7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami – Setelah jerawat, komedo menjadi salah satu masalah kecantikan yang banyak dikeluhkan. Mari ketahui cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen di bawah ini.

Komedo adalah penumpukan kotoran yang menyumbat bagian pori-pori kulit. Meski komedo bisa ditemukan dibagian mana saja pada tubuh, akan tetapi bagian yang paling rentan terkena dengan komedo adalah sekitaran area T-zone, yakni dahi, hidung dan bagian dagu. Komedo terbagi ke dalam dua jenis, yakni komedo putih, komedo hitam.

Kehadiran komedo yang dibiarkan begitu saja akan bisa membuat sumbatan semakin besar dan berakibat pada pori yang meradang dan membesar akhirnya jerawat akan muncul dan ini akan tentu merugikan anda. Pasalnya, jerawat tak hanya menyakitkan ketika membengkak namun bekasnya akan tentu meninggalkan noda yang mengganggu pada kulit. Baca juga: Cantik Seutuhnya dengan 5 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Untuk itulah, penting sekali mengetahui cara menghilangkan komedo secara alami yang baik dan aman. Di bawah ini kami bagikan beberapa cara alami hilangkan komedo yang bisa membantu anda.

Gunakan Uap Garam

7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara menghilangkan komedo secara alami yang akan dapat anda coba di rumah adalah dengan memanfaatkan uap garam. Cara ini tentu lebih mudah dan murah untuk dipraktikan dibandingkan anda melakukan facial di salon kecantikan.

Uap garam punya kandungan senyawa ion negatif dan positif yang membentuk senyawa netral. Kandungan inilah yang akan ampuh menghempaskan komedo hitam membandel yang sering ditemukan di wajah.

  • Cara membuat uap garam tak perlu susah, anda hanya perlu menyiapkan satu baskom air mendidih. Takarannya kira-kira sebanyak 1,5 liter.
  • Kemudian masukkan garam sebanyak 3 sendok makan. Lalu aduk dengan merata sampai garam larut.
  • Posisikan wajah anda tepat berada di atas baskom agar uap panas dari baskom menyentuh pori-pori wajah anda.
  • Lakukan treatment ini selama kurang lebih 10 menit. Agar uapnya lebih meresap, anda bisa menutupi bagian kepala anda sampai ke baskom menggunakan handuk bersih.

Gunakan Teh Hijau

7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Belakangan ini teh hijau tengah marak menjadi trend kecantikan yang cukup banyak manfaatnya. Tak heran bila ada begitu banyak produk kecantikan yang menggunakan teh hijau sebagai salah satu komposisi di dalamnya. Hal ini semata karena manfaat dari teh hijau yang memang tidak bisa dipungkiri faedahnya untuk kesehatan dan kecantikan tentunya.

Teh hijau kaya akan kandungan anti-oksidan yang ampuh menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya akan sangat baik dalam memperlancar proses peremajaan kulit dan menghindarkannya dari masalah, termasuk kehadiran komedo.

  • Siapkan ampas teh hijau yang sudah anda seduh. Masukkan ke dalam mangkuk atau wadah yang bersih.
  • Lalu ambil dengan menggunakan sendok dan tempelkan pada wajah yang sebelumnya telah anda bersihkan terlebih dahulu.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 sampai dengan 30 menit agar manfaat dari bahan ini meresap dengan sempurna.

Anda mungkin tertarik membaca: Tak Perlu Panik, Begini 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Gunakan Mentimun

7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Tak hanya dimanfaatkan sebagai lalapan atau bahan pokok pembuatan makanan. Rupanya, mentimun punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk masalah komedo yang seakan tidak pernah ada habisnya. Mentimun punya kandungan anti-oksidan dan anti-inflamasi yang tergolong tinggi sehingga efektif dijadikan solusi untuk menghilangkan komedo secara alami.

  • Untuk pemanfaatannya, anda hanya perlu menyiapkan satu buah mentimun dan cuci sampai bersih.
  • Selanjutnya potong tipis-tipis berbentuk bulat dan aplikasikan pada bagian kulit yang terkena dengan komedo. Namun pastikan sebelumnya wajah anda sudah bersih.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar manfaat dari bahan ini meresap ke dalamnya dengan sempurna.
  • Selanjutnya cuci wajah anda menggunakan air hangat.

Gunakan Pasta Gigi

7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Siapa menyangka jika pasta gigi yang selama ini hanya kita kenal sebagai bahan pembersih gigi, rupanya punya manfaat untuk mengatasi kehadiran komedo yang membandel pada wajah? Ya, hal ini dikarenakan pasta gigi punya kandungan mineral dan fluoride yang mana kedua bahan ini dipercaya mampu menghaluskan wajah dan mengangkat sumbatan serta kotoran termasuk dengan komedo.

  • Cara menggunakannya cukup mudah, cukup bersihkan terlebih dahulu wajah anda dengan menggunakan sabun secara merata.
  • Lalu setelah itu, oleskan pasta gigi pada bagian wajah yang ditumbuhi dengan komedo. Oleskan tipis dan merata.
  • Setelah itu, silahkan diamkan selama kurang lebih 20 hingga setengah jam.
  • Lalu bilas dengan air.

Gunakan Perasan Jeruk Nipis yang Dibekukan

7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Bahan alami selanjutnya yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Bahan ini punya segudang manfaat yang baik untuk anda. Kandungan vitamin C yang berlimpah pada jeruk nipis menjadi solusi tepat untuk menghaluskan kulit dan mengangkat tumpukan kotoran dan minyak penyebab komedo.

Mengapa perasan jeruk nipis perlu dibekukan? Selain memudahkan anda untuk punya stok bahan ini setiap kali digunakan. Sensasi dingin yang ada dari es jeruk nipis ini akan memberikan perasaan yang nyaman. Sehingga tidak ada lagi proses pengelupasan komedo yang menyakitkan.

  • Caranya ambil perasan air jeruk nipis dan campurkan sedikit dengan air hangat lalu aduk dengan merata.
  • Masukkan ke dalam cetakan es batu dan letakkan ke dalam freezer sampai beku.
  • Penggunaannya cukup mudah, anda hanya perlu menekankannya pada kulit yang dipenuhi dengan komedo secara merata.

Masker Oatmeal dan Yogurt

7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Frustasi dengan bintik-bintik komedo yang tak kunjung menghilang atau lelah terus menerus memencet komedo yang datang lagi? Sebaiknya, tinggalkan kebiasaan buruk memencet komedo dan beralihlah pada cara menghilangkan komedo secara alami yang lebih bijak tentunya.

Ya, daripada kesakitan menahan rasa sakit akibat memencet paksa komedo keluar. Akan lebih baik hilangkan komedo dengan bahan alami yakni dengan masker oatmeal dan yogurt. Kandungan asam laktat yang ada pada yogurt akan bekerja dengan sangat baik dalam mengangkat komedo secara alami. Sementara oatmeal bekerja untuk membersihkan tumpukan minyak pada wajah dan mencegah komedo datang lagi.

  • Campurkan sebanyak 2 sendok makan oatmeal bersama dengan 3 sendok makan yogurt tanpa rasa.
  • Lalu untuk mengentalkan bahan ini silahkan masukkan beberapa tetes air perasan jeruk lemon dan minyak zaitun.
  • Aduk semua bahan ini menjadi satu dan tercampur.
  • Sebelum digunakan silahkan bersihkan terlebih dahulu wajah anda dengan merata.
  • Kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker. Diamkan sampai kering selama kurang lebih 1 jam.
  • Baru setelah itu, bilas wajah anda dengan menggunakan air bersih.

Gunakan Masker Pala dan Susu

7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Bahan terakhir yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan komedo adalah pala dan susu sebagai scrub. Kedua bahan ini akan ampuh mengangkat sel kulit mati dan tumpukan komedo pada wajah.

  • Caranya adalah siapkan sebuah wadah dan campurkan 1 sendok teh pala bubuk dan campurkan dengan sedikit susu.
  • Aduk dengan merata sampai tercampur.
  • Bilas terlebih dahulu wajah untuk menghilangkan kotoran.
  • Kemudian aplikasikan sebagai scrub sambil dipijat dengan lembut.

Artikel sejenis: 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Leave a Reply