Air Terjun Pengantin Ngawi

Air Terjun Pengantin Ngawi, Wisata Alam yang Asri dan Romantis

Air Terjun Pengantin Ngawi, Wisata Alam yang Asri dan Romantis – Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan alam Indonesia juga bisa kita jumpai di Ngawi. Di sana ada Air Terjun Pengantin dengan keindahan yang  memukau. Air terjun ini sering dijadikan sebagai pilihan untuk menghabiskan waktu liburan.

Lokasinya yang berada di pedesaan membuat tempat wisata Air Terjun Pengantin ini mempunyai udara yang sejuk. Lokasinya di lereng Gunung Lawu membuat suasana di sekitar terasa sejuk.

Nah, untuk anda yang sedang mencari referensi wisata alam di Ngawi, anda bisa mengunjungi Air Terjun Pengantin. Sebelum pergi berkunjung, simak terlebih dahulu beberapa ulasan seputar Air Terjun Pengantin Ngawi berikut ini.

Melihat Keunikan Air Terjun Pengantin Ngawi

Air Terjun Pengantin Ngawi

Air Terjun Pengantin Ngawi ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Di samping itu, air terjun yang satu ini juga mempunyai keunikan tersendiri. Air terjun ini berasal dari dua sumber berbeda, yaitu dari sungai Lahar Gunung Lawu, dan sumber lainnya dari mata air setempat.

Kenapa air terjun ini disebut sebagai Air Terjun Pengantin yaitu karena keunikannya dan lokasinya yang bersandingan seperti halnya pria dan wanita. Air terjun ini memiliki pemandangan yang berbeda. Kawasannya begitu asri, sejuk dan nyaman. Suara gemericik air yang dihasilkan seolah-olah mengajak anda berbicara. Di sini anda bisa mandi dan berenang di bawah air terjun sambil menikmati suasana alam di sekitarnya. Suara burung yang merdu akan menemani anda ketika berada di sini.

Air Terjun Pengantin Ngawi semakin terkenal setelah dirilisnya film yang berjudul “Air Terjun Pengantin”, serta “ Air Terjun Pengantin Phuket”.

Meskipun pernah dijadikan sebagai tempat pembuatan film horor, namun anda jangan khawatir karena Air Terjun Pengantin ini tidak memiliki kesan horor sama sekali. Justru Air Terjun Pengantin ini memiliki mitos lain yaitu apabila sepasang kekasih berkunjung ke air terjun ini, kemudian menyentuh air dari air terjun maka hubungannya akan langgeng bahkan bisa sampai ke tahap pernikahan.

Lokasi Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin Ngawi

Lokasi Air Terjun Pengantin ada di Dusun Besek, Ds. Hargomulyo, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Jawa Timur. Untuk dapat sampai ke tempat ini, para pengunjung dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil, sepeda motor ataupun kendaraan umum. Jalannya sudah beraspal dan dicor sehingga mudah dilalui.

Sebelum anda sampai ke lokasi tujuan, anda akan melalui jalan menanjak. Ketika musim hujan, jalan tersebut akan berlumpur dan sulit dilalui. Sehingga jika ingin datang ke lokasi wisata ini disarankan saat musim kemarau sehingga akan lebih mudah diperjalanan dan anda bisa menikmati pemandangan sekitar dengan nyaman.

Terdapat Banyak Spot Selfie yang Wajib Dicoba

Air Terjun Pengantin Ngawi

Untuk anda yang ingin berkunjung ke sini dan mengabadikan momen liburan, ada banyak spot selfie yang bisa anda coba. Berbagai spot selfie menarik disediakan di sini, seperti Jembatan Selfie yang berada tepat di depan air terjun. Selain itu, ada spot selfie menarik lainnya yakni Jembatan Cinta dan Jembatan Kapal. Keduanya sering digunakan untuk berselfie dengan air terjun sebagai backgroundnya

Tidak hanya jembatan saja, spot foto menarik lainnya yang ada di sini yaitu Gazebo. Berada di sini anda akan merasa betah karena bisa menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar sambil bersantai menghirup udara segar. Liburan anda tentu akan menjadi lebih menyenangkan karena ditemani dengan pemandangan air terjun yang indah, suasana yang asri ditambah ditemani dengan orang yang anda sayangi sambil menikmati makanan.

Artikel lainnya : Menikmati Pesona Keindahan Pantai Papuma Jember

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Air Terjun Pengantin Ngawi

Air Terjun Pengantin Ngawi

Selain menikmati pemandangan indah air terjun, ada beberapa kegiatan seru lainnya yang bisa anda lakukan ketika berwisata ke tempat ini seperti berikut:

Bermain Air dan Berenang

Ketika anda berwisata ke Air Terjun Pengantin, anda bisa bermain air atau berenang. Anda akan merasakan kesegaran air yang berasal dari pegunungan. Dengan berenang atau bermain air di sini akan membuat tubuh anda rileks dan tenang. Selain airnya yang sejuk, udara segar di pegunungan juga akan membuat anda nyaman.

Menikmati Udara Segar Pegunungan

Air Terjun Pengantin ini lokasinya diapit oleh pepohonan rindang. Menikmati keindahan alam di sini menjadi kegiatan yang menyenangkan. Suara gemericik air yang jatuh akan membuat tenang dan rileks.

Sepeda Santai

Untuk anda yang hobi trekking di area jalan yang terjal, maka jalan menuju lokasi Air Terjun Pengantin ini cocok dijadikan untuk area bersepeda. Anda bisa menyewa alatnya.

Fasilitas

Wisata Air Terjun Pengantin ini  sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai yang akan membuat pengunjungnya betah ketika berada di sini. Adapun fasilitas yang sudah disediakan di antaranya yaitu :

  • Area parkir kendaraan yang aman
  • Mushola
  • Rumah makan
  • Kamar mandi, dan lain sebagainya

Akses Menuju Air  Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin Ngawi

Dengan daya tarik yang ditawarkan oleh Air Terjun Pengantin, maka tak heran jika tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama sepasang kekasih yang tahu mitos kelanggengan yang dimiliki tempat ini.

Agar bisa sampai di tempat wisata yang satu ini, pengunjung akan menempuh beberapa rute jalan. Dengan rute tersebut akan membawa anda ke tempat tujuan, yaitu Air Terjun Pengantin. Agar lebih cepat, anda bisa memakai kendaraan pribadi ketika berkunjung ke tempat ini.

Terdapat beberapa titik perjalanan yang dapat dijadikan alternatif. Apabila anda dari arah Sragen dan Surabaya, anda bisa memulainya dari SPBU Tinjungan menuju daerah Winong. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke Sine hingga sampai di Pasar Ngrambe. Dari sini sudah bisa menempuh jalur menuju SDN Hargomulyo. Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk jalan saja  hingga membawa anda ke lokasi tujuan yaitu Air Terjun Pengantin.

Jalur selanjutnya yaitu dari arah Madiun. Jika anda menempuh perjalanan dari arah Madiun, anda bisa mengambil rute Ngawi hingga pasar Ngrambe. Dari pasar tersebut anda bisa melanjutkan perjalanan sampai Desa Hargomulyo. Kemudian ikuti jalan hingga ke lokasi Air Terjun Pengantin.

Tips Berlibur ke Air Terjun Pengantin

Sebelum berlibur ke Air Terjun Pengantin, anda harus mempersiapkan semua keperluan yang dibutuhkan. Beberapa barang tambahan juga bisa anda bawa seperti kamera untuk mengabadikan momen berlibur bersama dengan keluarga atau teman.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan lainnya seperti tissue basah, sabun, antiseptik atau sampo. Yang paling penting yaitu mempersiapkan fisik serta kendaraan anda agar liburan lancar dan aman.

Itulah beberapa informasi mengenai Air Terjun Pengantin Ngawi. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.