Ampuh! Begini 6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Ampuh! Begini Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel – Komedo hitam yang memenuhi bagian pori akan tentu membuat siapa saja merasa tidak percaya diri. Yuk, cari tahu cara menghilangkan komedo hitam membandel dengan cara di bawah ini.

Perlu diketahui jika komedo terbagi menjadi dua jenis yakni komedo putih dan komedo hitam. Meskipun dua-duanya sama mengganggu namun seringkali komedo hitam terlihat sangat kontras dan ini tentu mengganggu penampilan kita.

Adapun penyebab dari kehadiran komedo putih biasanya muncul berupa benjolan kecil yang ada dibawah epitel kulit. Tidak seperti komedo hitam, komedo putih biasanya lebih sulit untuk dihilangkan. Sementara komedo hitam biasanya dipicu oleh bakteri dan minyak yang tersumbat dibawah permukaan pori. Perubahan warna hitam terjadi karena faktor udara. Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Namun tak perlu khawatir, anda yang ingin tahu cara menghilangkan komedo hitam membandel kami akan bagikan informasi menariknya.

Gunakan Putih Telur

Ampuh! Begini 6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Perlu diketahui bahwa masing-masing jenis komedo yang muncul punya pemicu yang berbeda. Dimana komedo putih lebih disebabkan oleh kotoran yang bercampur bersama dengan keringat. Sementara untuk kehadiran komedo hitam, kondisi ini dipicu akibat kotoran dan debu yang menempel pada wajah dengan pori-pori yang besar.

Nah, untuk anda yang seringkali mengalami komedo hitam dibandingkan dengan komedo putih, anda mungkin kondisi pori yang ukurannya lebih besar. Namun tak perlu khawatir, putih telur dapat menjadi bahan alami sebagai cara menghilangkan komedo hitam yang membandel.

  • Caranya adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan satu buah telur.
  • Kemudian pisahkan antara kuning dan putihnya dengan merata.
  • Usapkan putih telur pada seluruh permukaan wajah, terutama di bagian wajah yang memiliki komedo hitam.
  • Siapkan kertas tisu kemudian gunting dan bentuk menyerupai bentuk wajah anda. Lalu tempelkan pada permukaan wajah yang sudah diolesi dengan masker putih telur.
  • Diamkan selama beberapa saat agar bahan ini menyerap dengan merata dan mengering.
  • Baru anda dapat membasuh wajah anda dengan menggunakan air seperti biasa.

Bersihkan dengan Baby Oil

Ampuh! Begini 6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Cara menghilangkan komedo hitam selanjutnya yang akan dapat anda coba adalah dengan menggunakan baby oil. Baby oil punya kandungan mineral oil yang sifatnya non-comedogenic dimana produk ini akan menjadi solusi paling tepat dalam mengatasi komedo yang membandel, termasuk dengan komedo hitam.

  • Caranya adalah dengan menyiapkan baby oil secukupnya, siapkan pula kapas atau cotton bud.
  • Bersihkan terlebih dahulu wajah anda untuk menghilangkan minyak dan kotoran di wajah.
  • Aplikasikan baby oil dengan merata pada bagian wajah sambil dilakukan pemijatan dengan lembut. Diamkan selama kurang lebih 4 menit agar bahan ini meresap pada kulit dan bekerja dengan efektif mengangkat komedo hitam.
  • Kemudian aplikasikan cleanser wajah yang punya kandungan sabun sehingga kotoran dan bekas minyak akan dapat dibersihkan dengan merata.

Manfaatkan Uap Air Hangat

Ampuh! Begini 6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Tinggalkan kebiasaan memencet hidung dan wajah untuk mengeluarkan paksa komedo yang terjebak di pori kulit. Karena selain menyakitkan, tentunya hal ini pun akan malah semakin membuat penyebaran komedo menyebar dengan mudah. Ada cara yang lebih alami dan mudah untuk menghilangkan komedo, terutama komedo hitam.

Uap dari air hangat akan dapat anda manfaatkan untuk membuka pori-pori dan memudahkan kotoran dan komedo keluar dengan lebih gampang. Begini cara membuat uap air panas dan penggunaannya.

  • Langkah pertama rebus terlebih dahulu air kira-kira setengah baskom.
  • Siapkan wadah yang bersih dan tuangkan air ke dalamnya.
  • Pastikan wajah anda dalam keadaan bersih sebelum menguap wajah.
  • Dekatkan wajah tepat di atas baskom dan tutupi bagian kepala anda dengan menggunakan handuk bersih agar uap tidak berhamburan kemana-mana.
  • Lakukan proses uap ini selama kurang lebih 15 sampai dengan 20 menit.
  • Baru cuci wajah anda dengan menggunakan sabun sambil dilakukan pemijatan untuk mengeluarkan komedo. Tanpa perlu tenaga yang terlalu kuat, komedo akan lebih mudah dikeluarkan.

Anda mungkin tertarik: Cantik Seutuhnya dengan 5 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Coba Manfaat Kayu Manis

Ampuh! Begini 6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Tak hanya nikmat dijadikan bumbu masakan, rempah yang satu ini memang punya khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah untuk mengatasi permasalahan komedo dan jerawat yang anda hadapi saat ini.

Meski bahan ini menjadi ramuan yang ampuh, sayangnya untuk mereka yang punya riwayat kulit sensitif bahan yang satu ini mungkin tidak dianjurkan. Adapun cara pembuatan ramuan dari kayu manis untuk menghilangkan komedo hitam diantaranya adalah dengan cara:

  • Siapkan kayu manis bubuk dalam sebuah wadah kita-kira sebanyak 1 sendok teh.
  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, silahkan campurkan bersama dengan 1 sendok teh jus lemon dan aduk dengan merata.
  • Bila sudah menjadi pasta maka anda bisa mengaplikasikannya pada wajah seperti masker.
  • Diamkan semalaman agar bahan ini meresap dengan sempurna. Pagi harinya silahkan cuci wajah seperti biasa sambil mandi.

Gunakan Kedelai

Ampuh! Begini 6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Anda dan kita semua mungkin sudah tidak asing jika kacang kedelai adalah salah satu bahan baku makanan yang punya manfaat baik untuk kesehatan. Namun sedikit yang tahu bahwa manfaat dari bahan ini pun cukup ampuh untuk kecantikan. Hal ini dikarenakan kacang kedelai punya kandungan vitamin A, B kompleks dan juga kandungan vitamin E yang tentunya baik untuk kulit.

Anda bisa memanfaatkan bahan ini untuk menghilangkan komedo hitam yang membandel. Bila digunakan secara rutin, kandungan magnesium, fosfor dan zat besi serta nutrisi lainnya akan membantu menjaga kualitas kulit anda.

  • Adapun cara pemanfaatan kacang kedelai untuk menghilangkan komedo hitam adalah dengan cara merendam bahan ini terlebih dahulu selama semalaman.
  • Lalu setelah itu, haluskan kedelai tanpa menggunakan air.
  • Oleskan pasta kedelai pada bagian wajah yang terkena dengan komedo.
  • Lalu diamkan selama 30 menit kemudian bersihkan wajah seperti biasa.

Manfaatkan Pepaya

Ampuh! Begini 6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai cemilan sehat yang dikenal punya khasiat yang baik untuk pencernaan. Manfaat dari pepaya bisa pula anda gunakan untuk menghilangkan komedo dan mengatasi permasalahan kulit yang serupa, termasuk dengan jerawat.

Kandungan vitamin A, C dan E yang ada pada pepaya berguna sebagai antioksidan yang juga mampu membantu menutrisi serta menjaga kadar air untuk menjaga kelembabannya.

  • Cara menggunakan pepaya adalah dengan menghaluskan daging pepaya tanpa air sampai menjadi pasta.
  • Cuci bersih wajah terlebih dahulu kemudian aplikasikan sebagai masker dengan merata.
  • Diamkan selama setengah jam agar bahan ini meresap ke dalamnya dengan merata.
  • Lalu bilas dengan air hangat dan bersihkan dengan cleanser wajah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya perawatan di atas perlu dilakukan secara rutin minimal 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Selain itu, pastikan anda pun senantiasa merawat wajah dengan baik. Hindari pula terlalu sering memencet komedo dengan tangan sebab ini akan membuat penyebaran bakteri pada wajah.

Terbaru: Lebih Percaya diri dengan 5 Cara Menghilangkan Bopeng

Leave a Reply