5 Tips dan Cara Menghemat Uang yang Cerdas

5 Tips dan Cara Menghemat Uang yang Cerdas – Belajar manajemen keuangan sejak dini adalah hal penting yang harus diterapkan. Sebab ini akan menjadi investasi masa depan. Mari simak tips dan cara menghemat uang yang cerdas ala seorang perencana keuangan.

Sebuah survey yang dilakukan oleh careerbuilder belakangan ini melakukan sebuah survey terhadap ribuan pengusaha san pekerja industri mengenai masalah keuangan mereka. Dari survey tersebut ditunjukkan data sebanyak 78 persen masyarakat hidup dengan mengandalkan gaji mereka dari bulan ke bulan. Upah stagnan dan kenaikan biaya gaya hidup seringkali membuat mereka kesulitan untuk menyimpan sebagian untuk menabung.

Sementara itu, menabung adalah hal penting yang seharusnya perlu dilakukan oleh setiap individu. Sebab selain menjadi investasi masa depan yang penting, hal ini pun dilakukan untuk menjadi rencana keuangan cadangan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Baca juga: 5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah dan Pikiran yang Kacau

5 Tips dan Cara Menghemat Uang yang Cerdas

Nah, untuk bisa mewujudkan impian menabung tentunya anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara menghemat uang yang cerdas. Di bawah ini adalah beberapa tips dan cara menghemat uang ala seorang perencana keuangan.

Berlatih Menunda Pembelian

5 Tips dan Cara Menghemat Uang yang Cerdas

Disadari atau tidak, di zaman seperti sekarang sangat sulit untuk bisa menyisihkan uang sebab adanya pergeseran gaya hidup yang mengarahkan seseorang menjadi sangat konsumtif. Diperlukan tekad yang kuat untuk bisa mewujudkan pola hidup hemat dan menabung sebagian pendapatan.

Nah, salah satu cara menghemat uang pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mulai memberlakukan metode menunda pembelian. Terutama anda yang seringkali boros dan mudah tergoda dengan hal-hal yang sebenarnya tidak benar-benar anda perlukan. Cobalah beberapa cara berlatih menunda pembelian dengan cara di bawah ini.

  • Cara pertama cobalah untuk berlatih diri menahan diri agar tidak membeli sesuatu dan berikan jangka tertentu pada percobaan ini kemudian naikan durasinya. Contohnya, cobalah untuk bertahan seminggu tidak membeli sesuatu selain daripada hal-hal yang sangat anda butuhkan yang sifatnya krusial. Kemudian bila anda berhasil, naikan menjadi satu bulan dan seterusnya.
  • Bila anda adalah seseorang yang boros dan tidak dapat menahan diri maka cobalah mengambil beberapa hari lebih lama sebelum anda membeli. Manfaatkan waktu tersebut untuk menimang dan berpikir apakah hal tersebut benar-benar anda butuhkan atau tidak.
  • Tunggulah beberapa lama sebab biasanya barang yang diinginkan akan cenderung turun harga. Hal ini dikarenakan barang yang bukan lagi model baru biasanya harganya akan turun dibandingkan pada saat pertama kali datang.
  • Menunggu momen-momen diskon seperti pada hari spesial atau menunggu waktu promo lainnya.
  • Puaslah dengan apa yang anda miliki dan hindari keinginan untuk menghabiskan uang pada hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu anda butuhkan.

Sadari Bagian Mana yang Membuat Anda Menghabiskan Banyak Budget

5 Tips dan Cara Menghemat Uang yang Cerdas

Cara menghemat uang selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mengevaluasi bagian mana yang membuat anda banyak menghabiskan sebagian besar keuangan anda. Biasanya salah satu penyebab seseorang overspending adalah kemudahan yang mereka miliki. Salah satunya adalah fasilitas kartu kredit yang begitu mudah digunakan namun dampaknya membuat orang gampang terjerat utang.

Keberadaan kartu kredit cenderung membuat seseorang tidak berpikir panjang dalam mendapatkan apa yang mereka inginkan. Barulah di bulan selanjutnya tagihan yang menumpuk membuat mereka kelabakan. Oleh karenanya salah satu cara menghemat uang yang perlu diperhatikan adalah membatasi diri anda pada kemudahan yang dimiliki.

  • Bila anda merasa menggunakan kartu kredit menjadi salah satu pendorong anda untuk menghabiskan banyak uang setiap saat. Maka cari cara sehingga anda tidak lagi tergiur menggunakannya. Salah satunya adalah menghentikan penggunaannya.
  • Atau mungkin simpan kartu kredit di rumah dan menghindarinya membawa kemana-mana.
  • Simpan di tempat yang sulit dijangkau seperti lemari anda atau di tempat mana saja yang membuat anda malas mengambilnya. Sehingga ini akan menghindarkan anda dari ovespending.

Baca artikel lainnya: 5 Tips dan Cara Menulis Puisi Bagi Pemula

Buat Pos Keuangan Secara Rinci

5 Tips dan Cara Menghemat Uang yang Cerdas

Terkadang salah satu hal yang membuat pendapatan habis tak jelas adalah karena godaan untuk mendapatkan apa yang anda inginkan bukan apa yang anda butuhkan. Hal ini sering terjadi akibat dari tidak adanya pos keuangan secara jelas. Terlebih lagi anda yang hobi sekali jalan-jalan ke mall atau nongkrong bersama dengan teman-teman. Percayalah, tanpa disadari hal ini seringkali membuat anda kecolongan menghabiskan banyak uang.

Untuk itu, mulai saat ini alangkah lebih baik buat perencanaan keuangan anda dengan sangat matang. Sebelum menjelang gajihan, tuliskan dengan rinci pos keuangan anda secara jelas. Termasuk hal-hal kecil seperti membayar parkir atau mungkin rincian budget makan harian anda. Di bawah ini adalah beberapa cara yang membuat pos keuangan yang bisa dilakukan.

  • Buat dalam kertas atau media yang bisa anda bawa kemana saja seperti catatan dalam ponsel anda.
  • Rincikan dengan jelas semua kebutuhan anda dari mulai tanggal 1 sampai dengan akhir bulan.
  • Jangan sepelekan rincian kecil seperti bayar parkir, bayar tol dan masih banyak lagi.
  • Utamakan apa yang menjadi kebutuhan anda, nanti sisanya baru tuliskan apa saja yang anda inginkan. Kemudian cocokkan dengan kemampuan keuangan anda.
  • Sebelum anda berbelanja sebaiknya lihat terlebih dahulu rincian keuangan ini apakah masuk dengan budget atau tidak.

Buatlah Rekening Bank Secara Terpisah

5 Tips dan Cara Menghemat Uang yang Cerdas

Menggunakan rekening bank secara terpisah untuk digunakan dalam mengelola keuangan akan membantu mengontrol pengeluaran anda tiap bulannya. Ketika budget keuangan dalam satu rekening sudah mulai menipis maka secara otomatis ini akan menjadi alarm bagi anda untuk mulai membatasi pengeluaran anda pada rekening terkait.

Hal ini penting dilakukan terutama memisahkan antara rekening pengeluaran untuk digunakan sehari-hari dan rekening yang dibuat khusus untuk tabungan. Dan berusahalah untuk tetap berkomitmen dengan diri anda bahwa apapun yang terjadi jangan sampai anda mengorbankan tabungan anda, terutama untuk hal yang tidak penting.

Temukan Cara yang Lebih Terjangkau

5 Tips dan Cara Menghemat Uang yang Cerdas

Terus menerus menuruti apa yang anda inginkan tentu tidak akan pernah ada habisnya. Sementara itu, pendapatan yang stagnan akan tentu membuat semua keinginan anda mengancam masalah keuangan. Jadi jangan sampai, gaya hidup anda menghancurkan semua rencana masa depan yang sudah anda tata.

Nah, cara menghemat uang kali ini adalah dengan mengalihkan apa yang anda inginkan pada hal-hal yang lebih terjangkau. Dengan begini anda masih bisa mendapatkan sesuatu yang diinginkan tanpa memangkas jumlah yang banyak dari keuangan anda. Nah, di bawah ini adalah beberapa contohnya.

  • Misalkan alih-alih membeli tas bermerk dengan harga yang tidak masuk akal. Akan lebih baik bila anda membeli tas dengan model yang sama namun dengan harga yang lebih terjangkau.
  • Pertimbangkan untuk membeli sesuatu pada saat musim diskon sehingga anda bisa mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga yang lebih rendah.
  • Bila anda seringkali menghabiskan banyak uang dengan hanya menenggak minuman di restoran. Akan lebih baik minum di rumah yang mana tentunya ini tidak akan menghabiskan dana yang anda miliki.

Anda mungkin tertarik membaca: Selamatkan Bumi, Ketahui 6 Cara Mengurangi Sampah Plastik

Leave a Reply