7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja – Selain kopi, menghilangkan rasa ngantuk di tempat kerja dapat pula anda atasi dengan 7 cara menghilangkan kantuk di bawah ini.

Rasa kantuk yang muncul sewaktu bekerja adalah hal yang wajar. Apalagi bila sebelumnya anda tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup di malam hari. Maka sudah pasti, mengantuk ketika bekerja akan menjadi hal yang anda alami. Akan tetapi, bila kondisi ini terjadi terus menerus tentu bisa menjadi masalah.

Selain pekerjaan yang terbengkalai, rasa kantuk yang dialami sewaktu bekerja akan mengurangi fokus anda sehingga membuat anda menjadi tidak produktif. Ngantuk sewaktu bekerja dan beraktivitas bisa terjadi karenanya dipicu oleh beragam hal. Mulai dari kurangnya tidur di malam hari, kelelahan, stres dan masih banyak lagi.

Anda yang ingin mengembalikan stamina ketika mengalami kantuk di tempat kerja. Tak perlu khawatir, 7 cara menghilangkan rasa kantuk di bawah ini bisa membantu anda. Baca juga: 7 Cara Agar Bisa Tidur Dengan Cepat Yang Mudah Untuk Dipraktekan

7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Selama ini mungkin banyak orang mengenal kopi sebagai salah satu doping yang manjur untuk menghilangkan kantuk pada saat bekerja. Namun tahukah anda pada beberapa orang yang sudah terbiasa mengopi kadang kopi tidak lagi bekerja dengan efektif. Namun tak perlu khawatir di bawah ini adalah 7 cara menghilangkan rasa ngantuk yang bisa anda simak.

Penuhi Kebutuhan Tidur

7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Kebutuhan tidur di malam hari menjadi penentu bangun pagi yang lebih segar. Anda yang seringkali begadang sampai larut malam tentu akan mengalami pagi hari yang berat dan melelahkan. Belum lagi, deadline yang menumpuk dan hal-hal yang menekan diri anda terlalu kuat akan semakin membuat mood anda berantakan.

Alhasil tak hanya perasaan kantuk yang akan anda hadapi di tempat kerja. Namun mood anda yang berantakan membuat anda semakin sulit untuk bisa fokus dan menyelesaikan pekerjaan anda dengan baik sebagaimana mestinya.

  • Penuhi kebutuhan tidur dengan baik, idealnya untuk orang dewasa anda akan butuh durasi tidur malam hari sekitar 6 sampai dengan 8 jam.
  • Dapatkan istirahat yang berkualitas. Tak hanya masalah durasi tidur yang perlu diperhatikan dengan baik. Untuk membuat pagi anda lebih segar dan aktivitas anda berjalan lancar. Maka penting sekali untuk memperhatikan kualitas tidur anda. Hindari mengoperasikan gadget menjelang tidur anda sebab ini akan membuat anda merasa tidak tenang.
  • Matikan lampu. Sebaiknya tidur dalam keadaan cahaya yang redup untuk membuat anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Rasa mengantuk tak hanya datang di malam hari saja. Pada saat pagi hari setelah selesai mandi biasanya seseorang akan cenderung diserang dengan perasaan kantuk yang sulit mereka tahan. Rasa kantuk yang datang ini bisa disebabkan oleh rasa lelah. Jadi meski anda merasa sudah mencukupi kebutuhan tidur di malam hari namun tetap merasa ngantuk. Bisa jadi rasa kantuk datang akibat anda terlalu lelah.

Tak hanya itu, rasa kantuk juga bisa datang akibat rasa lapar. Ketika anda kelaparan anda akan cenderung mudah merasa ngantuk sebab tidak ada energi yang anda asup ke dalam tubuh. Jadi demikian sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Jangan lewatkan jam sarapan
  • Sarapan dengan menu makanan bergizi
  • Jangan santap sarapan dalam porsi yang berlebihan
  • Jangan makan terburu-buru sebab pencernaan anda akan terganggu
  • Hindari asupan karbohidrat berlebihan sebab ini akan memicu kantuk yang mudah terjadi.

Cari Pengalihan

7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Cara menghilangkan ngantuk selanjutnya yang dapat anda lakukan ketika di tempat kerja adalah mencari pengalihan ketika rasa kantuk yang dialami sudah tidak tertahankan. Tidak masalah beranjak sebentar dari pekerjaan anda yang begitu menggunung. Bila beristirahat sejenak akan mengembalikan fokus anda maka tentu ini akan sangat sepadan dengan waktu istirahat yang anda habiskan.

  • Bangunlah dari tempat duduk anda saat ini. Ambilah kira-kira 10 menit atau secukupnya waktu yang anda butuhkan.
  • Berjalanlah keluar dan temukan hal-hal yang akan membuat anda kembali segar.
  • Tak masalah untuk sekedar jajan, membeli cemilan atau mungkin untuk sekedar menghirup udara segar.
  • Ketika anda sudah merasa kembali segar maka tubuh dan pikiran anda akan lebih siap menghadapi pekerjaan dan melanjutkan aktivitas anda.

Istirahatkan Sejenak Mata Anda

7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Terkadang mata yang bekerja terus menerus dengan memandangi layar monitor dengan cahaya yang amat terang akan membuat mata menjadi lelah. Akibatnya ada beberapa keluhan yang terjadi yang juga menjadi sinyal bahwa mata anda butuh istirahat.

  • Tutuplah mata anda dan istirahatkan sejenak agar kesegaran mata dan semangat untuk bekerja bisa kembali datang.
  • Tak masalah untuk mengambil waktu beberapa saat untuk tidur agar anda menjadi lebih segar.
  • Bila anda merasa sungkan karena lingkungan kerja anda tidak memperbolehkan untuk tidur maka carilah tempat lain yang lebih aman, seperti ruang kesehatan, tempat ibadah dan tempat lainnya.

Konsumsi Cemilan

7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Cara menghilangkan ngantuk selanjutnya yang bisa anda coba sewaktu di tempat kerja adalah dengan mengkonsumsi cemilan. Selain mengalihkan perhatian anda agar tidak terlalu stres dan jenuh dengan pekerjaan anda. Ngemil akan juga mengganjal rasa lapar yang berlebihan. Apalagi bagi anda yang seringkali diburu deadline dan melupakan waktu makan.

Ingat kembali, rasa lapar yang anda alami akan menjadi salah satu pemicu rasa kantuk hadir. Maka dari itu, penting sekali memastikan perut anda tidak dalam keadaan kosong.

Hanya saja, bila anda khawatir menambah angka timbangan akibat kebiasaan ngemil maka temukanlah cemilan yang sehat dan rendah gula serta lemak. Seperti misalkan biskuit gandum, granola, yogurt atau mungkin kacang-kacangan yang lebih aman dikonsumsi.

Konsumsi Air Putih

7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Dehidrasi atau kekurangan cairan tak hanya akan berbahaya untuk tubuh. Namun salah satu gejala dari dehidrasi adalah lesu dan nampak kurang berstamina. Tak heran bila anda mengalami dehidrasi anda akan sering merasa ngantuk. Rasa kantuk yang dialami di tempat kerja akan tentu membuat anda dalam masalah.

Maka dari itu, pastikan asupan air dalam tubuh anda terjaga dengan baik. Ketika tubuh mengalami kekurangan cairan maka kondisi ini membuat jantung memompa dengan lebih keras sehingga menyebabkan anda mengalami cepat lelah.

Air yang anda asup ke dalam tubuh akan diikat oleh darah dan berfungsi memberikan sejumlah oksigen ke bagian otak sehingga ini akan pula memberikan anda kemampuan untuk menjaga diri anda dari rasa kantuk yang berlebihan. Setidaknya 8 gelas setiap hari konsumsi air harus terpenuhi.

Mencuci Muka

7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Mencipratkan air atau cuci muka bisa menjadi salah satu cara jitu untuk menghilangkan kantuk saat berada di tempat kerja.

  • Ambil waktu sebentar untuk ke toilet.
  • Kemudian basuh wajah anda dengan perlahan pastikan bagian mata dibasuh dengan air untuk memberikan sensasi yang lebih menenangkan.
  • Lap kering wajah anda dan rapikan penampilan rasakan sensasi segar yang membuat anda lebih siap kembali bekerja.

Artikel menarik lainnya: 5 Tips dan Cara Membuat Wajah Glowing dengan Alami

Leave a Reply