Alasan Mengapa Buka Puasa Dengan Air Kelapa Muda Sangat Baik

Dalam sehari pada umumnya manusia mengeluarkan cairan yang ada di dalam tubuhnya kurang lebih sekitar 2 liter, entah itu berupa urine, keringat atau cairan yang lainnya.

Nah, dibulan suci Ramadhan ini kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa dengan tidak makan atau tidak minum selama waktu yang telah ditentukan yakni mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Ketika dalam keadaan puasa seperti ini, maka tidak heran jika tubuh kita pun kekurangan cairan. Namun meskipun begitu keadaan seperti ini jangan terlalu dikhawatirkan, karena ada cara cepat yang bisa dilakukan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama menjalankan puasa. Ingatlah segala sesuatunya pasti akan ada jalan keluar.

Mungkin kita sering melihat banyak orang berbuka puasa dengan menggunakan air kelapa muda. Dan memang pada kenyataannya kebiasaan seperti ini dapat membantu menghilangkan rasa haus yang dirasakan ketika sedang berpuasa. Tidak hanya itu, meminum air kelapa saat berbuka puasa pun mampu mengganti konsumsi air yang hilang setelah kurang lebih berpuasa selama 14 jam.

Air-klapa-muda-untuk-buka-puasa

Air kelapa muda dipercaya sebagai minuman elektrolit yang baik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang selama puasa. Mengapa demikian? Karena air kelapa kaya akan kandungan natrium, kalsium, kalium dan magnesium. Dan itulah alasannya mengapa air kelapa sangat baik diminum saat berbuka puasa.

Selain itu, dengan meminum segelas air kelapa juga sangat baik bagi proses pencernaan dalam tubuh. Di dalam air kelapa terdapat kandungan asam laurat yang bisa menyembuhkan peradangan serta menjaga keasaman lambung. Selama menjalankan puasa tanpa disadarai asam lambung akan meningkat, keadaan seperti ini disebabkan karena perut tidak mendapatkan asupan makanan sama sekali. Dan tingginya asam lambung ini merupakan penyebab mengapa perut kita terkadang terasa sakit dan perih.

Meminum air kelapa muda juga dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga setelah berbuka puasa tubuh kita akan kembali segar dan bugar. Air kelapa pun pada waktu puasa bisa membantu proses detoksifikasi tubuh. Bahkan meminum air kelapa saat berbuka puasa sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula yang ada dalam darah, karena pada saat berbuka puasa kita cenderung akan mengkonsumsi makanan manis yang lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Namun satu hal yang perlu kita ingat semua, dimana jika berbuka puasa dengan air kelapa maka kita dianjurkan untuk tidak menambahkan es atau air kelapa tersebut dalam keadaan dingin. Karena jika dilakukan maka hal tersebut mampu memicu rasa haus yang akan membuat tenggorokan menjadi sakit. Jika anda memang ingin meminum air kelapa muda dalam keadaan dingin maka sebaiknya anda minum pada waktu yang tepat, tidak langsung saat berbuka puasa.

Nah, itulah manfaat jika kita puasa dengan meminum air kelapa muda. Karena perjalanan kita di bulan Ramadhan ini masih cukup lama, oleh sebab itu demi kesehatan dan kelancaran puasa yang kita jalankan maka mulai dari sekarang kita harus bisa memilah dan memilih mana makanan yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi.

Setelah anda membaca dan mengetahui informasi tentang kebaikan berbuka puasa dengan air kelapa muda ini, maka alangkah baiknya jika anda menyebarkannya kepada orang-orang yang ada disekeliling anda dengan cara klik tombol share. Anda pun bisa meninggalkan komentar anda pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook