Sejuta Khasiat, Ini 6 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

6 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya – Selain dikenal menjadi penangkal jin rupanya daun bidara menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Mari simak manfaat daun bidara dan cara menggunakannya di bawah ini.

Daun bidara atau widara adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang umumnya tumbuh di daerah yang kering. Belakangan ini, popularitas daun bidara menjadi sangat terkenal karena digadang punya khasiat untuk penangkal jin dan sihir. Terlepas dari benar atau tidaknya yang jelas tanaman dengan buah kecil berwarna hijau ini punya segudang manfaat yang bisa dibilang cukup mencengangkan. Tak hanya untuk kesehatan tubuh, untuk kecantikan pun daun bidara bisa anda manfaatkan.

Obat tradisional ini tentunya lebih aman dan terhindar dari efek samping dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia. Seperti apa sih manfaat daun bidara dan cara menggunakannya? Mari simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Ini 6 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Ada cukup banyak manfaat daun bidara untuk tubuh. Dalam kesempatan kali ini kami berikan pula cara menggunakan daun bidara secara lengkap. Penasaran seperti apa? Mari simak informasinya di bawah ini.

Melancarkan Haid

Sejuta Khasiat, Ini 6 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Haid adalah siklus bulanan pada wanita sebagai penanda tidak terjadinya kehamilan. Meskipun haid datang secara berkala setiap bulan, namun tidak semua wanita mengalami siklus haid yang teratur. Perlu diketahui, bahwa siklus haid yang teratur akan mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Dimana tentunya, kesuburan adalah modal utama bagi anda para wanita yang mendamba menjadi seorang ibu kelak di masa depan.

Nah, untuk bisa memperlancar siklus haid, penggunaan daun bidara bisa anda manfaatkan untuk memperlancar haid tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Hal ini dikarenakan, kandungan khasiat di dalam daun bidara akan bekerja membantu menyeimbangkan hormon penyebab siklus haid tidak teratur.

  • Cara menggunakannya cukup mudah dan sederhana, selain mengkonsumsi ekstrak daun bidara dalam bentuk kapsul. Anda juga bisa membuat sendiri ramuan daun bidara di rumah. Silahkan siapkan daun bidara sebanyak 4-5 lembar.
  • Cuci bersih dengan menggunakan air mengalir pastikan tidak ada kotoran atau serangga yang masih menempel pada daun.
  • Kemudian setelah itu, potong-potong menjadi beberapa bagian.
  • Rebus daun bidara dengan segelas air putih sampai mendidih dan matang.
  • Saring daunnya dan air rebusannya dikonsumsi secara rutin.

Baca juga: Ketahui 6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Mempercepat Penyembuhan Luka

Sejuta Khasiat, Ini 6 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya selanjutnya adalah untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Khasiat ini akan sangat cocok bagi anda yang punya masalah dengan bekas luka baik itu luka yang besar atau luka bekas goresan juga luka bekas jerawat. Hal ini dikarenakan daun bidara punya sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang amat baik dalam membantu proses regenerasi kulit dengan lebih cepat.

Bahkan berbagai bekas luka sayatan atau luka goresan akan dapat disembuhkan dengan menggunakan ramuan daun bidara. Tak hanya itu, senyawa yang dinamakan glikosida yang ada dalam daun bidara pun akan dapat menghilangkan bekas luka bakar pada kulit dengan cepat.

  • Cara penggunaannya adalah siapkan secukupnya daun bidara yang anda butuhkan.
  • Bersihkan dengan air dan haluskan dengan menggunakan mesin blender dengan dicampur sedikit air.
  • Ketika teksturnya sudah menjadi pasta maka bahan ini bisa anda oleskan dibagian permukaan kulit yang terkena dengan luka.
  • Diamkan selama beberapa saat sampai khasiatnya meresap dan bekerja dengan efektif.
  • Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal, proses pengobatan ini perlu dilakukan secara rutin setiap hari sampai luka benar-benar sembuh.

Memperbaiki Masalah Pencernaan

Sejuta Khasiat, Ini 6 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang tepat juga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan dan mengobati segala keluhannya, terutama anda yang punya riwayat penyakit maag. Hal ini dikarenakan, khasiat dari daun bidara dapat bekerja menurunkan dampak negatif dari asam lambung.

Tak hanya itu, kandungan senyawa yang baik dalam daun bidara dapat pula mengatasi segala macam keluhan pada sistem pencernaan. Termasuk masalah keracunan dan juga bahan ini dapat dimanfaatkan untuk detoks tubuh secara alami.

  • Untuk mengetahui manfaat daun bidara dan cara menggunakannya pada masalah pencernaan anda cukup menyiapkan beberapa lembar daun bidara dan cuci dengan bersih.
  • Rebus daun bidara dalam sebuah panci dengan air bersih sampai mendidih dan matang.
  • Saring dan pisahkan daunnya kemudian masukkan airnya ke dalam gelas bersih.
  • Silahkan konsumsi air rebusan daun bidara dan rasakan manfaatnya untuk meningkatkan kualitas sistem pencernaan.

Mengatasi Masalah Jerawat

Sejuta Khasiat, Ini 6 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya selanjutnya dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan jerawat yang hampir pernah dialami setiap wanita setidaknya satu atau beberapa kali dalam hidupnya. Seperti yang kita ketahui, masalah jerawat tidak bisa dianggap sepele apalagi ketika kehadirannya sudah sangat banyak.

Sebab selain menyebabkan rasa sakit ketika sedang bengkak, jerawat juga kerap kali meninggalkan bekas yang terlihat sangat jelas pada permukaan kulit. Hal inilah yang akan membuat rasa percaya diri anda menjadi bermasalah. Untuknya, atasi dengan daun bidara yang punya kandungan antibakteri yang ampuh mengatasi permasalahan jerawat. Artikel terkait: 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

  • Caranya siapkan 5 lembar daun bidara dan cuci bersih.
  • Kemudian tumbuk halus dan pastikan media penumbuk bersih dan higienis.
  • Lalu setelah itu, tambahkan sedikit air ke dalamnya lalu aduk dengan merata.
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, penambahan air perasan lemon akan bisa anda berikan.
  • Setelah selesai kemudian aplikasikan bahan ini pada bagian wajah yang terkena dengan jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit agar bahan ini meresap ke dalamnya dengan sempurna.
  • Baru setelah itu, cuci wajah anda sampai bersih.

Penurun Kolesterol

Sejuta Khasiat, Ini 6 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Anda yang punya riwayat kolesterol tinggi mungkin perlu bernapas sedikit lega. Karena kini, tanaman yang anda pelihara di rumah dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan yang selama ini anda takutkan. Ya, manfaat daun bidara dan cara menggunakannya bisa diambil untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah anda sehingga jumlahnya menjadi lebih seimbang.

Adalah bagian serat daun bidara yang punya khasiat dalam membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dan menekan kolesterol jahat di dalam darah. Hal ini dikarenakan khasiat daun bidara dapat mengikat kolesterol di dalam sistem pencernaan yang kemudian dibuang melalui feses anda.

  • Cara menggunakannya cukup mudah anda hanya perlu menyiapkan sebanyak 5 lembar daun bidara dan rebus bersama dengan segelas air.
  • Setelah matang, saring dan pisahkan daunnya.
  • Sementara air hasil rebusannya bisa anda konsumsi secara rutin.

Artikel menarik: Ibu Hamil Wajib Tahu 2 Cara Menghitung Umur Kehamilan

Mencegah Penuaan Dini

Sejuta Khasiat, Ini 6 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Mungkin ini adalah salah satu manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang paling dinanti. Ya, salah satu manfaat dari daun bidara punya kemampuan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Tepatnya, menghindarkan anda dari keriput dan lingkar hitam di bawah mata yang merupakan bagian dari gejala penuaan dini.

  • Cara penggunaan bahan ini adalah dengan menjadikannya masker. Siapkan secukupnya daun bidara.
  • Lalu haluskan dengan mencampurkannya dengan sedikit air. Lalu aduk dengan merata.
  • Setelah itu, baru aplikasikan pada wajah sebagai masker.
  • Diamkan selama beberapa saat sekitar 30 menit.
  • Baru bilas wajah dengan merata.

Leave a Reply