5 Tekhnologi Canggih yang Ternyata Telah Dikembangkan Sejak Awal Perang Dunia

Bukan hanya meninggalkan derita dan nestapa. Perang dunia pun mewariskan sederetan tekhnologi canggih yang kita gunakan sekarang. Sederetan tekhnologi mutakhir yang kita nikmati saat ini rupanya telah lahir sejak awal perang dunia yang mana pada saat itu tekhnologi yang kita gunakan saat ini tentunya belum secanggih dan semutakhir saat ini.

Tekhnologi yang digunakan dalam perang, memang terus menerus berevolasi seiring dengan berbagai masa peperangan yang dilalui oleh umat manusia. Khususnya pada saat perang dunia I dan perang dunia II. Yang mana saat ini sekaligus menjadi periode peperangan yang paling kelam sepanjang sejarah perang yang pernah dilalui umat manusia di seluruh dunia.

Bahkan dampak ini sampai meninggalkan luka dan trauma yang mendalam untuk mereka yang ikut mengalami kejam dan gaduhnya senjata perang yang digunakan. Akan tetapi, rupanya selain menyisakan tangis dan kepedihan yang mendalam.

Pada masa-masa tersebut ditemukan pula berbagai tekhnologi terobosan yang kelak menjadi cikal bakal penemuan canggih yang tentunya menjadi tekhnologi terobosan yang memiliki daya guna yang begitu besar.

Tak ayal beberapa tekhnologi yang satu ini pun disebut-sebut memberikan kontribusi kedalam kehidupan kita saat ini. Lantas seperti apa saja penemuan canggih manusia terhadap tekhnologi yang telah sejak awal perang dunia dikembangkan sehingga menjadi tekhnologi canggih yang bisa kita nikmati saat ini? Mari kita simak informasi menariknya dibawah ini.

Drone

Salah satu tekhnologi canggih yang menjadi trend besar era ini adalah drone. Kamera yang memungkinkan penciptaan dari tekhnolgi canggih ini memungkinkan kamera akan dapat dipasang pada sebuah alat sehingga dapat dioperasikan dengan cara diterbangkan. Namun siapa sangka bahwa kamera canggih yang kita nikmati saat ini sebenarnya telah dikembangkan sejak awal perang dunia.

Konsep drone sudah mulai dikembangkan pada tahun 1916. Oleh Angkatan Laut Amerika yang mengembangkan prototipe pesawat bom niwhak. Akan tetapi pada saat itu usaha mereka belum terlalu membuahkan hasil yang sempurna. Meski demikian, tanda-tanda kesuksesan dari tekhnologi canggih yang satu ini memang sudah nampak pada saat pertama dikembangkan.

Namun barulah pada tahun 1973, seorang penggemar berat pesawat bernama John Stuart Foster merancang kembali tekhnologi yang satu ini menjadi versi yang lebih baik.

Rupanya rancangan karya Foster ini mendapatkan sambutan baik dan disukai oleh DARPA (Defense Advanced Research Project Agency). Dari sini kemudian tekhnologi berbasis pesawat terbang canggih ini terus berkembang. Dan jadilah drone mewah yang banyak diminati seperti saat ini.

Oven Microwave

Anda tentu tidak lagi asing dengan peralatan memasak yang satu ini bukan? Terutama untuk kaum perempuan yang seringkali menghabiskan waktu di dapur dan mengolah makanan. Oven microwave adalah salah satu tekhnologi canggih yang memungkinkan anda untuk dapat memasak atau memanaskan makanan.

Keberadaan tekhnologi canggih yang satu ini memang memberikan manfaat yang cukup besar dalam kehidupan berumah tangga. Makanan bisa terjadi panas dengan lebih mudah tanpa perlu menanak, memasak, atau mungkin memanggang.

Cukup dengan memasukan makanan kedalam oven microwave, set berapa lama ingin dipanaskan dan tentukan suhu yang diinginkan. Maka dalam beberapa saat makanan yang anda buat akan dapat panas dan matang dengan lebih mudah.

Namun siapa sangka bahwa tekhnologi canggih yang satu ini rupanya memang telah dikembangkan jauh pada saat perang dunia berawal. Peralatan canggih nan praktis ini rupanya berawal pada saat Perang Dunia II.

Adalah Percy Spencer sang penemu dan perekayasa peralatan memasak yang satu ini. Sebelum menemukan tekhnologi yang satu ini ia tengah mengerjakan seperangkat radio yang menghasilkan radiasi elektromagnetik yang intens. Namun pada saat dilakukan pengujian, sebatang coklat yang ia miliki disakunya meleleh dengan tanpa sengaja.

Dari sinilah awal penemuan tekhnologi pemanas makanan ini berawal. Dan siapa mengira bahwa keberadaan tekhnologi yang satu ini memiliki manfaat yang besar dalam membantu kehidpan manusia.

Virtual Reality

Jauh sebelum tekhnologi Virtuial Reality menjadi secanggih saat ini. DARPA sudah memulai mengembangkan tekhnologi yang serupa. Dimana hal ini akan dapat memungkinkan para prajurit untuk dapat menjadi lebih familian dengan medan perang.

Caranya adalah dengan memasangkan kamera pada sebuah mobil dan mengambil beberapa foto dalam interval tertentu.

Dimana foto-foto yang diambil tersebut dibaut menjadi gambar area dua dimensi yang lebih nyata. Hal ini dilakukan agar dapat dieksplorasi seperti yang orang-orang modern saat ini lakukan dengan menggunakan Google Street View.

Akhirnya tekhnologi yang canggih ini berkembang menjadi salah satu tekhnologi dengan biaya fantastis yang cukup ngetrend dikalangan masyarakat. Khusunya mereka para penikmat video dan game.

Kaca Mata Hitam

Dewasa ini penggunaan kaca mata hitam seringkali menjadi bagian dari gaya hidup yang tidak terpisahkan pada beberapa kalangan masyarakat. Penggunaan kaca mata hitam lebih sering difungsikan untuk melindungi mata dari panasnya cahaya sinar matahari yang seringkali terasa memekik mata.

Namun siapa sangka bahwa tekhnologi kaca mata hitam rupanya memang sudah ada pada awal perang dunia. Alat yang satu ini ditemukan pada tahun 1936. Ketika itu, perusahaan bernama Bausch & Lomb menciptakan alat yang satu ini untuk keperluan fungsional saja.

Kaca mata ini diperuntukan untukl para pilot pada masa itu guna menghalau hingga 80 persen cahaya matahari. Sehingga demikian hal ini akan memudahkan sang pilot untuk dapat lebih mudah mencari keberadaan pesawat musuh pada saat siang hari.

Kapal Induk

5 tahun pasca pesawat pertama diluncurkan dari dek kapal yang melaju, banyak negara yang berlomba-lomba untuk menghadirkan inovasi baru di PD pertama. Pada saat itu, belum pernah ada yang mendaratkan pesawat diatas kapal yang tengah melaju. Dan Inggris, menjadi salah satu negara pertama yang telah membangun kapal perang yang telaah terpasang senjata dengan panjang kurang lebih 18 inchi bernama HMS Furious.

Lewat berbagai penyempurnaan, kapal ini pada akhirnya dapat dijadikan landasan dan tempat untuk mendarat bagi pesawat perang. Hingga sampoi saat ini banyak kapal induk yang dirancang dan dikembangkan. Tekhnologi yang satu ini menjadi tekhnologi canggih yang banyak dinikmati oleh beberapa perusahaan besar yang beroperasi dilepas pantai.

Demikianlah beberapa daftar tekhnologi canggih yang telah dikembangkan sejak awal perang dunia. Beberapa daftar tekhnologi yang kita nikmati saat ini rupanya cikal bakalnya sudah dikembangkan sejak awal perang dunia.

Hal ini tentu memberikan pengawasan dan pengetahuan baru untuk kita semua. Siapa sangka bahwa pengembangannya cukup unik bahkan bila mengingat zaman perang saat dulu keberadaan peralatan canggih dan ilmu pengetahuan masih sangat dikembangkan.

Bagaimana menarik bukan? Untuk anda yang ingin berbagi informasi menarik ini dengan teman dan sahabat maka tak perlu khawatir silahkan klik tombol share yang akan muncul berikut ini.

Leave a Reply