Sederhana! 6 Cara Bahagia Ini Buat Hidup Lebih Bermakna

6 Cara Bahagia Ini Buat Hidup Lebih Bermakna – Kebahagiaan itu kita sendiri yang ciptakan. Mari simak 6 cara bahagia yang buat hidup jadi lebih bermakna.

Kebahagiaan itu adalah pilihan dan kita sendiri yang ciptakan. Jadi jangan pernah berharap kebahagiaan pada orang lain, selain diri anda sendiri. Meski terkadang hidup tidak selalu sejalan dengan apa yang kita rencanakan dan kekecewaan seringkali menghampiri kita. Jangan pernah berlarut-larut pada ketidakselarasan antara keinginan dan harapan.

Anda tidak sendiri dan kesedihan yang anda alami saat ini tidak lebih buruk dari kemalangan yang dialami oleh banyak orang di dunia. Bila anda mau bangkit dari keterpurukan dan memulai dari awal, selalu ada cara menemukan kebahagiaan. Baca juga: Agar Tak Gampang Meledak, Begini 5 Cara Mengontrol Emosi Berlebihan

6 Cara Bahagia Ini Buat Hidup Lebih Bermakna

Dan rupanya bahagia, tidak harus melulu diciptakan dari hal-hal yang sulit dan mahal. Kebahagiaan nyatanya dapat terbentuk dari hal-hal sederhana. Seperti apa sih cara bahagia agar hidup lebih bermakna? Mari simak informasinya di bawah ini.

Mensyukuri Apa yang Saat Ini Kita Miliki

Sederhana! 6 Cara Bahagia Ini Buat Hidup Lebih Bermakna

Perasaan bersyukur atas segala yang kita miliki dan semua yang Tuhan berikan dalam kehidupan kita seringkali menjadi hal yang kita lupakan. Tanpa kita sadari, perasaan bersyukur menuntun kita pada kebahagiaan dan ketenangan menjalani hidup. Dengan bersyukur kita jadi lebih menghargai kehidupan dan senantiasa menikmati detik dari detik dalam kehidupan karena setiap saatnya berlimpah dengan berkah.

Banyak orang yang punya kekhawatiran yang berlebihan padahal sebagian besar dari apa yang mereka khawatirkan tidak pernah terjadi dalam hidupnya. Hal inilah yang lantas membuat hidup terasa tidak tenang. Ketakutan akan banyak hal kemudian mengkungkung diri anda.

  • Cobalah ambil waktu sebentar untuk membuat diri anda merasa tenang.
  • Buka mata anda dan lihat sekeliling betapa Tuhan menganugerahkan kehidupan untuk kita maknai setiap saatnya dengan sungguh-sungguh.
  • Bandingkan kehidupan kita dengan mereka yang tidak beruntung. Seberapa besar nikmat Tuhan yang berikan dalam hidup kita tentunya cukup membuat kita memanjatkan syukur kepada-Nya.

Berpikiran Positif

Sederhana! 6 Cara Bahagia Ini Buat Hidup Lebih Bermakna

Pernah mendengar peribahasa “Think Positive and Positive Things Will Happen“?, rupanya ini bukan hanya isapan jempol belaka. Karena dengan senantiasa menerapkan pikiran dan energi positif ke dalam diri kita maka hal-hal yang baik pun akan menghampiri kita sehingga membuat dunia kita menjadi lebih bahagia.

Ketika anda mampu mensinergikan perasaan positif pada diri anda maka hal ini akan mempengaruhi suasana disekeliling anda. Seperti alam mengetahui mana individu yang selalu berpikiran positif dan mana mereka yang punya kekhawatiran besar dengan energi negatif dalam dirinya. Maka dari itu, cobalah untuk selalu berpikiran positif pada hal-hal yang terjadi dalam hidup anda. Selain itu, yakinkan diri anda bahwa semua hal yang terjadi dalam kehidupan kita semuanya terjadi atas kehendak Tuhan.

  • Tanamkan pula keyakinan bahwa ketika kita berpikiran Tuhan itu baik maka kebaikan akan pula menghampiri diri kita.
  • Sebuah keburukan yang terjadi dalam hidup kita sebaiknya tidak diartikan sebagai kebencian dari Tuhan Sang Pencipta. Siapa tahu itu adalah ujian untuk membuat kita menjadi lebih kuat.

Jangan Biarkan Orang Lain Mempengaruhi Anda

Sederhana! 6 Cara Bahagia Ini Buat Hidup Lebih Bermakna

Di zaman digital seperti saat ini terkadang kehidupan seseorang terfokus pada penilaian dari orang lain. Apalagi kehadiran sosial media semakin memperburuk keadaan. Banyak orang beranggapan bahwa definisi bahagia adalah seberapa banyak pengakuan dari orang lain. Sehingga likes di sosial media kemudian menjadi penentu apakah yang anda lakukan menyenangkan orang lain atau tidak.

Percayalah terus menerus mengikuti kemauan orang lain tidak akan pernah membuat diri anda bahagia. Karena kebahagiaan itu kita sendiri yang ciptakan. Jadi jangan pernah membiarkan orang lain mempengaruhi diri anda.

  • Ciptakan bahagia versi diri anda sendiri. Lakukan hal-hal yang memang membuat anda merasa nyaman, tenang dan tentram. Selama itu tidak merugikan orang lain dan melukai orang sekitar anda maka sah-sah saja anda lakukan.
  • Jangan biarkan orang lain mendikte kehidupan kita. Bahagia untuk anda adalah apa yang menyenangkan diri anda. Jadi jangan pernah biarkan orang lain menentukan apa yang harus kita lakukan.
  • Baik buruk hal yang anda lakukan pasti akan mendapatkan komentar dari orang lain. Terus menerus membiarkan semuanya mempengaruhi anda hanya akan membuat gangguan mental semakin nyata. Jadi hempaskan semuanya dan mulailah fokus mencari bahagia versi anda.

Lakukan Hal yang Anda Sukai

Sederhana! 6 Cara Bahagia Ini Buat Hidup Lebih Bermakna

Kebahagiaan akan secara alami muncul ketika anda mampu menemukan hal-hal yang menyenangkan diri anda. Maka dari itu, alih-alih membuat kebahagiaan palsu hanya demi mendapatkan pengakuan dari orang lain akan lebih baik untuk ciptakan bahagia sesungguhnya untuk diri anda.

Ketika kita merasa bahagia maka kita akan cenderung menjadi lebih produktif dan hari-haripun akan terasa sangat ringan dilalui. Seseorang yang bahagia secara lahir dan batin pun akan cenderung mampu menularkannya pada orang-orang sekitar. Jadi sebelum membahagiakan orang lain, pastikan diri anda sendiri sudah bahagia.

  • Ambilah waktu khusus semisal di akhir pekan atau sengaja mengambil cuti dari pekerjaan anda saat ini untuk melakukan hobi anda.
  • Ada banyak kegiatan yang bisa menyenangkan diri, baik itu traveling, meditasi, kuliner dan masih banyak lagi.
  • Manfaatkan waktu ‘rehat’ ini sebaik-baiknya sehingga anda bisa mengembalikan semangat dalam diri anda yang menggebu-gebu.

Jangan Iri dengan Apa yang Orang Lain Miliki

Sederhana! 6 Cara Bahagia Ini Buat Hidup Lebih Bermakna

Bahagia dan fokus pada tujuan hidup anda akan membuat anda jauh merasa senang dan tenang. Sebaliknya, keserakahan dan merasa iri dengki dengan apa yang orang lain miliki tidak akan pernah membuat kita merasa puas dengan apa yang Tuhan anugerahkan dalam hidup.

Sepanjang hidup anda akan mengejar sesuatu yang bahkan tidak anda butuhkan hanya demi menyaingi atau mendapatkan apa yang orang lain dapatkan. Hal inilah yang pada akhirnya membuat anda semakin jauh dari rasa bahagia.

Sadari bahwa setiap orang punya tujuan dan prioritasnya tersendiri. Boleh jadi pilihan teman anda untuk mengejar karir adalah untuk bisa menyenangkan keluarga dan orang sekitarnya sampai ia menunda pernikahan. Bisa juga pencapaian yang didapatkan oleh tetangga anda yang terlihat hebat saat ini dilalui dengan kerja keras dan kepedihan yang mungkin tidak bisa kita bayangkan. Artikel menarik lainnya: Ini 4 Aturan dan Cara Konsumsi Saffron Untuk Kesehatan

Tidak Berlarut-Larut dalam Kesedihan

Sederhana! 6 Cara Bahagia Ini Buat Hidup Lebih Bermakna

Kekecewaan dan kesedihan adalah hal yang wajar terjadi dalam kehidupan karena kenyataan yang tidak selalu berjalan mulus dengan impian yang mungkin membuat anda merasa sedih dan merana. Namun bila kesedihan yang dialami terus menerus maka ini akan berimbas kurang baik.

Perlu diketahui bahwa kehidupan ini terus berjalan, anda yang saat ini dirundung kesedihan harus segera bangkit dan mulai kembali dari awal. Karena dunia tidak akan pernah menunggu mereka yang terluka.

Leave a Reply