6 Panduan Cara Merawat Tanaman Agar Subur Makmur

6 Panduan Cara Merawat Tanaman Agar Subur Makmur – Rumah yang dikelilingi dengan tanaman yang asri akan tentu terlihat indah. Namun dalam prosesnya cara merawat tanaman seringkali menjadi tantangan yang tidak mudah. Mari simak cara merawat tanaman agar subur makmur dan tidak mudah layu.

Untuk anda yang punya hobi berkebun, aktivitas serta cara merawat tanaman tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dijalani. Betapa tidak, dari mulai membeli benih, menanam sampai, merawat dengan sangat hati-hati sampai dengan menikmati hasil tanaman yang cantik akan tentu memberikan kepuasan tersendiri.

Namun apa jadinya, jika bunga-bunga dan tanaman yang selama ini mati-matian anda rawat rupanya selalu berakhir mati atau membusuk? Hal ini tentu akan sangat mengecewakan. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan tanaman mudah sekali mati atau layu. Salah satunya mungkin dari cara merawat tanaman itu sendiri. Baca juga: 7 Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

6 Panduan Cara Merawat Tanaman Agar Subur Makmur

Oleh karenanya dalam bahasan cara merawat tanaman kali ini kita akan kupas tuntas bagaimana membuat tanaman agar tumbuh subur dan makmur serta terhindar dari layu.

Perhatikan Teknik Penyiraman yang Tepat

6 Panduan Cara Merawat Tanaman Agar Subur Makmur

Selama ini orang hanya tahu bahwa tanaman hanya butuh air, tanpa memperhatikan proses pemberian air yang tepat. Ya, proses penyiraman tanaman tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Apalagi ada beberapa jenis tanaman yang memang membutuhkan proses pengairan yang berbeda.

Oleh karenanya dalam rangka mendukung agar tanaman di halaman tumbuh subur dan cantik maka cara merawat tanaman dari teknik penyiraman perlu anda perhatikan dengan baik. Di bawah ini adalah beberapa teknik penyiraman tepat yang perlu diperhatikan:

  • Cari tahu terlebih dahulu kebutuhan air yang diperlukan untuk jenis tanaman yang sedang anda rawat.
  • Hal ini penting sebab penyiraman air yang terlalu sedikit akan dapat membuat tanaman menjadi kering dan mati. Sebaliknya, jumlah air yang berlebihan akan membuat tanaman malah mengalami pembusukan akar.
  • Siram tanaman di pagi atau malam hari. Hal ini penting dilakukan agar tanaman anda punya suplai air yang cukup, terutama menghadapi siang hari ketika cuaca sedang sangat panas.
  • Siram tanaman secara merata. Hal ini penting dilakukan agar kita tidak hanya fokus menyiram air pada satu titik saja. Tujuannya tentu saja untuk mendukung agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.
  • Siram secukupnya dan hindari menyiram terlalu banyak air. Sebab ini akan dapat menyebabkan tanaman mengalami penyakit.

Berikan Pancaran Sinar Matahari Secara Merata

6 Panduan Cara Merawat Tanaman Agar Subur Makmur

Tak hanya air saja sebagai sumber daya yang bisa kita kendalikan jumlahnya untuk diberikan pada tanaman. Pancaran sinar matahari pun perlu diperhatikan dengan baik dalam rangka mendukung agar pertumbuhan tanaman dapat terjaga dengan baik.

Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman membutuhkan pancaran sinar matahari dalam membantu berjalannya proses fotosintesis. Hal ini tentu berlaku pada tanaman yang disimpan di dalam ruangan sekalipun. Dengan demikian, dimanapun anda meletakkan tanaman tentunya kesemua tanaman tersebut perlu mendapatkan pancaran sinar matahari secara merata. Di bawah ini adalah beberapa cara memastikan tanaman terkena dengan pancaran sinar matahari sesuai dengan kebutuhannya.

  • Pada prinsipnya cara merawat tanaman dengan bantuan sinar matahari yang paling efektif adalah mengetahui kebutuhan eksposur dari sinar matahari itu sendiri.
  • Untuk kebun dan ladang buah biasanya mereka membutuhkan sekitar 6 jam untuk terkena dengan pancaran sinar matahari secara langsung.
  • Namun untuk tanaman biasa, mereka hanya butuh setidaknya sekitar 3-4 jam pancaran matahari setiap harinya.
  • Namun demikian, waktu ini berbeda untuk jenis tanaman seperti kaktus dan tanaman sekulen lainnya. Dimana mereka biasanya membutuhkan waktu lebih sedikit yakni hanya 2 jam terkena paparan sinar matahari setiap harinya.

Artikel terkait: 5 Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah

Mengontrol Suhu dan Kelembapan

6 Panduan Cara Merawat Tanaman Agar Subur Makmur

Cara merawat tanaman lainnya yang penting diperhatikan adalah masalah suhu dan kelembapan. Hal ini berlaku untuk segala jenis tanaman yang anda miliki. Baik itu tanaman sayur, bunga, buah atau mungkin tanaman hias. Kesemua jenis ini membutuhkan suhu dan tingkat kelembapan yang sesuai untuk bisa tumbuh subur dan makmur.

Namun sebelumnya, penting diketahui bahwa kebutuhan ini akan berbeda dari satu jenis tanaman dengan yang lainnya. Oleh karenanya cari tahu terlebih dahulu tentang kebutuhan suhu dan kelembapan dengan jenis tanaman yang anda pilih. Adapun terkait masalah ini, di bawah ini adalah hal yang perlu anda perhatikan.

  • Sebaiknya pilihlah jenis tanaman yang hanya sesuai dengan jenis iklim dan kondisi tanah yang anda miliki. Misalnya, hindari memilih tanaman kaktus bagi anda yang tinggal di tempat yang dingin.
  • Ketika berbicara dengan suhu, sebaiknya hindari memilih jenis tanaman yang tidak cocok dengan suhu di tempat tinggal anda.
  • Untuk beberapa jenis tanaman yang membutuhkan kelembapan yang tinggi, anda bisa menggunakan humidifier sebagai media pembantu. Alat ini dapat diletakkan disekitar tanaman.

Perhatikan Langkah Antisipasi Hama Sejak Dini

6 Panduan Cara Merawat Tanaman Agar Subur Makmur

Ada banyak upaya yang bisa dilakukan dalam cara merawat tanaman yang baik. Salah satunya adalah dengan melakukan upaya pencegahan hama sejak dini. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan.

  • Menjaga kualitas tanah dengan memberikan nutrisi organik. Salah satunya adalah dengan memberikan kompos alami atau pemberian kotoran hewan yang mampu mencegah tanaman dari serangan penyakit.
  • Melakukan rotasi tanaman secara rutin. Maksudnya adalah dengan cara menanam beberapa jenis tanaman yang berbeda di dalam satu musim. Hal ini akan dapat mencegah tertinggalnya sarang hama di tanah.
  • Lakukan optimasi lokasi dan kondisi tanaman.. Hal ini dapat dilakukan dengan cara pemberian sinar matahari secara maksimal, memberikan pupuk pada tanaman dan juga memperhatikan teknik penyiraman yang tepat.
  • Memangkas rumput liar yang dapat menghalangi pertumbuhan tanaman secara optimal.

Memotong Tanaman yang Kering Atau Mati

6 Panduan Cara Merawat Tanaman Agar Subur Makmur

Meski sudah bersusah payah untuk mencegah masalah pada tanaman, namun terkadang kondisi tanaman yang kering atau mati mungkin saja dijumpai. Namun ini bukan akhir dari segalanya, anda masih bisa mengantisipasi agar kerusakan pada tanaman tidak menyebar luas dengan memotong tanaman yang kering atau mati. Caranya dapat disimak di bawah ini.

  • Gunakan media potong yang bersih dan steril baik gunting ataupun pisau. Proses sterilisasi dapat dilakukan dengan menyiramkan alkohol. Cara ini penting dilakukan untuk mencegah tanaman terinfeksi.
  • Potong hanya bagian yang kering atau sudah rusak saja.
  • Potonglah dari bagian pangkalnya dengan perlahan dan hati-hati.
  • Lakukan pemeriksaan tanaman secara rutin untuk mencegah hal yang sama terjadi.

Pemberian Nutrisi Vital Pertumbuhan

6 Panduan Cara Merawat Tanaman Agar Subur Makmur

Pemberian nutrisi vital pertumbuhan untuk tanaman adalah cara merawat tanaman yang amat penting. Ada beberapa jenis nutrisi penting untuk tanaman yakni kalsium, sulfur, fosfor, nitrogen dan magnesium. Kesemua jenis nutrisi ini bermanfaat untuk menyuburkan tanaman dengan baik.

Simak juga: Sejuta Khasiat, Ini 6 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Leave a Reply