Lebih Sehat, Ketahui 6 Cara Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Lebih Sehat, Ketahui Cara Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh – Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh akan dapat berdampak bahaya untuk kesehatan. Ketahui cara mengurangi kolesterol di dalam tubuh dengan beberapa langkah di bawah ini.

Kolesterol yang tinggi dapat terjadi ketika kadar kolesterol di dalam darah jumlahnya berada di atas kadar normal yakni sekitar >200mg/dL. Perlu diketahui bahwa kadar kolesterol yang tinggi akan dapat menjadi pemicu terhadap banyak ancaman kesehatan, terutama penyakit kardiovaskular.

Salah satu cara mengurangi kolesterol di dalam tubuh adalah dengan mulai mengubah gaya hidup dan pola makan sebab hal ini sangat menentukan kadar kolesterol di dalam tubuh anda. Mari simak cara mengurangi kolesterol untuk tubuh yang lebih sehat. Baca juga: Penderita Insomnia, Begini 4 Cara Bisa Tidur dengan Cepat

6 Cara Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Selain mengkonsumsi obat-obatan sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter, cara mengurangi kolesterol di dalam darah pun dapat dilakukan dengan mulai menerapkan gaya hidup yang sehat. Diantaranya adalah dengan:

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Lebih Sehat, Ketahui 6 Cara Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh akan dapat menjadi pemicu utama penyakit jantung. Untuknya, mengontrol kadar kolesterol serta faktor pemicunya adalah langkah yang efektif untuk mengurangi risiko terhadap serangan penyakit jantung.

Pada dasarnya, kolesterol terdapat dalam zat makanan dan jumlahnya akan meningkat dalam darah tergantung dari seberapa banyak makanan yang anda konsumsi. Apabila jumlah pemasukan kolesterol ke dalam tubuh masih seimbang dan sesuai dengan kebutuhan. Maka tubuh akan tetap sehat dan mekanismenya tidak akan terganggu. Sementara itu, apabila jumlah asupan kolesterol ke dalam tubuh berlebihan maka inilah yang menjadi masalah.

Namun tenang, salah satu cara mengurangi kolesterol di dalam tubuh adalah dengan memperbanyak konsumsi terhadap sayuran serta buah-buahan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada pada buah dan sayur punya kemampuan alami dalam membantu penurunan jumlah kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein). Adapun takaran konsumsi harian terhadap sayur dan buah adalah sekitar 500 gram.

Kurangi Makanan yang Mengandung Lemak

Lebih Sehat, Ketahui 6 Cara Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Hampir sebagian besar makanan nikmat khas Nusantara diolah dengan mencampurkan lemak seperti minyak ke dalamnya. Hanya saja, untuk orang yang punya kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh, hal ini akan tentu menjadi musuh terbesar yang harus dihindari.

Lemak yang tinggi dalam makanan akan memicu kenaikan kadar kolesterol jahat dan tentunya membuat ancaman kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke semakin nyata anda rasakan. Untuknya perhatikan dengan baik untuk menghindari asupan makanan tersebut. Selain dalam makanan olahan, sumber makanan dengan kandungan rendah lemak bisa pula anda temui dari:

  • Daging sapi tanpa lemak
  • Susu rendah lemak
  • Putih telur
  • Polong-polongan
  • Tempe
  • Tahu
  • Ikan
  • Ayam tanpa lemak

Adapun makanan yang perlu dihindari oleh mereka yang punya riwayat kolesterol tinggi diantaranya adalah jenis makanan di bawah ini: Artikel menarik: Penuh Khasiat, Begini 4 Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan

  • Goreng-gorengan
  • Makanan bersantan dan berlemak
  • Nasi Padang yang penuh dengan lemak
  • Jeroan
  • Junkfood
  • Fastfood

Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Omega 3

Lebih Sehat, Ketahui 6 Cara Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Tak hanya memperhatikan kandungan lemak yang ada dalam makanan, konsumsi makanan dengan kandungan yang kaya omega-3 pun menjadi hal penting untuk anda perhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan omega-3 dipercaya dapat membantu mempercepat penurunan kolesterol dan trigliserida yang ada di dalam darah.

Memiliki kadar trigliserida yang tinggi bukanlah hal yang baik sebab kondisi ini akan dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, kandungan omega 3 akan berperan dengan sangat baik dalam menurunkan kandungan dua bahan berbahaya ini di dalam darah. Adapun beberapa bahan yang punya kandungan senyawa omega 3 yang tinggi diantaranya adalah:

  • Konsumsi ikan salmon
  • Konsumsi ikan tuna
  • Konsumsi ikan sarden
  • Konsumsi chia seeds
  • Konsumsi ikan makarel

Berolahraga Secara Rutin

Lebih Sehat, Ketahui 6 Cara Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Cara mengurangi kolesterol di dalam tubuh selanjutnya yang penting untuk anda perhatikan dengan baik adalah dengan memastikan anda selalu berolahraga secara rutin. Tak hanya untuk mereka yang berupaya mengobati penyakit, olahraga penting pula dilakukan sebagai pencegahan terhadap penyakit.

Namun dalam kasus kadar kolesterol yang tinggi, olahraga menjadi salah satu solusi wajib yang harus senantiasa dilakukan dengan baik. Semua jenis olahraga pada dasarnya akan bisa menurunkan sejumlah kolesterol di dalam tubuh. Akan tetapi ada beberapa jenis olahraga yang bersifat aerobik dan melibatkan otot secara langsung. Di bawah ini adalah beberapa jenis olahraga yang akan dapat anda lakukan untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

  • Bersepeda secara rutin
  • Lari atau jogging yang bisa dilakukan setidaknya setiap hari selama 30 menit.
  • Berenang pun bisa menjadi salah satu jenis olahraga yang manfaatnya dapat menurunkan kandungan kolesterol yang ada dalam darah dengan lebih cepat. Asalkan gerakan berenang diperhatikan dengan baik dengan kata lain gaya berenang anda tidak hanya sekedar main air.
  • Yoga pun bisa menjadi salah satu pergerakan yang baik untuk menurunkan kolesterol sekaligus melatih pernapasan.

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Serat Larut

Lebih Sehat, Ketahui 6 Cara Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Makanan lain yang dapat menjadi cara mengurangi kolesterol di dalam tubuh adalah jenis makanan yang punya kandungan serat larut air. Seperti namanya, serat yang terkandung di dalam bahan makanan ini punya kemampuan untuk larut di dalam air.

Ketika mengkonsumsi serat ini maka serat larut akan membentuk seperti gel tebal yang ada di lambung kita nantinya perlahan lambung akan mencernanya. Selanjutnya gel yang dipenuhi dengan serat ini akan dipecah oleh bakteri yang terdapat di bagian usus besar, prosesnya inilah yang nantinya menghasilkan sedikit sekali kalori di dalam tubuh kita.

Itulah mengapa, makanan dengan kandungan serat larut air akan sangat direkomendasikan untuk cara mengurangi kolesterol di dalam tubuh. Jenis serat ini adalah serta yang mayoritasnya ditemukan dalam serelia seperti halnya barley dan oat, biji-bijian dan kacang dan beberapa sayur serta buah.

Mengontrol Berat Badan

Lebih Sehat, Ketahui 6 Cara Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Berat badan dikaitkan dengan tingkat kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan orang yang punya berat badan berlebihan atau obesitas dapat mengalami peningkatan jumlah kolesterol di dalam tubuh mereka. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa kadar kolesterol yang tinggi akan tentu berbahaya untuk kesehatan.

Kondisi ini tidak hanya menyerang orangtua, anda yang berada di usia 20 an pun rentan terkena dengan risiko yang sama apabila anda tidak menjaga berat badan anda. Ikuti beberapa cara ini untuk tetap mengontrol berat badan

  • Timbang badan secara rutin untuk mengetahui perkembangan ukuran berat badan anda.
  • Lakukan diet secara rutin. Artinya diet tidak hanya dijalankan pada saat anda merasa berat anda sudah cukup ideal karena bukan tidak mungkin akibat kebiasaan gaya hidup yang sembarangan, kenaikan berat badan bisa kembali terjadi.
  • Pastikan gaya hidup anda dirubah dan diperbaiki menjadi lebih sehat. Konsumsi makanan bergizi dan penuh nutrisi.

Terbaru dari kami: Aman! Ini 6 Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

Leave a Reply