Selamatkan Bumi, Ketahui 6 Cara Mengurangi Sampah Plastik

Ketahui 6 Cara Mengurangi Sampah Plastik – Upaya dalam mengurangi sampah plastik sekecil apapun itu akan berdampak besar terhadap lingkungan alam. Mari cari tahu bagaimana cara mengurangi sampah plastik di bawah ini.

Limbah plastik adalah salah satu jenis limbah yang paling banyak mencemari lingkungan saat ini. Ironisnya, limbah plastik akan terus bertahan mencemari bumi bahkan sampai berjuta-juta tahun kemudian. Hal ini dikarenakan, limbah jenis ini tidak bisa diuraikan sehingga menjadi pemicu pencemaran lingkungan yang paling merugikan.

Perlu diketahui bahwa negara Indonesia adalah salah satu penghasil sampah plastik terbesar di dunia, bahkan urutannya menempati urutan ke dua terbanyak. Parahnya lagi, upaya daur ulang sampah plastik di tanah air masih sangat rendah. Bila kondisi ini terus menerus dibiarkan begitu saja dan tidak ada kepedulian dari diri kita maka bisa dibayangkan dalam beberapa tahun ke depan berapa juta sampah plastik yang akan menumpuk disekitaran tempat tinggal kita? Baca juga: Jaga Bumi Tetap Hijau dengan 8 Cara Menjaga Lingkungan Hidup

Ketahui 6 Cara Mengurangi Sampah Plastik

Penggunaan barang berbahan plastik memang cukup sulit untuk dihindari. Pasalnya, barang ini sudah melekat erat dengan kehidupan sehari-hari, terutama untuk masyarakat Indonesia. Pasalnya, plastik punya sifat yang ringan, mudah dibawa dan ditemukan selain itu barang dari plastik pun dianggap punya daya tahan yang kuat dan praktis untuk digunakan.

Namun meski demikian, bukan berarti kita tidak dapat mengupayakan untuk mulai mengurangi produksi sampai plastik. Mari cari tahu cara mengurangi sampah plastik di bawah ini.

Bawa Tas Belanja Sendiri

Selamatkan Bumi, Ketahui 6 Cara Mengurangi Sampah Plastik

Sudah bukan rahasia umum jika produksi sampah plastik terbesar salah satunya adalah dari hasil belanja. Kantung keresek menjadi tas belanja yang paling umum digunakan di tanah air. Baik ke supermarket hingga pergi ke pasar, kantung plastik seringkali menjadi pilihan yang paling praktis untuk menenteng isi belanjaan.

Nah, dalam rangka cara mengurangi sampah plastik untuk mencegah pencemaran lingkungan maka penting sekali untuk mulai beralih membawa tas belanja anda sendiri. Saat ini program semacam ini sudah mulai diterapkan di beberapa kota besar di tanah air. Bahkan kampanye ini melibatkan promo potongan harga bagi si konsumen yang membawa sendiri kantung belanjaan mereka dari rumah. Anda bisa mulai membiasakan diri dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Selipkan kantung belanja sendiri di dompet atau kendaraan anda sehingga kapan saja anda membutuhkannya, anda akan bisa menggunakannya.
  • Pastikan tas belanja anda terbuat dari bahan yang bukan plastik. Seperti misalkan totebag atau eco bag dari bahan kanvas kain yang lebih mudah dilipat.
  • Sediakan beberapa ukuran tas belanja sehingga anda akan dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.
  • Manfaatkan tas bekas yang sudah tidak terpakai bisa menjadi alternatif untuk dijadikan tas belanja pribadi.

Sediakan Selalu Tempat Makan dan Minum

Selamatkan Bumi, Ketahui 6 Cara Mengurangi Sampah Plastik

Selain menyediakan tas belanjaan, dalam rangka mengurangi produksi sampah plastik selanjutnya. Anda pun perlu memperhatikan untuk selalu menyediakan tempat makan dan minum anda kemanapun anda pergi. Sehingga anda tidak perlu menggunakan kemasan atau tempat makan yang biasanya dibuat dari bahan plastik.

Cara yang satu ini tak hanya akan dapat menghindarkan anda dari produksi sampah plastik yang lebih banyak. Akan tetapi, dengan menyediakan tempat makan dan minum sendiri tentu menghindarkan anda dari penyebaran virus dan bakteri berbahaya yang berpotensi menular dari kemasan makanan atau minuman yang terdapat di pasaran.

  • Saat ini ada banyak model tempat makan dan minum dalam bentuk packaging yang cantik anda bisa memilih salah satunya.
  • Simpan dalam tas pribadi anda sehingga kapanpun anda membutuhkannya bisa anda gunakan.
  • Sediakan di beberapa tempat seperti pada kendaraan anda atau mungkin di kantor sehingga tidak ada alasan anda lupa membawa peralatan ini.

Artikel menarik: 5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula

Membiasakan Masak di Rumah

Selamatkan Bumi, Ketahui 6 Cara Mengurangi Sampah Plastik

Cara mengurangi sampah plastik selanjutnya yang penting diperhatikan adalah dengan mulai membiasakan diri masak di rumah. Dengan mengolah sendiri makanan anda maka secara otomatis hal ini dapat mengurangi produksi sampah plastik yang biasanya hadir menjadi kemasan untuk mengemas makanan anda.

Perlu diperhatikan dengan baik, manfaat lain dari mengolah sendiri makanan anda selain untuk mengurangi produksi sampah plastik. Pun tentunya ini jauh lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi. Sebab anda bisa mengatur sendiri komposisi yang anda butuhkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengolahan masakan di rumah untuk menghindari produksi sampah plastik.

  • Belanja dari toko sayur dan bawa sendiri tas belanja anda.
  • Hindari belanja di supermarket sebab biasanya sayuran dan bahan makanan sering dikemas menggunakan bahan plastik.
  • Upayakan hindari produksi sampah sebisa mungkin.

Beralih Pada Sedotan Stainless

Selamatkan Bumi, Ketahui 6 Cara Mengurangi Sampah Plastik

Selain dari makanan, salah satu penyumbang produksi sampah terbesar datang pula dari penggunaan sedotan. Apalagi belakangan maraknya kafe dan kedai kopi menjadikan produksi sampah plastik semakin hari semakin memprihatinkan. Nah, untuk mengatasi kondisi semacam ini segala bentuk pengurangan produksi sampah meski sekecil apapun akan menjadi tindakan yang paling bijak.

  • Beralihlah pada penggunaan sedotan stainless yang bisa digunakan berkali-kali dan bisa dicuci.
  • Bawa selalu kemanapun anda pergi sehingga anda tidak perlu menggunakan sedotan plastik.
  • Siapkan beberapa buah agar ketika satu kotor anda masih punya cadangan.

Kurangi Penggunaan Tisu Basah

Selamatkan Bumi, Ketahui 6 Cara Mengurangi Sampah Plastik

Tidak banyak yang tahu bahwa penggunaan tisu basah menjadi salah satu penyumbang terhadap jumlah sampah plastik yang semakin menumpuk. Biasanya produksi sampah dari jenis tisu basah banyak didapatkan dari rumah tangga, terutama mereka yang punya bayi dan balita.

Penggunaan tisu basah dianggap bisa menggantikan air dan lebih praktis digunakan untuk mengelap tubuh si kecil. Namun tahukah anda? Ternyata penggunaan tisu basah yang berlebihan dapat mencemari lingkungan. Hal ini dikarenakan tisu basah dibuat dari resin plastik. Hal inilah yang membuat tisu basah tidak dapat larut dalam air seperti tisu keting pada umumnya.

  • Maka dari itu, sebaiknya kurangilah penggunaan tisu basah mulai saat ini.
  • Beralihlah dengan menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam air.
  • Bila anda sangat butuh tisu basah sebaiknya gunakan tisu kering yang dicelup ke dalam air sehingga tidak menambah jumlah limbah plastik.

Belajar Daur Ulang Sampah

Selamatkan Bumi, Ketahui 6 Cara Mengurangi Sampah Plastik

Salah satu solusi untuk mengurangi jumlah sampah plastik adalah dengan mendaur ulangnya menjadi sesuatu yang punya daya guna yang lebih. Bila anda menekuni bidang daur ulang sampah plastik dengan lebih tekun maka bisa jadi ini menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan, sampah plastik sebenarnya bisa didaur ulang menjadi banyak karya yang menakjubkan. Seperti diantaranya:

  • Mendaur ulang sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang bisa anda gunakan kembali.
  • Mendaur ulang sampah plastik menjadi produk yang bisa digunakan kembali seperti ember plastik atau peralatan rumah tangga lainnya.

Simak juga: Penuh Khasiat, Begini 4 Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan

Leave a Reply