5 Negara Terluas Di Dunia Berdasarkan Luas Wilayahnya

4/5 (1)

Kita berdiam diri di sebuah negara dan merupakan seorang warga negara, namun apakah kamu tahu apa itu negara?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia negara adalah organisasi di suatu wilayah yg mempunyai kekuasaan tertinggi yg sah dan ditaati oleh rakyat, sehingga jika dilihat secara arti maka sebuah negara itu memiliki penduduk baik itu sebagai pemerintah maupun warga sipil juga wilayah yang menjadikannya satu.

Berjalannya suatu negara itu biasanya dikarenakan banyak faktor dari mulai penduduknya itu sendiri hingga tunjangan kekayaan alamnya. Demikian juga dengan keluasan wilayah meskipun tidak menjadi penentu namun dengan luas wilayah yang cukup besar maka kemungkinan untuk mengeksplorasi potensi-potensi yang ada semakin besar.

 

Meskipun demikian tidak berarti negara dengan wilayah kecil tidak mampu bersaing dan maju, sebab bukan hanya faktor itu saja yang menjadi penentu. Namun berikut ini adalah beberapa negara yang memiliki wilayah paling luas dibanding dengan negara-negara lainnya di dunia.

5. Brasil (8.511.965 km persegi)

Berlokasi di Amerika Selatan Brasil ini menempati posisi ke 5 sebagai negara dengan luas wilayah terbesar ke 5 di dunia. Brasil terdiri dari 26 negara bagian dan 1 distrik federal. Nama Brasil diambil dari nama kayu lokal yang tumbuh di sana. Dengan sistem presidensial Brasil melakukan pemilihan prsiden dan wakilnya dalam periode 4 tahun sekali. Negara ini juga memiliki hutan yang luas dan berfungsi sebagai salahsatu paru-paru dunia yaitu hutan Amazon.

 

Leave a Reply