7 Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

7 Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan – Karena manfaatnya yang cukup banyak baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Menjadikan tanaman lidah buaya semakin diminati untuk ditanam sendiri di rumah. Mari simak cara menanam lidah buaya berikut dengan langkah-langkahnya.

Tanaman lidah buaya terkenal karena manfaatnya yang baik untuk kecantikan dan kesehatan. Tak heran bila tanaman yang satu ini banyak di budidayakan baik secara masal maupun rumahan untuk diambil manfaatnya. Sebenarnya cara menanam lidah buaya tidaklah terlalu sulit. Namun demikian, masih tidak banyak yang tahu cara menanam lidah buaya yang baik dan benar.

Anda yang ingin menanam sendiri tanaman yang satu ini di rumah. Maka tak perlu khawatir dalam kesempatan kali ini kami berikan untuk anda cara menanam lidah buaya yang baik dan benar. Penasaran seperti apa? Mari simak informasinya di bawah ini. Baca juga: 5 Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah

7 Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Ada banyak media yang dapat digunakan untuk menanam lidah buaya supaya tumbuh subur. Tak hanya di simpan di halaman rumah saja, lidah buaya bisa pula anda tanam di dalam pot dan disimpan di rumah. Mari ikuti cara menanam lidah buaya di bawah ini agar anda bisa mengaplikasikannya di rumah.

Memilih Daun Lidah Buaya

7 Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Langkah pertama sebagai cara menanam lidah buaya adalah dengan terlebih dahulu memilih daun lidah buaya. Sebenarnya selain menanam benih lidah buaya dari daunnya, anda juga bisa menggunakan anakan lidah buaya. Hanya saja, untuk anda yang ingin ukuran lidah buaya tidak terlalu besar dan bisa diletakkan di dalam ruangan dengan ukuran yang mungil maka bagian daun lidah buaya bisa digunakan.

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam memilih daun lidah buaya. Diantaranya adalah dengan:

  • Memilih daun lidah buaya dengan ukuran panjang minimal 8 cm.
  • Hal ini dikarenakan daun lidah buaya dengan panjang lebih dari adalah jenis daun yang usianya sudah matang.
  • Pilih pula daun yang segar sehingga nantinya bisa menjadi benih yang berkualitas.

Memotong Daun Lidah Buaya

7 Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Cara menanam lidah buaya selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan mulai memotong daun lidah buaya. Cara ini penting sekali agar nantinya ukuran daun lebih sesuai. Adapun cara yang dapat diperhatikan dalam melakukan langkah kali ini adalah dengan:

  • Siapkan pisau atau gunting yang akan anda gunakan untuk memotong daun lidah buaya kali ini.
  • Pastikan media pemotong ini bersih dan higienis, tujuannya adalah untuk memastikan agar benih tidak infeksi.
  • Setelah itu, siapkan daun lidah buaya dan potong dengan arah menyerong ke bagian bawah menuju ke bagian batang.
  • Lakukan dengan perlahan dan hati-hati.

Tempatkan di Tempat yang Hangat

7 Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Apabila benih sudah dipotong dengan merata maka kini anda perlu mengistirahatkannya sebentar. Hal ini penting sekali guna menunggu sampai proses munculnya lapisan tipis pada daun lidah buaya muncul ke permukaan. Lapisan-lapisan tipis akan muncul pada bagian potongan daun pada saat selesai dipotong.

Hanya saja yang penting diketahui adalah proses ini tidak akan terjadi secara langsung. Sedikitnya, proses ini bisa berlangsung selama 2 minggu. Jadi penting sekali mengistirahatkan benih daun lidah buaya yang sudah dipotong dalam tempat yang hangat. Adapun hal yang perlu anda lakukan adalah dengan menyimak langkah di bawah ini.

  • Simpan hasil daun lidah buaya yang sudah dipotong di tempat terbuka.
  • Alasi bagian bawahnya dengan menggunakan kertas atau sesuatu yang bersih.
  • Suhu ruangan akan mendukung proses keluarnya lapisan-lapisan tipis berjalan dengan lancar.
  • Pentingnya menunggu proses ini keluar ditujukan untuk menghindari infeksi daun pada saat bersentuhan secara langsung dengan tanah. Sebab apabila daun terkena dengan infeksi maka ini akan membuat benih menjadi busuk dan tidak dapat berkembang dengan baik.

Siapkan Media Tanam

7 Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Cara menanam lidah buaya selanjutnya yang dapat anda lakukan setelah selesai menyimpannya selama beberapa minggu kini anda bisa segera menyiapkan media tanam seperti pot. Penggunaan pot untuk menanam lidah buaya tidak bisa dari sembarang pot.

Anda perlu melubangi bagian bawahnya dengan merata. Hal ini dikarenakan tanaman lidah buaya adalah jenis tanaman yang suka sekali dengan air namun bukan air yang menggenang. Maka dari itu, proses melubangi pot akan menjadi hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik.

  • Cara melubangi pot dapat dilakukan dengan menggunakan besi yang dipanaskan. Silahkan tentukan diameter masing-masing lubang yang dibuat. Sebaiknya tidak terlalu besar agar tanah tidak hanyut ketika disiram.
  • Panaskan besi dengan api setelah itu, sentuhkan pada bagian bawah pot dan ulangi selama beberapa saat.
  • Lubang ini nantinya akan menjadi saluran pembuangan agar air dari siraman tidak menggenang di dalam pot.

Baca lagi: Sejuta Khasiat, Ini 6 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Isi Pot dengan Tanah Khusus

7 Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Selain pot, penggunaan tanah untuk menanam lidah buaya pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini dikarenakan, lidah buaya adalah sejenis tanaman yang mirip dengan kaktus. Maka pemberian tanahnya pun perlu disesuaikan dengan kondisi di tanaman. Jenis tanah yang diperlukan untuk tanaman lidah buaya adalah tanah untuk menanam kaktus. Biasanya tanah ini dijual di toko bunga.

  • Bila tanah sudah disiapkan maka anda bisa menuangkannya ke dalam pot dengan merata.
  • Lalu basahi terlebih dahulu dengan air sebelum digunakan.
  • Bila anda tidak punya tanah untuk menanam kaktus maka tidak perlu khawatir anda bisa membuatnya sendiri di rumah.
  • Cara pembuatan tanah untuk kaktus sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Silahkan campurkan satu bagian tanah pot dengan perbandingan jumlah yang sama bersama dengan pasir.
  • Aduk dengan merata bahan tersebut sampai tercampur.
  • Kemudian sebelum dimasukkan ke dalam pot, sebaiknya berikan kerikil pada bagian dasar pot. Hal ini dilakukan untuk memperlancar sistem pembuangan air.
  • Tak hanya itu, kadar pH dalam cara menanam lidah buaya adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Idealnya pH tanah harus berkisar antara 6 sampai dengan 8.

Proses Penanaman Benih Lidah Buaya

7 Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Nah, setelah serangkaian proses di atas dilakukan dengan merata maka kali ini anda tinggal menancapkannya dalam tanah. Cara penancapannya pun tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Simak langkahnya di bawah ini.

  • Celupkan terlebih dahulu potongan daun lidah buaya ke dalam hormon akar.
  • Cara di atas penting dilakukan untuk menjaga kualitas pertumbuhan tanaman lidah buaya
  • Ambil dan siapkan tanah, kemudian pastikan bagian 1/3 daun lidah buaya tertutupi dengan tanah.
  • Selain menggunakan hormon penumbuh tanaman, anda bisa mencelupkannya pada madu atau kayumanis.
  • Kemudian tancapkan sebagaimana yang disarankan.

Letakkan di Tempat yang Cerah

7 Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Nah, setelah proses penanaman sudah selesai dilakukan maka langkah terakhir adalah memastikan anda meletakkannya di tempat yang aman. Sehingga pertumbuhan tanaman lidah buaya dapat tumbuh subur dan berkembang.

Tanaman lidah buaya perlu disimpan di tempat yang terkena dengan pancaran sinar matahari secara langsung. Selain itu, pastikan anda merawatnya dengan menyiramnya selama 4 minggu. Waktu ini menjadi waktu yang krusial untuk menentukan pertumbuhan dari tanaman lidah buaya. Sebab setelah 4 minggu biasanya lidah buaya akan mengering. Namun tak perlu khawatir ini adalah salah satu proses penumbuhan akar yang mana setelahnya lidah buaya akan tumbuh subur.

Terbaru: Selamatkan Bumi, Ketahui 6 Cara Mengurangi Sampah Plastik

Leave a Reply