6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula

6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula – Bagi perempuan, selain makeup baju dan fashion menjadi kesenangan yang begitu didamba. Anda yang ingin belajar mendesain baju sendiri, ketahui terlebih dahulu tips dan cara mendesain baju bagi pemula.

Menjadi seorang perancang fashion belakangan menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Apalagi trend fashion yang semakin hari semakin digandrungi karena ada begitu banyak inovasi membuat bidang yang satu ini tidak pernah sepi dengan peminat. Namun tentunya, untuk menjadi seorang perancang busana ada banyak hal yang harus anda perhatikan.

Salah satunya adalah terus mengasah kemampuan dengan mendesain baju untuk pemakaian sendiri atau mungkin untuk keluarga.  Sebelum merancang baju dalam skala yang besar, pelajari dulu cara mendesain baju bagi pemula dengan beberapa tips dan cara di bawah ini. Baca juga: Tidak Berlebihan, Ini 7 Cara Makeup Natural

6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula

Di bawah ini adalah beberapa tips dan cara mendesain baju untuk pemula. Seperti apa saja? Mari kita simak informasinya.

Pelajari Keterampilan Dasar Menggambar

6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula

Untuk anda para pemula yang ingin belajar mendesain baju maka tentunya tahapan dari awal akan menjadi tingkatan yang perlu anda pelajari dengan baik. Membangun keterampilan dasar menggambar adalah hal penting yang harus anda kuasai sebelum nantinya ada banyak kemampuan yang perlu dikembangkan.

Menyampaikan ide dan keinginan anda tentang desain yang dimiliki dalam sebuah gambar adalah hal penting yang harus dimiliki. Sebab nantinya ini akan menjadi presentasi bila anda punya klien dan juga akan menjadi patokan tentang bagaimana visual anda bisa dituangkan dalam bentuk karya. Ada beberapa cara penting yang bisa dilakukan untuk mengembangkan keterampilan menggambar.

  • Seringlah berlatih karena practice makes perfect maka pedoman ini punya makna yang sangat akurat. Dengan sering berlatih maka kemampuan anda akan semakin terasah.
  • Setidaknya sisihkan setiap hari selama 30 menit untuk latihan menggambar.
  • Cari inspirasi gambar sebanyak-banyaknya untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan anda.
  • Cari tahu lebih banyak tips dan trik menjadi seorang perancang yang sukses.

Belajar Menjahit

6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula

Menjadi seorang perancang busana tentunya membuat anda dituntut untuk punya ketertarikan atau setidaknya paham dengan mesin jahit. Selain itu, untuk bisa menuangkan desain yang anda buat dalam sebuah karya desain fashion yang nyata tentunya cara menggunakan mesin jahit menjadi dasar penting yang harus anda pahami dengan baik.

Cara mendesain baju untuk pemula ini pun akan tentu penting agar setidaknya anda tahu tentang media yang juga menjadi penunjang sebuah karya desain anda bisa diwujudkan. Selain itu, mengetahui proses penjahitan baju membuat anda semakin mudah menemukan ide kreatif yang hebat dan inovatif.

  • Anda bisa mengikuti kursus menjahit dengan mentor yang memang sudah berpengalaman dan ahli dibidangnya.
  • Manfaatkan kelas menjahit sebaik-baiknya agar anda bisa mengerti dan memahami tiap prosesnya dengan baik.
  • Banyaklah berlatih menjahit desain-desain baju yang sudah anda buat.

Pelajari Ilmu Tentang Desain

6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula

Mempelajari tekhnik mendesain tentunya menjadi salah satu cara mendesain baju bagi pemula yang penting dilakukan setiap orang yang hendak menerjuni industri yang satu ini. Betapa tidak, karena tentunya setiap desain sukses yang ada saat ini pun bermula dari banyak mempelajari tekhnik dasar dan tidak pernah lelah untuk terus belajar, begitupun dengan anda dan kita semua.

  • Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempelajari tentang desain adalah mengambil kelas khusus baik itu kelas akademik yang formal atau non-formal.
  • Salah satu referensi tentang desain bisa anda dapatkan dari sebuah buku Picture This: How Pictures Work dari Molly Bang.
  • Sebagaimana proses pembelajaran lainnya, maka jangan pernah lelah untuk terus berusaha dan mempraktikan apa yang anda pelajari sehingga lebih mudah anda kuasai.

Artikel menarik lainnya: Ampuh! Begini 6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Pelajari Tentang Tekhnologi Desain

6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula

Zaman sekarang menggambar atau membuat sketsa tidak hanya dibuat dalam media berupa kertas saja. Ada banyak program yang dapat membantu pembuatan ilustrasi dalam bentuk visual digital yang membuat hasilnya menjadi lebih realistis dan dramatis.

Tentunya, untuk bisa menjadi seorang perancang busana yang handal anda perlu mengadaptasi perubahan jaman yang semakin canggih. Termasuk mempelajari tentang tekhnologi desain yang sudah semakin canggih.

  • Caranya adalah dengan mendapatkan tutor dari para ahli sehingga anda tahu program mana saja yang paling sering digunakan untuk mendesain dan merancang baju untuk para desainer.
  • Adobe Photoshop dan Illustrator bisanya menjadi salah satu tekhnologi desain yang banyak digunakan. Anda perlu mempelajari perangkat lunak ini agar kemampuan anda dibidang desainer tidak ketinggalan jaman.

Belajar Menggambar Sketsa Orang

6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula

 

Nah, setelah selesai dengan beberapa langkah di atas maka kini anda sudah mulai masuk pada fase menggambar sketsa orang. Cara mendesain baju bagi pemula yang satu ini mungkin terkesan rumit namun inilah salah satu syarat agar anda bisa menjadi seorang desainer yang handal.

Karena tentunya, untuk bisa merancang sebuah karya busana yang sukses, anda perlu memikirkan bagaimana pakaian atau baju hasil desain anda akan terlihat pada saat dipakai di badan. Itulah mengapa, menggambar sketsa orang dalam sebuah rancangan baju menjadi modal yang penting yang harus dikuasai.

  • Terlebih dahulu anda perlu membuat sketsa (outline) dengan menggunakan pensil. Tahapan ini terkadang menjadi tahapan yang seringkali membuat kita tertekan namun percayalah ketika inspirasi itu sudah hadir nantinya proses penuangan ide ini akan bisa anda lalui.
  • Tak perlu khawatir dengan detail yang terlalu rinci. Karenanya sketsa orang yang anda buat tidak perlu terlalu rinci secara anatomi. Anda hanya perlu membayangkan seperti anda hendak memakaikan baju pada sebuah manekin.
  • Bila anda tidak bisa membuat sketsa sendiri maka tidak masalah, anda bisa menggunakan sketsa milik orang lain dan menjiplaknya. Atau anda juga bisa mengunduh sketsa online dari internet yang disediakan secara gratis.

Mulai Membuat Gambar Rancangan Baju

6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula

Sketsa orang yang anda gambar bisa anda sesuaikan dengan ukuran dan jenis pakaian yang hendak anda desain. Tidak melulu harus fokus pada sketsa gambar dengan orang yang punya tubuh ideal bila memang rancangan baju yang sedang anda desain punya konsep bigsize maka tentunya sketsa orang yang anda gambar pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, setelah selesai dengan sketsa orang kini anda perlu menggambar rancangan baju. Cara mendesain baju bagi pemula ini penting diperhatikan sebab dari sini sebuah karya rancangan yang bersejarah akan dimulai.

  • Siapkan kertas dan gunakanlah pensil untuk membuat sketsa baju kali ini. Penggunaan pensil akan memudahkan anda menghapus kesalahan pada sketsa yang dibuat.
  • Mulailah menggambar lalu perlahan tambahkan detailnya ketika rancangan sudah mulai terbentuk.
  • Ketika hasil sketsa anda dirasa puas dan anda sudah yakin nantinya anda akan membuat desain yang demikian. Maka mulai pertegas garis-garis sketsa agar lebih hidup dengan menggunakan spidol.
  • Untuk memberikan kesan yang lebih realistis sehingga anda tahu gambaran dari desain pakaian anda maka pemberian warna akan menjadi cara desain baju bagi pemula yang penting dilakukan. Gunakanlah media warna seperti pensil warna atau krayon.

Anda mungkin tertarik: 4 Menit Tutorial Cara Membuat Origami Burung Merpati

Leave a Reply