5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula

5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula – Siapa bilang hobi menjahit itu kuno atau kurang kekinian? Justru mengembangkan hobi menjadi sesuatu yang mendatangkan pundi rupiah adalah hal yang akan menguntungkan. Di bawah ini adalah tips belajar cara menjahit bagi pemula.

Menjahit adalah sebuah hobi yang selama ini hanya diidentikan dengan kaum manula atau perempuan saja. Tak ayal, hal ini menjadikan kemampuan menjahit kurang dilirik sebagian besar anak muda sebab dianggap sebagai sebuah hobi yang kuno. Padahal tidaklah demikian, apalagi saat ini ada banyak perancang busana dari kaum muda yang punya kemampuan jahit yang luar biasa sehingga mampu melahirkan banyak karya yang mencengangkan.

Nah, jadi demikian anda yang ingin belajar cara menjahit pakaian atau busana apa saja tak perlu merasa minder karena semua profesi itu mulia, termasuk dengan menjahit. Bahkan dari menekuni hobi menjahit siapa tahu bisa menjadi sumber kehidupan dan membuat anda bisa mengembangkannya menjadi sesuatu yang besar. Bacajuga: 6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula

5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula

Anda yang ingin belajar cara menjahit tak perlu khawatir di bawah ini kami berikan terlebih dahulu tips dan hal-hal yang perlu dilakukan bagi anda yang ingin tahu cara menjahit bagi pemula. Seperti apa saja sih? Mari simak informasinya di bawah ini.

Tumbuhkan Niat

5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula

Hal pertama yang penting dimiliki untuk anda yang ingin menekuni sesuatu atau sebuah pekerjaan adalah dengan memastikan bahwa niat yang anda miliki cukup besar. Hal ini penting menjadi motivasi untuk mendorong anda agar tidak mudah menyerah karena tentunya tahapan awal dari belajar tidak akan semudah yang dibayangkan. Ketika kita sudah punya niat dan tekad yang bulat untuk belajar dan berusaha lebih keras maka kemungkinan semuanya akan berjalan dengan lebih mudah.

Selain itu, tanamkan dalam diri anda bahwa tidak ada hal yang bisa menghentikan anda termasuk dengan rasa malas. Karena musuh terbesar dari sebuah perjuangan adalah rasa malas yang ada di dalam diri. Untuknya, penting sekali menumbuhkan niat di dalam diri anda dengan menerapkan beberapa hal di bawah ini.

  • Pastikan jika anda melakukannya tanpa paksaan atau tekanan dari orang lain. Melainkan belajar cara menjahit haruslah murni datang dari dalam diri anda sehingga anda tidak punya beban untuk melakukannya.
  • Berkomitmen dengan diri anda bahwa anda mau belajar dan mau berusaha. Sehingga hambatan termasuk rasa malas pun tidak akan menghentikan anda.
  • Fokuslah pada apa yang menjadi tujuan anda. Cara belajar menjahit memang membutuhkan fokus dan konsentrasi untuk itu pastikan anda senantiasa fokus menekuninya.

Kumpulkan Alat dan Bahan Untuk Menjahit

5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula

Tentunya untuk bisa menguasai tehnik menjahit anda perlu mesin jahit dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan, termasuk jarum, benang dan kain. Pastikan anda mempersiapkan semua peralatan ini dengan baik. Namun bila anda belum punya mesin jahit belajar cara menjahit dengan cara kursus ke tempat kursus menjahit bisa menjadi pilihan.

Biasanya di tempat kursus semua perlengkapan dan fasilitas penunjang ini sudah disediakan. Anda hanya perlu mengasah kemampuan anda dengan baik sehingga kemampuan anda semakin lancar. Adapun beberapa peralatan yang biasanya diperlukan jika anda belajar menjahit secara mandiri di rumah diantaranya adalah:

  • Benang
  • Karbon
  • Pensil kain atau kapur untuk membuat pola
  • Mesin jahit
  • Jarum penting
  • Pita ukur atau meteran jahit
  • Kain dan rader.

Belajar Tehnik Menjahit Lurus

5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula

Cara menjahit untuk pemula selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah dengan memulai tehnik dasar menjahit. Tentunya dalam proses belajar segala sesuatu perlu dilakukan secara bertahap, termasuk dengan kegiatan yang satu ini. Sebelum anda dapat menjahit baju dan menciptakan karya yang hebat, cara menjahit bagi pemula diawali dengan tehnik jahit yang sederhana.

Yakni diantaranya adalah belajar menjahit dengan lurus sebab sebagian orang apalagi mereka yang tidak pernah sama sekali memegang mesin jahit sebelumnya akan cenderung kesulitan untuk bisa menjahit dengan lurus dan rapi. Untuknya penting mempelajari tehnik ini dengan baik dan bila perlu minta bantuan instruktur agar anda punya trik yang memudahkan anda menjahit dengan lurus.

  • Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini.
  • Gunakan kertas atau media lain seperti kain flanel yang akan memudahkan anda untuk belajar mengaplikasikan jahitan dengan lurus.
  • Mulailah dengan membuat garis lurus dan lakukan secara berulang sampai anda benar-benar mampu menguasai tehnik yang satu ini.
  • Baru ketika jahitan anda sudah terlihat rapi atau lebih baik maka silahkan mulai mengaplikasikannya pada kain sungguhan.

Artikel menarik lainnya: 4 Menit Tutorial Cara Membuat Origami Burung Merpati

Belajar Tehnik Menjahit Secara Melingkar

5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula

Tak hanya tehnik jahitan lurus saja yang perlu anda pelajari dengan baik sebelum benar-benar mengaplikasikan cara menjahit pada kain sungguhan. Akan tetapi, tekhnik jahitan melingkar pun menjadi salah satu tehnik yang akan dibutuhkan untuk bisa menjadi seorang penjahit yang profesional.

Tekhnik jahitan melingkar dan meliuk biasanya digunakan untuk menjahit bagian leher atau membentuk hiasan yang disematkan pada pakaian. Adapun beberapa tehnik ini bisa dipelajari dengan beberapa hal di bawah ini.

  • Pada tahap percobaan sebaiknya gunakan media lain seperti kertas atau kain perca untuk menguji seberapa baik kemampuan anda dalam membentuk tehnik jahitan yang satu ini.
  • Lakukan secara berulang sampai anda mendapati tehnik ini teruji dengan baik. Penggunaan kertas atau kain perca akan tentu lebih hemat biaya daripada anda menggunakan kain sungguhan untuk bahan busana atau pakaian.
  • Baru kemudian anda akan dapat mengaplikasikannya pada kain dan uji coba membuat pakaian.

Mulai Menjahit Hal-Hal Sederhana

5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula

Kunci untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal adalah dengan terus berlatih dan belajar, termasuk dengan belajar cara menjahit. Agar anda bisa menghasilkan jahitan yang semakin handal maka latihan menjahit menjadi hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik.

Mulailah belajar menjahit pada media yang sudah jadi dan mengkreasikannya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat atau bisa digunakan. Seperti misalkan mengkreasikan sarung bantal dari baju yang sudah tidak terpakai. Atau mungkin membuat tas gendong dari celana yang sudah tak lagi anda gunakan. Di bawah ini adalah beberapa inspirasi jahitan untuk pemula dengan memanfaatkan media yang sudah anda.

  • Membuat sarung guling dari taplak meja yang sudah tidak digunakan.
  • Membuat selimut dari kain sisa atau kain perca
  • Membuat gantungan kunci dari kain perca
  • Membuat tempat pensil

Itulah dia beberapa tips belajar cara menjahit bagi pemula. Pada dasarnya hal terpenting dalam proses belajar adalah jangan mudah putus asa sebab di awal semuanya tidak akan mudah. Namun dengan semangat dan tekad apa yang anda usahakan tidak akan pernah mengecewakan hasilnya. Luangkan pula waktu anda agar proses belajar menjahit bisa terus dilakukan.

Terbaru dari kami: Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel Hanya 5 Menit

Leave a Reply