Tak Perlu Obat Tidur, Begini 7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman

Tak Perlu Obat Tidur, Begini 7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman – Gangguan tidur dikenal dengan sebutan insomnia yang mana bila kondisi ini tidak segera diatasi dengan cepat. Maka tentu gangguan susah tidur akan sangat merugikan. Dalam bahasan kali ini kita simak cara mengatasi susah tidur yang aman tanpa bantuan obat-obatan.

Gangguan sulit tidur di malam hari akan tentu membuat anda banyak mengalami kerugian. Selain susahnya bangun di pagi hari, kurang tercukupinya waktu tidur di malam hari yang terjadi terus menerus bisa menyebabkan banyak masalah, seperti halnya kegemukan, gangguan kecemasan dan keluhan kesehatan lainnya.

Insomnia atau gangguan tidur sendiri memang menjadi salah satu keluhan kesehatan yang saat ini banyak di alami masyarakat modern, terutama mereka yang punya jam kerja yang tidak teratur. Agar gangguan tidur bisa segera diatasi maka mari kita simak cara mengatasi susah tidur yang aman tanpa menggunakan obat-obatan. Baca juga: Tidur Lebih Berkualitas, Ini 5 Cara Menghilangkan Ngorok

7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman

Sulitnya tidur dengan nyenyak di malam hari tentu membuat orang kesal dan frustasi. Apalagi ketika anda dituntut untuk selalu bangun di pagi hari. Hal inilah yang kemudian membuat sebagian orang terpaksa melakukan segala cara demi bisa segera terlelap, termasuk mengkonsumsi obat-obatan. Namun sebenarnya cara mengatasi susah tidur dapat dilakukan dengan langkah yang aman seperti beberapa cara di bawah ini.

Konsumsi Jus Tomat

Tak Perlu Obat Tidur, Begini 7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman

Cara mengatasi susah tidur yang pertama dapat anda lakukan dengan memperhatikan asupan ke dalam tubuh. Ya, salah satu faktor pemicu gangguan tidur di malam hari atau insomnia adalah karena masalah gaya hidup yang kurang diperhatikan dengan baik. Alih-alih sembarang mengkonsumsi makanan yang hanya akan membuat anda mengalami kenaikan berat badan. Konsumsi buah tomat akan baik sebagai cara mengatasi susah tidur terutama pada saat malam hari.

Hal ini dikarenakan, buah tomat punya kandungan melantonin yang amat tinggi. Melantonin adalah senyawa yang mengendalikan siklus tidur. Konsumsi buah tomat akan dapat membantu anda mengatasi gangguan tidur sehingga tidur di malam hari menjadi lebih berkualitas.

  • Cara penggunaan buah tomat bisa anda konsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus.
  • Cara pembuatan jus tomat sangatlah mudah anda hanya perlu mempersiapkan beberapa buah tomat dan cuci sampai bersih.
  • Kemudian setelah itu, potong tomat dan masukkan ke dalam mesin blender. Berikan sedikit air lalu aduk dengan merata.
  • Tuangkan dalam gelas dan nikmati sebagai santapan sebelum anda pergi tidur di malam hari.

Mengatur Jadwal Tidur

Tak Perlu Obat Tidur, Begini 7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan mengatur jadwal tidur anda dengan baik. Hal ini menjadi penting dilakukan terutama bagi anda yang mengalami kesulitan tidur dengan cepat pada saat malam hari. Perlu diketahui bahwa waktu tidur yang berubah-ubah akan dapat memicu timbulnya insomnia.

Hal ini dikarenakan ritme sirkadian yang berfungsi untuk mengatur metabolisme di dalam tubuh menjadi terganggu. Akibatnya, siklus tidur anda pun menjadi terganggu. Termasuk dengan siklus bangun pagi. Anda yang kesulitan tidur di malam hari akan cenderung sulit pula bangun di pagi hari. Maka dari itu, lakukan beberapa hal di bawah ini agar jadwal tidur anda tertata.

  • Upayakan perbanyak aktivitas siang anda dan sebisa mungkin selesaikan pekerjaan anda dengan maksimal.
  • Jangan tidur terlalu larut atau mungkin menahan kantuk anda. Hal ini akan membuat kantuk menjadi hilang dan sisanya anda akan tersiksa dengan terjaga sampai pagi.
  • Pastikan tubuh anda dalam keadaan nyaman untuk tidur. Misalnya dengan mandi yang membuat anda merasa nyaman dan segar.
  • Atur waktu tidur dalam pengingat sehingga anda tahu kapan anda harus beristirahat.

Simak pula: Penderita Insomnia, Begini 4 Cara Bisa Tidur dengan Cepat

Minum Susu Sebelum Tidur

Tak Perlu Obat Tidur, Begini 7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman

Konsumsi segelas susu sebelum tidur bisa menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur yang efektif dibandingkan dengan konsumsi obat tidur. Telah banyak penderita insomnia yang menjadikan segelas susu sapi sebagai ritual yang rutin mereka lakukan menjelang tidur di malam hari.

Hal ini dikarenakan kandungan magnesium yang ada di dalam susu dipercaya dapat membantu tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks. Sehingga membantu kita tidur lebih cepat di malam hari. Yang perlu anda lakukan adalah memastikan menyiapkan segelas susu sapi tanpa rasa sebelum menjelang tidur.

Tidur Hanya Ketika Lelah

Tak Perlu Obat Tidur, Begini 7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman

Cara mengatasi kurang tidur selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur diri anda untuk pergi ke kamar hanya pada saat anda sudah benar-benar merasa lelah akibat kondisi fisik yang membuat anda ingin beristirahat. Hal ini dikarenakan sebagian orang terkadang pergi ke kamar pada saat mereka sebenarnya belum ingin tidur. Sehingga membuat waktu banyak terbuang untuk hal-hal yang mudah membuat mereka bosan.

Pada akhirnya, berlama-lama berada di kamar bukan membuat rasa kantuk menjadi cepat datang. Namun malah sebaliknya, hal ini membuat mereka merasa bosan dan akhirnya terjaga sampai larut malam. Nah, untuk mensiasati hal yang satu ini maka perhatikan dengan baik untuk pergi ke kamar hanya pada saat anda sudah benar-benar merasa lelah secara fisik sehingga anda lebih cepat tertidur.

Anda mungkin tertarik membaca: Penuh Khasiat, Begini 4 Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan

Mandi Air Hangat

Tak Perlu Obat Tidur, Begini 7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman

Salah satu cara mengatasi susah tidur atau gangguan insomnia yang dianggap ampuh untuk dicoba adalah dengan mandi air hangat sebelum tidur. Mandi air hangat tak hanya membuat tubuh anda menjadi bersih dan segar. Namun hal ini pun akan memicu rasa nyaman dan rileks pada tubuh anda. Sehingga rasa ngantuk akan mudah hadir dan memandu anda pada tidur yang berkualitas.

Nah, oleh karenanya pastikan ketika anda baru saja pulang kerja alih-alih mengoperasikan ponsel dan melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. Cobalah untuk pergi ke kamar mandi dan bermeditasi bersama dengan air hangat. Setelahnya keringkan tubuh anda dan gunakan pakaian yang nyaman.

Enyahkan Beban Pikiran

Tak Perlu Obat Tidur, Begini 7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman

Salah satu faktor pemicu seseorang mengalami gangguan tidur pada malam hari adalah karena benak mereka dipenuhi dengan banyak hal untuk dipikirkan. Mulai dari memikirkan hal yang kecil sampai dengan ketakutan-ketakutan yang sebenarnya belum tentu terjadi. Kebiasaan buruk inilah yang pada akhirnya membuat rasa kantuk menghilang dan anda akan sering berakhir terjaga hingga larut malam.

Untuk mengatasinya tentu saja anda perlu mencegah faktor pemicu ini terjadi. Hilangkan sejenak beban pikiran anda dan cobalah untuk lebih rileks. Ada saatnya anda perlu beristirahat dan dapatkan tidur berkualitas tanpa terus menerus dihantui ketakutan dan beban pikiran yang berlebihan.

Olahraga Secara Rutin

Tak Perlu Obat Tidur, Begini 7 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Aman

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga akan membuat pelepasan hormon kortisol yang menjadi pengganggu pola tidur alami dihasilkan oleh tubuh. Sehingga anda pun akan lebih nyenyak tidur di malam hari.

Selain itu, olahraga membuat anda akan merasa lelah secara fisik. Sehingga di malam hari anda akan bisa beristirahat dengan berkualitas.

Populer dari kami: Lebih Produktif, Begini 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas

Leave a Reply