5 Tradisi Lebaran Idul Fitri Paling Unik di Seluruh Dunia

Perayaan hari raya Idul Fitri adalah momen yang paling dinanti-nanti umat Muslim setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Orang Muslim kerap kali menyebut perayaan Idul Fitri sebagai hari kemenangan. Wajar saja, perjuangan panjang yang dilakukan selama satu bulan penuh pada saat menjalankan ibadah puasa. Kini dibayar lunas dengan celebrasi perayaan hari lebaran yang cukup semarak.

Jika sebelumnya kaum Muslim dihadapkan pada perjuangan yang gigih dalam menahan lapar. haus juga amarah dan hawa nafsu. Kini pada perayaan lebaran makanan dan minuman yang sengaja dipersiapkan untuk menyambut hari lebaran akan siap memuaskan anda.

Tak heran bila pada hari lebaran, momen bermaaaf-maafan selalu kental dengan hidangan makanan yang banyak dan semarak diatas meja.

Di Indonesia sendiri kita kenali tradisi Idul Fitri ini semarak dengan segala hidangan khas lebaran dan kue lebaran yang unik. Lantas bagaimana dengan beberapa negara yang juga ikut merayakan hari raya Idul Fitri? Apakah semarak perayaan yang dilakukan sama meriahnya dengan tradisi yang kita lakukan?

Berikut ini adalah 5 tradisi lebaran Idul Fitri yang paling unik di seluruh dunia.

5 Tradisi Lebaran Idul Fitri Paling Unik di Seluruh Dunia

Tradisi lebaran memang menjadi ciri khas tersendiri yang membuat momen yang satu ini semakin bermakna. Lalu bagaimana sebenarnya perayaan hari lebaran pada beberapa negara termasuk Indonesia dan negara lain di seluruh dunia? Mari kita simak beberapa informasi menariknya dibawah ini.

1. Arab Saudi

5-tradisi-idul-fitri-unik-di-dunia-1.jpg

Arab Saudi adalah negara Islam yang kental dengan segala budaya dan keramah tamahan masyarakatnya untuk saling merangkul dan berbaur bersama-sama. Termasuk dalam kegiatan merayakan hari raya lebaran atau Idul Fitri. Anda dan kita semua mungkin ikut penasaran bagaimana sih perayaan lebaran di negara Islam yang satu ini?

Nah, jika biasanya tradisi lebaran selalu khas dengan hidangan makanan yang beragam dan minuman yang disajikan dengan beraneka macam. Lainnya halnya dengan Riyadh, Arab Saudi. Di negara ini bukannya makanan dan minuman yang menjadi fokus utama dalam merayakan hari raya kemenangan.

Namun lebih kepada pentas kesenian dan musik yang mengalun menghiasi hari kemenangan umat Muslim ini. Pada momen perayaan lebaran di Riyadh anda akan dengan mudah menjumpai pertunjukan musik, mulai dari teater, pembacaan puisi bahkan sebuah parade yang menghiasi jalan.

Bak selebrasi perayaan sepak bola dunia, meriah dan ramainya pesta ini akan semakin semarak ketika teriakan masyarakat menghiasi parade ini.

2. China

5-tradisi-idul-fitri-unik-di-dunia-2.jpg

China dikenal dengan negara dengan mayoritas penduduk beragam agama. Akan tetapi, masyarakat yang menganut agama Islam masih menjadi minoritas di negara Tirai Bambu ini. Pesta perayaan Idul Fitri mungkin tidak sesemarak di negara-negara Islam besar seperti di Saudi Arabia. Akan tetapi demikian, kita tentu penasaran seperti apa perayaan unik umat Islam dalam menyambut hari kemenangan di negara minoritas penganut Islam ini?

Di China ada sebuah tradisi unik yang mirip dengan tradisi masyarakat Indonesia pada saat menyambut hari lebaran, yakni dengan mengunjungi makam leluhur. Bahkan tradisi tersebut dilakukan secara khusus untuk menghormati ratusan ribu umat muslim yang tewas selama Dinasti Qing.

Pada saat hari Lebaran, para pria akan mengenai jas khas dan kopiah berwarna putih. Sementara para wanitanya akan mengenakan baju hangat dengan kepala yang setengah tertutupi dengan hijab. Barulah tradisi mengunjungi makam leluhur akan dilakukan.

3. Australia

5-tradisi-idul-fitri-unik-di-dunia-3.jpg

Perayaan lebaran selanjutnya yang akan kita bahas lebih dalam datang dari Negeri Kanguru, Australis. Negara tetangga yang tak jauh dari Indonesia ini sama semaraknya ketika menyambut hari Lebaran tiba. Hal ini dilakukan demi merayakan hari kemenangan setelah perjuangan yang tanggung yang dilakukan sebulan belakangan ini.

Banyak warna negara Indonesia yang tinggal di Australia tidak pernah merasakan terlalu merindukan rumah saat merayakan lebaran di Australia. Meskipun bukanlah negara Muslim, akan tetapi pemerintah Australia menetapkan hari libur saat lebaran.

Bukan hanya itu, bahkan pemerintah Australia mengizinkan masyarakat Muslim penganut agama Islam untuk dapat menggunakan jalan umum guna menjalankan ibadah Shalat Ied bersama-sama. Kebijakan seperti inilah yang memberikan kesempatan untuk masyarakat Muslim di Australia seperti dirangkul dan diterima dengan baik.

Bahkan tak jarang ada beberapa keluarga Muslim yang menyengaja membuka tradisi Open House untuk sesama penganut Muslim agar bisa saling berbagi. Hal inipun akan menambah suka cita hari Lebaran di Australia.

4. Turki

5-tradisi-idul-fitri-unik-di-dunia-4.jpg

Turki adalah negara Islam modern yang saat ini diakui dunia sebagai negara maju dengan segala perkembangan jaman dan pembangunan pesat di negara ini. Salah satu hal unik yang tidak pernah absen dari negara beribukota Istanbul ini adalah festival gula atau  seker bayram. Seker Baryam sendiri merupakan sebutan lain untuk menyebut hari Raya Idul Fitri disana.

Pada saat itu, orang-orang Turki akan mengantarkan manisan ke tetangga-tetangga dekat mereka sambil melakukan sungkeman. Tradisi sungkeman sendiri mirip dengan tradisi silaturahmi yang dilakukan di Indonesia. Bedanya, mereka selalu membawa keranjang untuk dihantarkan pada tuan rumah. Sementara di Indonesia sendiri tuan rumahlah yang akan menjamu tamu yang datang.

Di Turki sendiri tradisi seperti ini amat disenangi oleh anak-anak. Karena pada saat ini orangtua mereka akan mengizinkan mereka makan makanan manis sesuka hati mereka. Namun demikian, makanan pelengkap lain pun selalu hadir menghiasi meja makan dengan hidangan makanan mewah yang mereka sajikan.

5. India

5-tradisi-idul-fitri-unik-di-dunia-5.jpg

Masyarakat India yang sebagian besar penganut agama Islam tentu tidak melewatkan tradisi perayaan lebaran begitu saja. Biasanya masyarakat India pada saat merayakan hari raya Lebaran akan mengunjungi kota Delhi. Ibu kota India ini dianggap menjadi pusat perayaan lebaran yang semarak. Sehingga sebagian orang memilih untuk merayakan hari lebaran bersama-sama dengan orang-orang lainnya.

Adapun hidangan makanan yang tidak pernah terlewatkan dari perayaan yang satu ini adalah siwaiyaan. Yakni bihun kering manis yang disantap dengan susu. Masyarakat India sendiri menyenangi makanan ini dan tak lupa untuk berbagi makanan ini dengan sanak saudaranya.

Selain merayakan Shalat Ied bersama-sama, tradisi makan berkumpul dan bersilaturahmi pun selalu kental di India. Bahkan pada saat ini tak segan aneka hidangan makanan akan disajikan untuk menyambut sanak sodara dan tamu yang hadir.

 Para lelaki dan ayah umumnya akan memilih baju putih dengan kopiah yang sama untuk menyambut hari lebaran. Sementara para istri memilih pakaian terbaik mereka untuk menyambut hari suci ini. Perayaan ini memang selalu semarak di India, tak heran turis asing pun seringkali kagum dengan perayaan yang satu ini.

Demikianlah beberapa informasi 5 perayaan hari lebaran Idul Fitri yang paling unik di seluruh dunia. Bagaimana menarik bukan? Jangan lupa bagikan artikel ini dengan klik tombol share berikut ini.

Leave a Reply