7 Cara Bersyukur Untuk Hati Lebih Tenang

7 Cara Bersyukur Untuk Hati Lebih Tenang – Tanpa kita sadari rasa syukur yang kita miliki dalam hati akan membuat hidup terasa menjadi lebih tenang. Bahkan Allah SWT menjanjikan menambah kenikmatan di dalam hidup ketika kita tidak lupa caranya bersyukur pada-Nya. Di bawah ini adalah 7 cara bersyukur untuk hati lebih tenang.

Berbicara mengenai rasa syukur sekilas mungkin terkesan sangat mudah sehingga banyak orang seringkali menganggap enteng masalah satu ini. Tanpa kita sadari bahwa kita mendapatkan nikmat setiap harinya. Sayangnya, tidak sedikit orang yang lupa caranya bersyukur.

Tak heran hal inilah yang seringkali membuat banyak orang tidak pernah puas dengan apa yang mereka miliki. Padahal agama Islam sendiri mengajarkan kita untuk senantiasa memanjatkan syukur kepada Allah SWT. Bahkan ada hadits yang menjelaskan bahwa dengan bersyukur maka nikmat kita akan Ia tambah. Baca juga: 5 Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula yang Menarik

7 Cara Bersyukur Untuk Hati Lebih Tenang

Untuk membantu hati menjadi lebih tenang di bawah ini adalah beberapa cara bersyukur yang mungkin bisa menjadi pencerahan.

Mengubah Mindset

7 Cara Bersyukur Untuk Hati Lebih Tenang

Mindset atau pola pikir akan menentukan bagaimana seseorang memandang dan menghadapi sesuatu. Termasuk dengan rasa syukur yang mana hal ini akan erat kaitannya dengan mindset yang tentunya perlu anda rubah. Selama ini anda mungkin ada kesalahan pola pikir anda dalam memandang atau menghadapi sebuah masalah.

Oleh karenanya anda perlu merubah mindset anda dengan baik. Sebab perubahan mindset akan punya dampak yang besar terhadap kesehatan mental dan fisik kita. Seperti misalkan, anda adalah seseorang yang berpenghasilan 5 juta dalam sebulan.

Selama ini anda menganggap penghasilan anda sangat pas-pasan atau bahkan terlalu kecil dibandingkan dengan teman anda. Untuk membantu menumbuhkan rasa syukur dalam diri kita maka sudah saatnya mengubah pola pikir yang demikian. Yakinlah bahwa Tuhan akan mencukupkan rezeki kita.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengubah mindset anda, mulailah dari hal-hal kecil seperti  salah satunya adalah “melihat ke bawah” dan bandingkan dengan orang-orang yang kesulitan sebab tidak berpenghasilan.

Ucapkan Syukur Setiap Hari

7 Cara Bersyukur Untuk Hati Lebih Tenang

Terkadang perubahan dalam hidup tidak dapat dilakukan dengan mudah, termasuk dengan perubahan mindset untuk membantu anda menjadi pribadi yang lebih bersyukur. Maka dari itu, cobalah mengucapkan syukur setiap harinya.

Tak perlu terlalu terfokus pada hal-hal besar saja. Terkadang ada banyak nikmat kecil dalam hidup yang sebenarnya berdampak amat besar. Seperti salah satunya adalah nikmat bernapas, nikmat bisa bangun di pagi hari dan masih banyak lagi.

Untuk itu, tidak ada salahnya awali bangun pagi anda dengan menari napas, hembuskan perlahan. Kemudian ucapkan rasa syukur baik dalam hati ataupun diucapkan dengan suara. Hal ini akan memberikan energi positif pada hati dan pikiran anda. Sehingga ketika hal ini dilakukan secara berulang maka akan secara otomatis perlahan mindset anda berubah.

Catat Hal-Hal yang Perlu Disyukuri Setiap Harinya

7 Cara Bersyukur Untuk Hati Lebih Tenang

Adakalanya ketidak bersyukuran yang dilakukan banyak orang dilakukan secara tidak sengaja. Salah satunya adalah karena lupa. Hal ini wajar saja terjadi, mengingat nikmat yang Tuhan berikan ke dalam hidup kita begitu berlimpah dan banyak. Namun jangan pula dijadikan alasan bagi anda melupakan betapa baiknya Tuhan kepada kita.

Agar anda tidak lagi melupakan cara bersyukur maka tidak ada salahnya untuk mencatat hal-hal apa saja yang perlu anda syukuri setiap harinya. Baik itu, di dalam buku harian anda, catatan yang digantung di tempat-tempat yang mudah anda jangkau atau dimana saja.

Contohnya seperti ini, anda bisa membuat catatan pengingat rasa syukur atas berkah makanan dari Tuhan yang kemudian anda tempelkan di pintu lemari es. Sehingga kapan saja anda mengakses bagian ini anda selalu diingatkan untuk tidak melupakan nikmat Tuhan.  Atau mungkin beberapa hal seperti:

  • Bersyukur punya banyak teman
  • Bersyukur punya anak-anak yang sehat
  • Bersyukur bisa punya kendaraan
  • Bersyukur atas kesehatan

Kurangi Berkeluh Kesah

7 Cara Bersyukur Untuk Hati Lebih Tenang

Permasalahan silih berganti yang datang ke dalam hidup memang sangat melelahkan. Namun ingat, mengeluh bukanlah solusi dari menyelesaikan masalah yang anda hadapi. Bahkan sebaliknya, berkeluh kesah terus menerus hanya akan memberikan energi negatif. Anda akan secara tidak sadar melabeli ketidakberdayaan diri anda.

Padahal seharusnya anda bisa melangkah diri anda dan terus melanjutkan hidup. Berkeluh kesah pun akan membuat anda secara tidak sadar melupakan caranya bersyukur.  Jadi jangan pernah batasi diri anda untuk terus memperbaiki diri dan lewati ujian di dalam hidup sebab tentu Tuhan tidak akan memberikan ujian diluar batas kemampuan umatnya.

Ketika anda merasa hidup anda diterpa terlalu banyak masalah dan tidak tahu kemana harus bersandar. Carilah Tuhan anda dan pasrahkan segalanya kepada-Nya. Ingat harapan yang anda gantungkan pada Tuhan tidak akan pernah membuat anda kecewa seperti harapan yang anda berikan pada manusia.

Tanamkan dalam Pikiran Bahwa Roda Kehidupan Berputar

7 Cara Bersyukur Untuk Hati Lebih Tenang

Pada dasarnya ketidakabadian adalah hakikat kehidupan duniawi. Segala sesuatu yang kita miliki tidak akan selamanya menemani kita. Sebab semuanya akan berujung dengan yang namanya kematian. Apabila kita mampu memaknai kehidupan kita seperti ini maka tentu hati kita akan semakin merendah sebab kita tahu hidup ini sudah ada empu-Nya.

Hasilnya, segala sesuatu yang terjadi pada kehidupan kita sudah pasti diterima dan disyukuri sebagai sebuah garis takdir yang Tuhan berikan. Inilah yang secara otomatis membuat kita senantiasa bersyukur.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah melapangkan hati dan lihat sekeliling kita bahwa kita bukanlah satu-satunya yang menderita. Dan tidak selamanya apa yang kita alami akan terus menerus terjadi sebagai sebuah penderitaan yang abadi. Artikel menarik lainnya: 4 Cara Memutihkan Selangkangan yang Aman

Jangan Terlalu Sering Berandai-Andai

7 Cara Bersyukur Untuk Hati Lebih Tenang

Berandai-andai tentang sesuatu yang indah tentu manis dirasakan dan mudah dilakukan. Sayangnya, terlalu sering berandai-andai malah akan membuat kita semakin jauh dari rasa syukur. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan terlalu banyak imajinasi tentang sesuatu yang tidak kita miliki malah akan semakin membuat ambisi kita menjadi besar.

Bila tidak dibarengi dengan usaha yang keras maka tentu ambisi tersebut selamanya akan menjadi mimpi. Impian yang tidak kunjung terwujud malah membuat anda mudah menyalahkan keadaan dan sulit menjadi bersyukur. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghindarkan anda dari berandai-andai:

  • Buang pikiran “Seandainya saya punya ini, pasti saya akan begini” sebaliknya nikmati dan syukuri apa yang anda miliki saat ini. Orang lain mungkin mati-matian untuk berada di posisi anda.
  • Isi waktu luang anda. Jangan biarkan terlalu banyak waktu terbuang untuk melakukan hal yang sia-sia. Contohnya, mengakses instagram dan sosial media lainnya. Sebaiknya isi waktu luang anda untuk jadi lebih produktif.
  • Beradalah bersama dengan mereka yang selalu bersyukur. Terkadang lingkungan akan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam menentukan pribadi kita. Maka perluas hubungan sosial dengan orang-orang yang selalu bersyukur.

Ambil Hikmah dari Setiap Perkara

7 Cara Bersyukur Untuk Hati Lebih Tenang

Selalu ambil sisi baik dari setiap kejadian yang menimpa diri anda, termasuk dengan kejadian buruk yang terjadi. Dengan begini secara otomatis anda tidak akan lupa bagaimana cara bersyukur kepada Tuhan yang memberikan anda hidup.

Misalkan kasusnya seperti ketika pandemi saat ini, anda mungkin diharuskan melakukan banyak aktivitas di rumah. Namun sisi baiknya, anda jadi punya banyak waktu untuk keluarga.

Anda mungkin tertarik dengan: Ketahui Ini 6 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

Leave a Reply