Lebih Produktif, Begini 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas

Lebih Produktif, Begini 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas – Ada saat dimana kita merasa enggan melakukan aktivitas dan maunya bersantai. Hal ini manusiawi namun tidak baik pula bila terus menerus bermalas-malasan karena ini akan merugikan. Mari simak cara menghilangkan rasa malas yang ampuh agar anda kembali produktif.

Sekali dalam seumur hidup seseorang pasti pernah merasakan satu masa dimana mereka memilih memanjakan diri mereka dan mengutamakan kepentingan mereka dibandingkan dengan melakukan kewajibannya. Malas-malasan, bersantai dan menjadi lebih pasif dalam beraktivitas adalah hal yang wajar dan manusiawi. Sebab dalam sebuah usaha biasanya dijumpai sebuah proses yang berat. Namun bukan berarti rasa malas itu harus terus-terusan kita turuti.

Sebab bila demikian, perasaan itu akan berkembang menjadi lebih besar dan mendominasi hal-hal positif dalam diri anda. Sehingga akhirnya, rasa malas mengendalikan diri anda. Hal ini tentunya merugikan karena sifat malas adalah salah satu tanda orang yang jauh dari kesuksesan. Baca juga: Lebih Disiplin, 6 Cara Bangun Pagi yang Efektif

Begini 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas

Agar anda bisa mengalahkan rasa malas itu sendiri di bawah ini adalah beberapa usaha yang patut dicoba sehingga anda lebih semangat dan lebih produktif.

Jangan Pernah Menunda-Nunda

Lebih Produktif, Begini 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas

Kebiasaan mengulur waktu dan menunda sesuatu di lain waktu sehingga anda bisa melakukan kepentingan anda mungkin terasa sangat menggoda dan menyenangkan. Akan tetapi, tidak bisa dibohongi di awal menunda kebiasaan anda akan dihantui dengan perasaan bersalah. Namun ketika anda sering mengulanginya, perasaan bersalah itu akan perlahan pudar. Dan ini menjadi tanda bahwa anda sudah mulai tidak bisa jujur pada diri anda sendiri.

Akhirnya, rasa malas itu akan menjadi boomerang dimana rencana pencapaian yang sudah anda buat menjadi berantakan. Apalagi ketika dihadapkan pada keadaan yang terakumulasi maka hal tersebut akan terasa semakin berat untuk dilakukan. Akhirnya, anda sendiri yang akan dirugikan dengan kondisi yang seperti demikian.

  • Untuknya,hindari menunda-nunda sesuatu dan segera lakukan hal tersebut tepat waktu.
  • Bila perlu buatlah pengingat dimana anda bisa melakukan sesuatu dengan baik tanpa melupakannya.
  • Mengatur rincian kegiatan yang harus anda lakukan dalam sebuah catatan akan membantu aktivitas anda menjadi lebih terorganisir.

Mengubah Persepsi

Lebih Produktif, Begini 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas

Cara menghilangkan rasa malas selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah dengan mengubah mindset dalam diri anda. Orang yang rajin selalu melakukan sesuatu bukan atas dasar keharusan atau paksaan. Melainkan karena mereka menginginkannya. Maka dari itu, mulai saat ini ubahlan mindset anda dari kata “Harus” menjadi “Mau”

Ketika anda mampu mengubah mindset anda dari sebuah keterpaksaan menjadi sebuah keinginan maka secara otomatis anda pun akan cenderung tidak terbebani dengan apa yang anda lakukan. Meski terkadang rasa malas itu wajar terjadi namun lawan perasaan merugikan itu dengan kata “Mau” setiap kali anda mulai merasakan malas.

Buatlah Sebuah Target

Lebih Produktif, Begini 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas

Terkadang untuk bisa melakukan sesuatu yang terasa berat dan penuh dengan tantangan kita perlu motivasi dalam diri kita sehingga segala rintangan yang ada akan bisa kita hadapi, termasuk dengan tantangan terbesar yang muncul dalam diri sendiri, yakni rasa malas.

Selain membuat rencana yang anda buat menjadi berantakan, rasa malas yang tidak dilawan akan bisa mengendalikan diri anda sehingga anda akan cenderung menikmati zona malas yang memang menyenangkan untuk dilakukan namun merugikan imbasnya untuk kehidupan.

Untuknya, cobalah buat target dalam setiap kegiatan di dalam hidup anda. Target yang dimaksud tak perlu target yang besar atau pencapaian di masa mendatang saja. Misalnya, target harian tentang hal-hal apa saja yang harus anda selesaikan di hari yang bersangkutan. Sehingga dengan catatan target ini anda akan merasa termotivasi untuk melakukan segalanya tepat waktu. Artikel menarik: Krisis Percaya Diri? Ini 5 Cara Menghilangkan Kutil di Wajah

Paksakan Untuk Tepat Selalu Waktu

Lebih Produktif, Begini 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas

Cara menghilangkan malas selanjutnya yang perlu anda tanamkan dalam diri anda adalah mengupayakan hal-hal yang sudah anda targetkan dilakukan tepat waktu. Sebab hal ini akan pula melatih kedisiplinan diri anda dan menjadi usaha untuk mengalahkan rasa malas itu sendiri.

Jangan terlalu banyak memaklumi diri anda misalkan terlambat sejam, dua jam atau bahkan terlambat berhari-hari. Hal-hal semacam inilah yang nantinya malah akan semakin membuat rasa malas tanpa disadari tumbuh membesar dan menjalar dalam diri anda sehingga semakin sulit untuk dikalahkan.

Jangan Buat Excuse

Lebih Produktif, Begini 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas

Rasa malas timbul dari dalam diri sebab anda seringkali memberikan banyak toleransi pada diri anda. Pemikiran, “tak apa”, “tidak masalah” adalah cara pikir keliru yang membuat anda membiarkan rasa malas tumbuh berkembang di dalam diri anda. Perlahan bila hal ini terus terjadi maka nantinya anda akan semakin menikmati excuse yang anda buat. Sehingga anda pun akan cenderung berusaha menemukan lebih banyak excuse demi kepentingan anda sendiri.

Hal ini jelas merugikan, hal-hal dan pencapaian di dalam hidup yang seharusnya bisa anda dapatkan dengan cepat harus tertunda atau bahkan tidak mampu diwujudkan sama sekali. Ingatlah, kesempatan di dalam hidup ini tidak datang dua kali dan belum tentu pula dewi keberuntungan selalu berpihak pada anda.

  • Jadi mulai saat ini, hilangkan pemikiran anda berhak untuk waktu yang panjang untuk bermalas-malasan.
  • Ingat sukses butuh kerja keras dan buah dari kesuksesan itu nikmat rasanya. Jadi tunda dulu keinginan untuk bermalas-malasan sampai anda benar-benar mendapatkan goals anda.
  • Ingat juga bahwa musuh terbesar kesuksesan adalah rasa malas. Jadi sadari betul bahwa excuse yang anda berikan adalah boomerang yang akan menghancurkan impian anda karena anda terlalu sering bermalas-malasan.

Istirahat yang Cukup

Lebih Produktif, Begini 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas

Meski anda sedang bekerja keras untuk mewujudkan impian anda, namun bukan berarti hal ini membuat anda melupakan waktu istirahat anda. Sadari istirahat beda dengan malas-malasan sebab bagaimanapun tubuh anda berhak untuk mendapatkan waktu berkualitasnya sehingga nantinya anda lebih siap untuk kembali mengejar impian anda.

Sebaliknya, kurang beristirahat akan membuat tubuh menjadi lebih mudah capek dan stress akan sangat sulit untuk dihindarkan. Akibatnya, ketika kondisi ini terjadi maka rasa malas dan enggan melakukan banyak hal akan mudah dirasakan. Dari tubuh yang lelah anda pun akan kesulitan untuk fokus dengan apa yang anda kerjakan. Untuk itu, pastikan anda beristirahat dengan baik.

  • Hindari begadang sampai larut malam yang akan buruk dampaknya untuk kesehatan.
  • Upayakan mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari yakni sekitar 6 sampai dengan 8 jam untuk orang dewasa.
  • Jangan juga memforsir diri anda karena tubuh akan rentan sakit hal ini malah akan semakin menunda waktu anda untuk membereskan sesuatu akibat tubuh yang sakit.

Nah, itulah dia beberapa cara menghilangkan rasa malas. Pada intinya, memerangi rasa malas adalah hal penting yang harus kita ketahui dengan baik sebab musuh terbesar dalam menggapai kesuksesan tidak terletak pada faktor luar melainkan faktor dalam diri kita, rasa malas salah satunya.

Anda mungkin tertarik membaca: 6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula

Leave a Reply