7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari – Akibat kesibukan yang terlalu banyak membuat seseorang tidak mampu mencukupi kebutuhan tidur mereka di malam hari. Hal inilah yang kemudian mengakibatkan rasa kantuk menyerang di siang hari, terutama saat beraktivitas. Mari simak 7 cara mengatasi ngantuk di siang hari.

Siang hari adalah waktu dimana orang menjalani aktivitas mereka. Maka dari itu, rasa kantuk tak tertahankan yang menyerang di waktu siang akan tentu sangat mengganggu, terutama bagi orang dewasa. Bisa saja, karena mengantuk berat pekerjaan dan pelajaran menjadi terbengkalai atau bahkan keselamatan jiwa anda menjadi terancam seperti pada saat menyetir contohnya.

Ada banyak pemicu yang membuat seseorang mengalami rasa kantuk di siang hari. Salah satunya adalah akibat seringnya terjaga di malam hari yang membuat waktu tidur menjadi berkurang. Tak perlu khawatir, agar anda kembali segar menjalani aktivitas anda di bawah ini adalah cara mengatasi ngantuk di siang hari. Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

Ngantuk yang datang pada saat siang hari ketika anda bekerja akan dapat menurunkan tingkat konsentrasi dan membuat produktivitas menjadi menurun. Agar mengantuk tidak merugikan anda selama di tempat kerja dan dimanapun. Simak yuk, 7 cara mengatasi ngantuk di siang hari.

Hindari Begadang

7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

Salah satu penyebab paling sering yang membuat seseorang sampai ketiduran di sekolah atau tempat kerja adalah malam harinya mereka hanya tidur beberapa jam. Ya, kurangnya waktu istirahat di malam hari akan membuat tubuh anda kelelahan di pagi hari. Bahkan hal ini akan terus terbawa sampai akhirnya tubuh mendapatkan pengganti waktu istirahat yang tidak terpenuhi sebelumnya.

Seringnya terjaga di malam hari tak hanya membuat anda lelah dan mengantuk di siang harinya. Namun hal ini pun akan pula membawa keluhan lainnya yang terkait penting dengan kesehatan. Seperti halnya kegemukan, timbulnya kantung mata, ancaman diabetes dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sebaiknya pastikan anda tidak membiasakan diri untuk begadang. Lakukan cara ini agar anda bisa tidur lebih cepat untuk menghindari begadang:

  • Selesaikan pekerjaan lebih cepat sehingga anda tidak perlu memaksakan diri memangkas sejumlah waktu istirahat anda.
  • Jangan paksakan diri ketika anda lelah dan tidak mampu terjaga sampai larut malam sebaiknya selesaikan pekerjaan di esok hari.
  • Tidur dalam keadaan redup akan membantu anda tidur lebih cepat.
  • Tidur tanpa mengoperasikan gadget akan memudahkan anda terlelap di malam hari dan memenuhi waktu tidur dengan baik.

Cari Pengalihan

7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

Ketika rasa kantuk hadir dan seperti anda tidak lagi dapat menahannya maka sebaiknya rehatlah sejenak dari apa yang sedang anda kerjakan saat ini. Bila anda memaksakannya pun, pekerjaan anda tidak akan diselesaikan dengan baik sebab fokus anda terbagi dengan rasa kantuk yang semakin berat. Carilah sesuatu atau temukan hal-hal baru selain apa yang anda kerjakan saat ini.

Pengalihan semacam ini akan menjadi udara segar yang menjernihkan pikiran anda. Sehingga rasa kantuk pun sedikit teralihkan. Beberapa hal yang bisa menjadi pengalihan ketika mengalami ngantuk berat di tempat kerja diantaranya adalah:

  • Melakukan kegiatan positif seperti pergi ke tempat ibadah untuk beribadah.
  • Mengobrol dengan teman sehingga mampu mengalihkan perhatian anda dari rasa kantuk
  • Pergi melihat sekeliling area kantor untuk menyegarkan pikiran
  • Lakukan peregangan sehingga anda lebih segar.

Tidur Siang Sejenak

7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

Rasa kantuk yang sudah tak tertahankan tidak akan bisa diobati selain dari tidur. The power of nap akan menjadi cara paling ampuh untuk kembali menyegarkan diri anda dari rasa kantuk yang begitu berat. Hal ini penting dilakukan terutama anda yang mengalami kantuk pada saat di perjalanan dan sedang dalam kondisi menyetir.

Daripada anda mencelakai jiwa anda dan orang lain maka lebih baik meminta izin untuk tidur sebentar. Tidur yang dimaksud adalah tidur berkualitas yang dapat dilakukan hanya beberapa saat dengan tujuan untuk mengembalikan fokus dan tenaga anda.

  • Bila anda sedang bersama dengan orang lain atau tengah melakukan kegiatan yang melibatkan orang lain maka mintalah terlebih dahulu izin bila memungkinkan untuk anda istirahat sebentar.
  • Temukan tempat yang nyaman dimana anda bisa segera istirahat untuk tidur siang yang berkualitas.
  • Hindarkan penggunaan gadget untuk mencegah perhatian anda teralihkan.
  • Bila anda beristirahat di tempat yang ramai seperti masjid atau di dalam mobil pastikan barang-barang berharga anda disimpan dengan baik untuk menjaga keamanan.

Baca artikel menarik: Gampang! Ini 5 Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit

Cuci Muka

7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

Cara mengatasi ngantuk di siang hari selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mencuci muka. Cara ini dianggap menjadi langkah yang paling ampuh untuk kembali menyegarkan diri dan mengurangi sebagian  dari rasa kantuk meski tidak keseluruhannya. Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencuci muka pada saat anda beraktivitas di tempat kerja atau sekolah adalah dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini.

  • Mintalah izin untuk ke toilet
  • Basuh muka anda dengan air bersih dan pastikan bagian mata pun dibasahi dengan air sehingga kantuk menghilang.
  • Bila perlu cuci wajah anda dengan sabun untuk memberikan kesan yang segar seutuhnya seperti anda sudah mandi.
  • Kemudian keringkan dan rapikan kembali pakaian anda agar anda tidak terlihat berantakan.

Beranjak dari Tempat Duduk Anda

Berada terlalu lama di depan komputer dengan posisi duduk dan meja dihadapan anda malah akan membuat rasa kantuk semakin menjadi. Bukan tidak mungkin ketika ngantuk sudah sangat berat anda malah ketiduran di meja kerja. Hal ini akan tentu sangat memalukan.

Maka dari itu, beranjaklah dari meja kerja anda dan lakukan hal-hal yang bisa membuat anda lebih segar. Tidak perlu jauh-jauh, anda bisa berkeliling atau sekedar jajan ke kantin hanya untuk membuat anda merasa lebih hidup dan semangat anda kembali siap untuk bekerja.

Jangan Biarkan Perut Kosong

7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

Selain kurang, salah satu penyebab lain dari ngantuk yang menyerang pada saat siang hari adalah karena kurangnya asupan ke dalam tubuh atau kebiasaan menunda waktu makan. Perlu diketahui bahwa ketika perut anda kosong maka tubuh kehilangan energi sehingga anda akan cenderung tidak punya tenaga untuk menjalani aktivitas anda. Pastikan anda tidak melewatkan waktu makan baik itu sarapan ataupun makan siang dan jam makan lainnya.

Bantu dengan Kopi

7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

Kafein yang ada dalam kopi dipercaya mampu menjadi penangkal rasa kantuk pada saat siang hari. Jadi ketika anda merasa ngantuk sewaktu beraktivitas, cobalah istirahat sejenak dan nikmatilah secangkir kopi untuk membuat anda merasa lebih baik. Sebaiknya kopi yang dibuat tidak mengandung terlalu banyak gula untuk menjaga kesehatan anda tetap terjaga.

Anda mungkin tertarik: Agar Tak Gampang Meledak, Begini 5 Cara Mengontrol Emosi Berlebihan

Leave a Reply