yang berbeda tergantung dari selera masing-masing.

Entah dari mana asalnya, namun yang pasti sajian kolak memang sudah diwariskan sejak lama secara turun temurun sebagai hidangan takjil yang khas. Meskipun tidak semua orang suka dengan sajian kolak karena rasa manisnya yang begitu kuat.

Namun demikian, karena hidangan ini hampir selalu ada selama bulan puasa maka secara perlahan beberapa orang sudah terbiasa menyantap hidangan manis yang satu ini.

Sajian kolak bukan hanya satu macam saja. Karena filling atau isiannya yang beragam maka tak heran ada banyak jenis kolak yang tersedia. Namun yang paling populer selama Ramadhan adalah kolak pisang, kolak biji salak, candil dan lain sebagainya.

Es Buah

Cuaca dan suasana bulan puasa yang selalu identik dengan hawa yang panas dan udara yang kering seringkali membuat haus dan dahaga menjadi tantangan paling berat selama puasa.

Itulah mengapa ketika waktu berbuka tiba, hidangan yang menyegarkan seringkali menjadi dambaan. Nah, dari sinilah es buah atau sop buah menjadi hidangan menu berbuka puasa yang cukup terkenal dan popular.

Sajian yang terbuat dari aneka jenis buah yang dicampur menjadi satu kemudian disiram dengan kuah sirup bercampur susu kental manis dan paduan es yang menyegarkan ini memang mampu memuaskan dahaga mereka setelah seharian menahan haus.

Aneka Gorengan

Selain beberapa sajian di atas, puasa pun selalu identik dengan menu aneka gorengan yang umumnya disantap setelah mengkonsumsi minuman dan beberapa makanan pembuka lainnya. Hidangan yang dibuat dari tepung terigu dan aneka campuran ini diyakini memiliki cita rasa menggoda dan nikmat ketika disantap pada saat buka puasa.

Apalagi bila gorengan dipadukan bersama dengan sambal yang nikmat dan pedas maka tentu saja momen berbuka puasa kali ini akan terasa sangat lengkap dan sempurna. Itulah mengapa, banyak pedagang kaki lima yang seringkali menjajakan gorengan menjelang waktu berbuka.

Nah, itulah dia aneka menu buka puasa khas Ramadhan yang selalu dijumpai masyarakat tanah air. Anda dan keluarga mungkin  termasuk salah satu pemburu hidangan berbuka diatas juga kan?

 

Leave a Reply