Ada yang Aneh Dengan Benda-Benda Berikut? Tunggu Hingga Anda Melihat yang Sebenarnya!

Sudut pandang sangat menentukan anda untuk melihat sesuatu secara berbeda.

Ungkapan tersebut memang sangat jelas adanya, ketika kita menyikapi sebuah hal atau mencoba melihat sebuah masalah, namun berbicara mengenai sudut pandang dalam dunia nyata yang lebih real hal tersebut bisa dilihat dan dirasakan melalui sebuah efek ilusi yang bernama ilusi anamorphic. Ilusi anamorphic merupakan sebuah kejadian yang menyebabkan anda mampu melihat sebuah objek 2 dimensi menjadi 3 dimensi dan berbentuk, namun anda harus berada di poin yang tepat untuk mampu membuatnya seperti itu. Ilusi anamorphic menyebabkan imajinasi anda terhadap sebuah hal menjadi terdistorsi dan hanya akan terlihat normal ketika anda melihatnya di sebuah sudut pandang yang tepat, dan itu berlaku terhadap setiap orang yang ingin melihatnya.

Dengan melighat dari sudut yang tepat, mata anda mampu terklabui hingga anda bisa melihat sebuah bentuk benda yang benar-benar nyata, namun ketika anda melihat dari sut pandang lain anda akan melihat jika objek tersebut hanyalah sebuah gambar biasa yang ada di atas sebuah bidang datar 2 dimensi.

01

Teknik membuat ilusi gambar anamorphic sendiri sebanarnya sudah banyak digunakan sejak masa lampau, terlebihpada abd ke-17 ilusi anamorphic ini banyak digunakan untuk menciptakan efek visual dari sebuah bangunan, sehingga ketika dilihat dari sebuah sudut yang tepat, ruangan tersebut akan menunjukan sebuah ilusi visual dan gambar dekorasi yang sangat menakjubkan dan tidak anda bayangkan sebelumnya. Salahsatu contoh karya yang bisa dikatakan sebagai salahsatu hasil karya gambar ilusi anamorphic tertua adalah sebuah karya milik Leonardo Da Vinci yang berjudul Leonardo’s Eye.

Di beberapa tempat juga ilusi ini digunakan untuk meghiasi kubah langit-lagi gereja dengan visual-visual yang menarik, sehingga menimbulkan kesan yang sangat unik dan mendalam tanpa harus merubah konstruksi kubah yang tentunya akan lebih sulit.

Bagi anda yang penasaran dengan seperti apa ilusi anamorphic yang dimaksud, maka sebuah video di youtube menunjukan bagaimana semua itu bisa terjadi. Sebuah video menunjukan bagaimana gambar 2 dimensi dalam kerta biasa jika dilihat dari sudut pandang tepat menujukan bahwa benda tersebut benar-benar nyata. Dalam video tersebut, pertama kali anda akan ditunjukan beberapa benda yang berada di atas meja, seperti rubik, ban perekat dan juga sepatu.

Secara sekilas benda-benda tersebut terlihat seperti nyata dan diletakan di atas meja, bahkan ketika kamera melakukan zooming terhadap objek-objek tersebut tetap dapat disimpulkan secara sekilas jika benda tersebut asli. Namun pandangan anda akan beruba kemudian 180 derajat ketika benda-benda tersebut diputar sehingga anda melihatnya dari sudut pandang berbeda, yang tersisa tinggalh selembar kertas dengan gambar yang sangat mengagumkan. Dilihat dari sudut pandang yang tepat membuat anda kesulitan membedakan mana benda asli yang ada di atas meja, dan mana yang hanya merupakan gambar semata yang dibuat memiliki efek ilusi anamorphic semata.

Berikut ini video mengenai berbagai gambar yang dibuat dengan sedemikian rupa hinggamampu memberikan efek ilusi anamorphic ketika anda melihatnya dari sudut pandang yang tepat. Simak videonya di bawah ini.

Sangat mengagumkan sekali bukan ilusi anamorphic ini? Tertarik untuk mencoba belajar dan membuat ilusi anamorphic sendiri? Jangan lupa untuk selalu berbagi informasi dengan teman dan sahabat anda mengenai ilusi anamorphic ini dengan cara menekan tombol share di bagian bawah artikel ini. Anda juga bisa turut memberikan komentar di kolom yang disediakan.