5 Negara Islam Terkecil di Dunia yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Tahukah anda penduduk Muslim di seluruh dunia hingga saat ini mencapai 1,7 miliar jiwa. Angka ini sama dengan sekitar 22 persen dari penduduk total seluruh dunia. Penduduk Muslim ini telah menyebar di kawasan Jaziran Arab, yakni mencakup bagian Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirate Arab dan bagian Qatar. Selain itu, sebagian pun tersebar di wilayah Asia Tengah, Irak dan juga Iran.

Selanjutnya di kawasan Afrika kita mengenal beberapa negara yang didominasi oleh penduduk Muslim yakni bagian Mesir dan Maroko. Sementara itu, sisanya ada dibagian Asia Tenggara, Indonesia dan juga Malaysia. Jumlah ini membuat Muslim sudah tersebar cukup luas dibeberapa wilayah di dunia.

Namun rupanya selain beberapa tempat diatas, sebenarnya masih banyak sekali negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim yang mungkin belum kita kenal. Hal ini mungkin menjadi hal yang wajar sebab beberapa negara ini adalah negara yang kecil. Namun rata-rata sekitar 70 sampai dengan 95 persen masyarakatnya adalah penduduk yang memeluk agama Islam.

Ini berarti ada begitu banyak ribuan saudara Muslim kita di seluruh dunia yang kehadirannya belum kita kenali. Mengetahui beberapa negara ini siapa tahu menjadi inspirasi anda untuk bisa mengunjungi beberapa tempat ini di dunia. Ingin tahu seperti apa saja? Mari simak secara langsung informasi menariknya dibawah ini.

5 Negara Islam Terkecil di Dunia yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Luas negara yang tidak terlalu besar dan penduduk yang tidak terlalu banyak seringkali membuat sebagian negara kurang tereksplor keberadaannya. Padahal beberapa negara kecil seperti ini pada umumnya seringkali menjadi tanah yang menarik untuk disinggahi.

Apalagi jika rupanya beberapa negara ini adalah negara yang mayoritas penduduknya adalah beragama Islam. Ingin tahu seperti apa saja daftar 5 negara Islam kecil yang ada di dunia yang mungkin belum anda ketahui? Mari simak secara langsung informasi menariknya dibawah ini.

1. Mayotte

negara-islam-terkecil-1.jpg

Negara urutan pertama yang menjadi negara Islam kecil di dunia adalah Mayotte. Akan tetapi sebenarnya Mayotte tidak secara resmi dideklarasikan sebagai negara Islam. Bahkan negara yang hanya berupa pula kecil ini merupakan bagian dari wilayah Prancis. Namun demikian, penduduk Mayotte yang keseluruhannya tercatat terdapat sebanyak 200.000 jiwa ini mayoritas penduduknya memeluk agama Islam.

Pada saat anda mengunjungi negara ini, jangan heran bila penduduk Mayotte tidak seperti orang asing pada umumnya. Hal ini dikarenakan dominasi penduduk Mayotte adalah orang Komoro. Mereka datang kesini sekaligus dengan misi untuk menyebarkan agama dan syiar Islam. Oleh karenanya, penduduk Mayotte bisa dibilang adalah penduduk Imigran yang mendiami suatu pulau secara menetap.

Selain orang Komoro, pula ini pun sering kali dikunjungi oleh pedagang yang datang dari berbagai tempat. Diantaranya dari Arab dan Iran. Jadi demikian, tak heran bila pulau ini menjadi salah satu pulau dengan penduduk mayoritas Islam.

2. Western Sahara

negara-islam-terkecil-2.jpg

Negara selanjutnya yang masuk kedalam daftar negara Islam kecil di dunia yang mungkin belum kita ketahui adalah Western Sahara. Mayoritas penduduk di tempat ini adalah mereka yang memeluk Islam. Tak heran bila anda akan lebih sering melihat wanita dengan hijab atau penutup kepala dan menutupi aurat tubuhnya.

Terletak di pantai Barat Afrika, negara Western Sahara ini pernah dijadikan sebagai pasar budak oleh Prancis di tahun 1700-an. Sampai pada akhirnya, konflik terus pecah dengan negara tetangga seperti Mauritia dan Maropko. Bahkan hingga sampai saat ini konflik seperti inipun masih sering terjadi di daerah-daerah perbatasan.

Sampai saat ini Western Sahara memiliki penduduk sebanyak 568.000 orang. Dari jumlah ini, sekitar 99,8 persen masyarakatnya memeluk agama Islam. Wilayah yang satu ini memiliki banyak sekali penduduk Muslim sebab berada di zona penyebaran Islam terbesar yang ada di kawasan Afrika Utara.

Tak heran bila hampir seluruh masyarakat didalamnya menganut agama Islam. Bahkan di daerah ini ada Mesir, Libya, Maroko hingga Algeria yang berpenduduk Muslim terbesar, bahkan besar untuk skala dunia.

3. Kosovo

negara-islam-terkecil-3.jpg

Anda mungkin sudah tidak asing mendengar nama Negara dengan sebutan Kosovo. Kosovo adalah salah satu negara dengan mayoritas penduduk Muslim terkecil yang ada di dunia. Di tempat ini hanya terdapat sekitar 1,5 penduduk. Dimana sekitar 92 persen penduduknya memeluk agama Islam.

Dimasa lampau, wilayah negara ini pernah dikuasai oleh kerajaan Turki Ottoman selama 4 abad lamanya. Sebelum pada akhirnya di abad ke-20. Turki Ottoman harus mengalami kemunculan hingga pada akhirnya hancur menjadi Turki Modern seperti saat ini.

Negara Kosovo berada di kawasan Eropa dimana mayoritas penduduknya beragama Katolik dan Kristen. Bahkan lokasi wilayah ini sendiri berada di Semenanjung Balkan dimana pusat penyebaran agama Kristen bermula. keunikan inilah yang seringkali membuat Kosovo menggelar julukan secuil Islam di belantara Eropa yang padat dengan penduduk Kristen.

Namun demikian, hal ini tak lantas membuat pertikaian keyakinan membuat masyarakat Kosovo dengan negara tetangga saling menghardik. Justru sebaliknya kerukunan dan saling menghormati satu sama lain membuat mereka mampu hidup berdampingan.

4. Djibouti

negara-islam-terkecil-4.jpg

Negara Islam kecil selanjutnya yang mungkin menjadi wilayah Islam yang belum kita kenali adalah Djibouti. Negara ini menjadi salah satu negara dengan mayoritas penduduk Muslim di Afrika. Sampai saat ini tercatat penduduk di Djbouti adalah Muslim yang memeluk agama Islam. Persentasenya bahkan mencapai 94 persen masyarakat yang memeluk agama Islam. Sementara 6 persen sisanya beragama Kristen dan agama warisan dari budaya lokal setempat.

Meski Islam menjadi agama tunggal yang dijadikan sebagai agama di negara ini. Namun demi9kian, masyarakat yang menganut agama lainnya masih diizinkan untuk melakukan ibadahnya tanpa gangguan dan adanya pertikaian.

5. Sierra Leone

negara-islam-terkecil-5.jpg

Sierra Leone adalah secuil negara lain yang ada di Afrika dimana penduduknya mayoritasnya memeluk agama Islam. Menurut data statistik yang didapatkan, Muslim di Negara ini mencapai 71 persen dan sisanya adalah mereka yang memeluk Kristen dan agama lokal.

Persebaran Islam di Negara ini bersamaan dengan persebaran Musim dikawasan Afrika sebelah Utara. Namun sayangnya, sebagai Negara minoritas, Sierra Leone seringkali mengalami kesulitan dalam menjalankan ibadah Haji. Jauhnya jarak dan mahalnya ongkos untuk berhaji seringkali menjadi kendala yang banyak dikeluhkan oleh penduduk Muslim di Negara ini.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari 5 negara Islam terkecil di dunia yang mungkin belum kita ketahui. Semoga dengan menyimak beberapa daftar Negara diatas bisa menjadi sumber dalam menemukan destinasi wisata baru dengan mengunjungi saudara-saudara kita diberbagai belahan dunia.

Bagaimana menarik bukan? Yuk, ikut berbagi informasi menarik ini dengan teman dan sahabat dan jangan lupa bagikan pula artikel ini dengan klik tombol share yang akan muncul berikut ini.

Leave a Reply