5 Tips dan Cara Menulis Puisi Bagi Pemula

5 Tips dan Cara Menulis Puisi Bagi Pemula – Puisi adalah karya sastra yang indah yang digemari banyak orang. Meski sekilas pembuatan sebuah puisi terlihat gampang namun dalam prosesnya tidak semudah yang dibayangkan. Terutama bagi pemula yang ingin membuat karya sastra yang satu ini. Mari simak tips dan cara menulis puisi bagi pemula.

Sekali dalam seumur hidup, anda mungkin pernah berkenalan dengan yang namanya puisi. Salah satu karya sastra yang khas dengan bahasa yang indah dan romantis. Penggunaan majas dan diksi dalam puisi membuat sebagian orang tertarik memperdalam ilmu puisi.

Puisi adalah salah satu media yang seringkali digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan. Isi dari pesan tersebut bisa berupa ungkapan atau sebuah pesan yang ingin disampaikan kepada seseorang atau khalayak. Baca juga: 5 Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula yang Menarik

5 Tips dan Cara Menulis Puisi Bagi Pemula

Nah, anda yang tertarik ingin membuat sebuah puisi tentunya mempelajari dan memperdalam ilmu puisi menjadi hal penting yang harus dilakukan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, dalam prosesnya pembuatan puisi punya aturan tertentu. Diantaranya adalah jumlah baris, rima dan bahkan makna di dalam puisi agar kata-kata yang terdapat dalam dalam tersampaikan dengan baik. Di bawah ini mari kita simak cara menulis puisi bagi pemula.

Perkaya Referensi dengan Membaca

5 Tips dan Cara Menulis Puisi Bagi Pemula

Cara menulis puisi pertama yang harus diperhatikan dengan baik adalah dengan membaca banyak buku sastra berbentuk puisi. Hal ini akan dapat memperkaya referensi sehingga akan pula sekaligus menambah inspirasi anda dalam pembuatan puisi.

Apalagi untuk pemula biasanya, referensi menjadi hal penting yang akan menjadi kiblat atau parameter pembuatan puisi dalam gaya tertentu. Agar hasil karya puisi yang dibuat bisa menghasilkan karya yang bagus dan berkualitas tentunya, bahan karya puisi yang menjadi kiblat anda pun perlu berkualitas. Adapun selain membaca banyak karya sastra dalam bentuk puisi, anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mencari inspirasi:

  • Memejamkan mata sebab ketika anda memejamkan mata biasanya anda menjadi lebih fokus sehingga pikiran anda menjadi lebih terbuka dan inspirasi pun cenderung mudah didapatkan.
  • Berjalan ke taman, tempat seperti taman adalah sumber keramaian dan juga tempat dimana banyak objek bisa anda temukan sehingga diharapkan membuat anda semakin mudah menemukan inspirasi.
  • Menikmati pemandangan bisa pula menjadi salah satu cara untuk menemukan inspirasi. Karena inspirasi bisa hadir dari hal-hal yang anda temukan di depan mata.

Tentukan Tema

5 Tips dan Cara Menulis Puisi Bagi Pemula

Sama halnya seperti pembuatan karya sastra lainnya, dalam pembuatan puisi menentukan tema menjadi hal penting yang tidak boleh anda lewatkan. Tema adalah sebuah gagasan atau ide pokok yang akan menjadi konsep utama dalam pembuatan puisi. Dalam menentukan tema, sebaiknya carilah sesuatu yang memang bisa anda kuasai sehingga nantinya lebih mudah bagi anda mengembangkannya menjadi karya puisi yang manis dan menarik.

Carilah tema yang menarik, seperti contohnya adalah tema tentang perasaan cinta yang mendalam kepada seseorang. Selain itu, upayakan buat tema yang lebih spesifik sehingga pembuatan bait dalam puisi yang anda buat tetap berada dalam jalur yang sesuai dengan tema yang anda pilih. Selanjutnya, nanti anda akan bisa mengeksplorasi kata kunci yang berhubungan dengan tema yang anda buat.

  • Contohnya seperti ini, tema yang anda pilih adalah cinta sejati maka pastikan anda mengeksplor bahasa cinta dalam puisi yang dibuat.
  • Penggunaan majas atau metafora dalam kata-kata puisi akan dapat menambah unsur dramatis dalam karya yang anda buat.
  • Pembuatan puisi tidak perlu terlalu panjang, ketika anda merasa kata-kata yang anda tuangkan dalam puisi dirasa sudah pas maka beberapa bait saja cukup.

Artikel menarik: Selamatkan Bumi, Ketahui 6 Cara Mengurangi Sampah Plastik

Memilih Gaya Bahasa

5 Tips dan Cara Menulis Puisi Bagi Pemula

Cara menulis puisi lainnya yang perlu diperhatikan adalah gaya bahasa. Penggunaan gaya bahasa yang menarik akan tentu mendukung sebuah karya puisi yang juga menarik sehingga orang tak hanya kagum dengan permainan kata yang anda gunakan. Namun pastikan sesuai sehingga maknanya bisa tersampaikan.

Dalam pembuatan puisi ada berbagai macam majas yang bisa anda gunakan. Diantaranya adalah majas perbandingan, majas metafora ataupun majas personifikasi. Di bawah ini adalah beberapa macam majas dan artinya.

  • Majas Perbandingan adalah gaya bahasa yang digunakan untuk membandingkan sebuah objek dengan objek lainnya melalui proses pelebihan, penyamaan ataupun penggantian. Dalam majas perbandingan ini anda akan menjumpai beberapa subjenisnya seperti majas personifikasi, metafora, asosiasi, hiperbola dan masih banyak lagi.
  • Majas Pertentangan. Majas ini adalah gaya bahasa yang digunakan dengan kata-kata kias yang bertentangan dengan maksud asli yang si penulis coba curahkan dalam kalimat tersebut. Contohnya adalah, selamat datang di gubuk kami. Gubuk ini dalam artian sebagai rumah.
  • Majas Penegasan. Gaya bahasa ini bertujuan untuk meningkatkan pengaruh kepada si pembaca agar menyetujui sebah kejadian ataupun ujaran yang disampaikan si penulis. Contohnya seperti: Ia masuk ke dalam ruangan dengan wajah yang sumringah.

Perhatikan Penggunaan Diksi dan Rima

5 Tips dan Cara Menulis Puisi Bagi Pemula

Cara menulis puisi selanjutnya adalah dengan memperhatikan penggunaan diksi dan rima. Diksi adalah pemilihan kata yang menjadi kunci di dalam cara pembuatan puisi. Puisi yang bagus tentu terdiri dari pemilihan kata yang sederhan namun memiliki makna yang dalam.

Anda pun bisa menggunakan diksi dengan kata yang jarang didengar dalam dialog sehari-hari. Namun demikian, tidak pula menutup kemungkinan jika diksi yang digunakan bisa diambil dari kata-kata yang sering diucapkan sehari-hari.

Selain diksi, memperhatikan rima pun menjadi hal yang penting untuk mendukung pembuatan puisi yang bagus. Rima adalah bunyi akhiran yang beratuan. Contohnya adalah puisi dengan rima a-b-a-b tentu akan terdengar lebih indah. Penggunaan rima diperlukan untuk membuat puisi yang lebih tertata. Terbaru dari kami: 5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula

Mulailah Menulis

5 Tips dan Cara Menulis Puisi Bagi Pemula

Setelah anda memahami cara menulis puisi di atas kini tiba saatnya untuk mulai membuat karya anda sendiri. Karena tentunya, segala ilmu yang hebat dan handal akan sia-sia saja bila anda tidak bisa mempraktekannya dan menghasilkan karya untuk diri anda sendiri. Dalam pembuatan puisi anda bisa memulainya dengan cara:

  • Cobalah menyiapkan kertas oret-oret sebagai kerangka puisi sebelum anda benar-benar membuat karya puisi anda yang utuh.
  • Kembangkan tulisan anda menjadi larik-larik puisi menjadi seperti yang telah dijelaskan di atas.
  • Setelah anda yakin tulisan anda cukup bisa dinikmati maka beralihlah pada buku atau catatan yang menarik.
  • Tuangkan tulisan anda di sana kemudian jangan sungkan meminta saran dan masukan dari orang lain.

Nah, itulah dia 5 tips dan cara menulis puisi bagi pemula. Sekilas anda mungkin berpikiran bahwa pembuatan sebuah puisi nampak mudah dan gampang. Namun pada kenyataannya, proses ini bisa menjadi kegiatan yang panjang dan cukup rumit. Maka dari itu, memahami tips dan cara di atas diharapkan mampu membantu anda menghasilkan karya puisi yang menarik untuk dibaca.

Simak pula: 5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah dan Pikiran yang Kacau

Leave a Reply