Jaga Bumi Tetap Hijau dengan 8 Cara Menjaga Lingkungan Hidup

Jaga Bumi Tetap Hijau dengan 8 Cara Menjaga Lingkungan – Bumi tempat kita tinggal ini sudah seharusnya dijaga dan dirawat dengan baik. Sebab bila bukan kita siapa lagi yang akan melakukannya. Mari jaga bumi tetap hijau dengan 8 cara menjaga lingkungan hidup di bawah ini.

Isu-isu tentang bencana alam belakangan menjadi hal yang paling mengkhawatirkan. Sayangnya, sedikit orang yang memang benar-benar peduli tentang masalah yang satu ini. Ya, kerusakan yang terjadi di alam akan tentu membawa dampak yang signifikan terhadap kehidupan manusia. Betapa tidak, ketika alam dipenuhi dengan kerusakan maka kemana kita akan mencari tempat hidup yang layak?

Oleh karenanya mengajarkan cara menjaga lingkungan hidup sudah sepatutnya diberikan kepada anak-anak dan keluarga sejak dini. Tak perlu hal-hal yang besar untuk bisa menyelamatkan bumi yang sedang sakit. Beberapa cara menjaga lingkungan hidup yang sederhana ini bisa kita mulai sebagai langkah besar untuk masa depan anak cucu kita dikemudian hari. Baca juga: 7 Cara Bersyukur Untuk Hati Lebih Tenang

8 Cara Menjaga Lingkungan Hidup

Sebenarnya ada banyak langkah sederhana yang bisa kita mulai untuk menyelematkan bumi dari kerusakan. Menanamkan pelajaran ini sejak ini kepada anak-anak adalah hal yang penting. Sebab bila bukan kita yang mencintai dan merawat bumi kita sendiri maka siapa lagi yang akan melakukannya?

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Cara Menjaga Lingkungan Hidup

Salah satu tindakan paling nyata sebagai investasi masa depan untuk merawat dan menjaga lingkungan hidup agar tetap bersih dan sehat adalah membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan ini mungkin terdengar sepele, namun bisa dibayangkan bila setiap hari kita memproduksi sebanyak 10 kg sampah maka dengan menerapkan kebiasaan buang sampah pada tempatnya maka kita menyelamatkan bumi dari penumpukan 10 kg sampah

Merubah kebiasaan membuang sampah pada tempatnya mungkin tidak mudah dilakukan. Apalagi masyarakat Indonesia memang seolah sudah mendarah daging melakukan kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan. Nah, untuk memudahkan anda menerapkan kebiasaan ini maka di bawah ini beberapa langkah yang bisa dilakukan.

  • Sediakan wadah sampah atau plastik atau media apa saja yang bisa menampung sampah. Sehingga ini diharapkan bisa menghindarkan anda untuk membuang sampah dimana saja.
  • Tempatkan wadah sampah dekat dengan jangkauan. Hal lain yang bisa dilakukan untuk membantu membiasakan buang sampah pada tempatnya adalah dengan menempatkan wadah sampah dekat dengan jangkauan. Misal, dibawah meja kerja, samping tempat tidur dan dimanapun yang bisa anda jangkau.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Cara Menjaga Lingkungan Hidup

Cara menjaga lingkungan dalam bentuk aksi sederhana lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengawali kebiasaan bersih dari rumah atau lingkungan sekitar anda. Tak perlu jauh-jauh ke kutub utara untuk menangani gletser yang mencair atau ke Afrika untuk menyelamatkan satwa langka dari kepunahan. Cukup pastikan kamar tidur anda dibersihkan setiap hari. Lalu secara bertahap, pastikan lingkungan rumah anda pun dijaga kebersihan dengan baik.

Tidak Merusak Lingkungan Sekitar

Cara Menjaga Lingkungan Hidup

Dimana anda berada menjaga lingkungan hidup dengan baik seyoganya menjadi prinsip hidup yang selalu diterapkan. Langkah ini mungkin terkesan sederhana namun bayangkan bila semua orang mampu menerapkan prinsip yang sama. Maka tentu bumi kita akan senantiasa terawat dan terjaga.

Ada cukup banyak aksi baik dalam upaya menjaga lingkungan seperti tidak menginjak rumput, tidak memetik tanaman, tidak menangkap satwa disekitar dan masih banyak lagi. Tindakan ini bisa pula anda tularkan kepada orang lain dengan memastikan teman atau kerabat anda melakukan hal yang sama.

Hindari Tebang Liar

Manusia memang tidak bisa lepas mengkonsumsi sumber daya alam. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa sumber daya alam ada yang bisa diperbaharui dan adapula yang bisa. Beberapa sumber daya alam ada juga yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa diperbaharui dan dinikmati kembali hasilnya. Contohnya seperti pohon.

Belakangan ini kasus tebang liar menjadi salah satu kejahatan yang luput dari perhatian publik. Padahal dampak dari penebangan liar akan sangat besar terhadap kehidupan masyarakat. Apalagi bila dilakukan secara membabi buta tentunya akan membuat hutan terancam gundul.

Salah satu cara mengatasi tebang liar adalah dengan menerapkan konsep tebang pilih. Dan pastikan pula lakukan penanaman kembali atau reboisasi untuk menghindari hutan yang gundul.

Menanam Kembali Hutan yang Gundul

Cara Menjaga Lingkungan Hidup

Penanaman kembali hutan yang gundul bisa menjadi salah satu cara menjaga lingkungan hidup sekaligus langkah pelestarian yang positif. Selain sebagai sumber daya, hutan menjadi salah satu ekosistem bagi banyak kehidupan.

  • Beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk penanaman hutan adalah dengan mengajak sebanyak mungkin orang untuk terlibat menanami hutan yang gundul.
  • Menjadikan hal tersebut sebagai bagian dari kampanye penting untuk menyelamatkan bumi.
  • Lakukan sebanyak-banyaknya sebagai investasi jangka panjang untuk anak cucu kita di masa depan.

Tidak Membuang Limbah ke Sungai

Cara Menjaga Lingkungan Hidup

Membuang bahan kimia atau limbah ke sungai akan merusak ekosistem sungai dan membuatnya menjadi tercemar. Selain membunuh banyak makhluk hidup yang ada di sungai, pembuangan limbah ke sungai biasa akan membuat sungai menjadi bau.

  • Penanganan lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat tempat tampung limbah di tempat khusus dan memastikan alirannya tidak mencemari lingkungan.
  • Mendaur ulang limbah menjadi sesuatu yang lebih berguna.
  • Menetralisir bahan kimia berbahaya yang ada pada limbah sehingga tidak merugikan lingkungan hidup.

Penanaman Pohon Di Pinggir Jalan Kota

Cara Menjaga Lingkungan Hidup

Cara menjaga lingkungan selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan melakukan penanaman pohon di area pinggiran jalan di kota. Seperti yang kita ketahui biasanya jalanan besar di perkotaan membuat polusi dari kendaraan semakin banyak jumlahnya.

Penanaman pohon di area pinggir jalan dapat membantu penyerapan karbon dioksida yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor yang mana hal ini akan dapat menjadi sumber penyakit.

  • Mintalah izin pemerintah setempat sebelum melakukan aksi positif ini. Bagaimanapun jalanan adalah akses umum jangan sampai tidak adanya izin membuat niat baik anda menjadi masalah.
  • Tempatkan di area yang tidak menghambat akses kendaraan atau akses publik lainnya. Misalkan menempatkannya di bagian trotoar namun dengan jarak sehingga satu pot dengan pot lain tidak berhimpitan dan akses pejalan kaki tidak terhalang.
  • Pilih tanaman yang tidak membutuhkan penanganan yang ribet. Karena anda akan menempatkan tanaman ini di pinggir jalan maka sebaiknya pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan perawatan rumit karena anda tidak akan selalu memonitor tanaman

Membiasakan Diri Menghemat Produksi Sampah

Cara Menjaga Lingkungan Hidup

Cara menjaga lingkungan hidup yang terakhir yang dapat anda lakukan adalah mulai menerapkan kebiasaan memproduksi sampah sedikit mungkin. Contohnya adalah menghindari penggunaan plastik sekali pakai, me-recycle sampah kompos menjadi pupuk dan masih banyak lagi. Langkah positif ini akan sangat berdampak baik untuk lingkungan dan bumi yang lebih hijau.

Artikel menarik lainnya: 5 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rontok

Leave a Reply