5 Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula yang Menarik

5 Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula yang Menarik – Ada cukup banyak bentuk karya sastra dalam dunia penulisan. Salah satunya adalah cerpen yakni kependekan dari cerita pendek. Anda yang baru ingin menulis cerpen atau ingin menuangkan ide karya sastra dalam bentuk cerita singkat namun masih kebingungan bagaimana memulainya. Tips cara menulis cerpen bagi pemula ini dapat disimak.

Menuangkan karya tulis berupa cerita pendek seringkali menjadi hobi yang menyenangkan untuk sebagian orang dalam mengisi luang. Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah karya tulis berbentuk prosa yang cukup diminati saat ini. Selama ini kita mungkin sering menemukan cerpen dalam bentuk media cetak. Namun belakangan kehadiran internet semakin memudahkan penayangan cerpen sehingga sampai ke si pembaca dengan lebih gampang.

Nah, untuk anda yang tertarik membuat cerpen namun masih kebingungan dari mana dan bagaimana memulainya. Tips dibawah ini mungkin membantu anda. Seperti apa sih tips cara menulis cerpen bagi pemula agar hasilnya menarik? Baca juga: Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

5 Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula yang Menarik

Anda para pemula mungkin akan sedikit kebingungan menentukan hal apa yang perlu didahulukan dalam pembuatan cerpen. Perlu diketahui lebih dulu bahwa cerpen memiliki unsur dan ciri yang berbeda dari novel atau karya tulis lainnya.

Seperti namanya, cerita pada cerpen umumnya akan lebih singkat dan terbatas. Ada sebagian orang mengatakan bahwa definisi dari cerpen adalah cerita yang tertuang didalamnya harus bisa diselesaikan dalam waktu sekali duduk. Bahkan sebagian lain mengatakan panjang dari cerpen umumnya tidak lebih dari 20.000 kata.

Nah, untuk anda yang hendak membuat cerpen ada baiknya pahami terlebih dahulu tips di bawah ini sebelum mulai berimajinasi dengan cerita singkat yang kini mulai anda rancang.

Pahami Terlebih Dahulu Unsur-Unsur Cerpen

5 Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula yang Menarik

Agar penulisan cerpen tidak melenceng atau membuat anda kebingungan dan tersesat di tengah-tengah karena alurnya yang berkelit. Maka penting sekali untuk anda memahami terlebih dahulu unsur-unsur apa saja yang penting diterapkan dalam penulisan cerpen itu sendiri.

Cerpen memiliki dua unsur penting yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Dimana kedua unsur ini tidak boleh terlepas satu dengan yang lainnya. Pahami betul kedua unsur ini untuk memandu anda tetap dalam koridor aturan yang jelas dari pembuatan sebuah cerita dalam cerpen.

Adapun unsur intrinsik adalah unsur pembentuk dari si cerpen itu sendiri. Unsur ini punya peran yang amat penting dalam sebuah cerpen sebab nantinya akan sangat menentukan gagasan dan pembentukan dari cerpen yang dibuat.

Sementara untuk unsur ekstrinsik, unsur ini merupakan unsur yang letaknya berada di luar penulisan cerpen namun tetap memiliki pengaruh pada isi dari si cerpen itu sendiri. Biasanya unsur ekstrinsik lebih berisikan tentang latar belakang si penulis, kondisi atau situasi pada saat cerpen tersebut dibuat.

Dalami Banyak Karya Cerpen Terkenal

5 Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula yang Menarik

Untuk bisa membuat sebuah karya cerpen yang baik dan menarik tentu anda tidak hanya cukup punya motivasi dari diri sendiri saja. Memperbanyak dan memperdalam ilmu dari membaca banyak karya cerpen terkenal akan memperkaya wawasan anda.

Ketika anda banyak membaca karya milik orang lain yang sudah lebih dahulu terkenal maka tentu hal ini akan sangat membantu kita dalam menentukan struktur dan gaya penulisan yang lebih sesuai untuk anda.

Tak masalah bila hal ini akan memakan banyak waktu bila nanti hasil yang anda dapatkan positif maka tidak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Siapa tahu, karya cerpen yang anda buat akan sama larisnya di pasaran dengan yang dibuat oleh panutan anda.

Tentukan Tema

5 Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula yang Menarik

Bila anda sudah merasa siap untuk membuat cerpen maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan tema atau gagasan utama dari cerita singkat yang akan anda tuangkan. Tema merupakan sumber pada cerita yang akan anda tulis. Untuk bisa mendapatkan kisah yang menarik tentunya anda perlu memikirkan dengan matang-matang tentang tema yang akan anda angkat.

Untuk anda para pemula, sekedar inspirasi tema yang mungkin bisa anda pilih adalah isu-isu tentang kehidupan sosial, hal-hal yang memang sedang hangat diberitakan atau mungkin sesuatu yang memang menjadi hobi anda.

Adapun beberapa pertimbangan penting yang harus anda perhatikan dalam pemilihan tema agar cerita mudah dikembangkan di dalam cerpen adalah memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Memastikan bila anda menguasai tema yang akan anda angkat dalam cerpen yang akan dibuat.
  • Bila anda tidak terlalu menguasai tema yang akan dituangkan namun anda punya kemauan besar untuk mendalaminya dengan bertanya, melakukan riset dan lain sebagainya. Maka tidak jadi masalah, anda bisa mencobanya.
  • Tema yang dipilih adalah sesuatu yang memang tengah ramai di pasaran para pembaca cerpen. Dalam artian lain anda menyajikan tema yang memang disukai oleh pasar.

Menentukan Penokohan dan Watak

5 Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula yang Menarik

Tokoh adalah orang-orang atau karakter yang terlibat di dalam cerita dan biasanya mengambil banyak peran dalam cerita yang dibuat. Penokohan pada umumnya dibagi menjadi 3 karakter, yakni:

  • Tokoh Antagonis. Tokoh ini adalah tokoh penentang yang berlawanan dengan tokoh utama dalam cerita yang dibuat. Karena sifatnya berlawanan biasanya karakter dari tokoh ini bisa jahat, bengis atau tidak terlalu disukai.
  • Tokoh Protagonis. Tokoh ini biasanya punya peran utama dan punya sifat baik.
  • Tokoh Tirtagonis. Dalam cerita biasanya tokoh ini punya peran menjadi penengah antara tokoh utama dan tokoh lawan yang dibuat.

Untuk membantu penyampaian cerita lebih jelas maka pemberian deskripsi dari watak tokoh dalam sebuah penjelasan khusus bisa anda lakukan. Selain itu, perwatakan dari setiap tokoh pun dapat disampaikan melalui penjelasan narasi, penggambaran fisik atau melalui dialog dari tokoh tersebut.

Membuat Alur Cerita yang Jelas

5 Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula yang Menarik

Karena ceritanya yang singkat biasanya kisah dalam sebuah cerpen sangatlah terbatas. Anda para pemula yang ingin membuat cerpen hendaknya menentukan terlebih dahulu alur cerita yang jelas. Adapun jenis alur pada sebuah cerita dibagi menjadi tiga jenis yakni:

  • Alur maju: Alur ini menceritakan kejadian yang terjadi secara bertahap. Contohnya, kemarin, hari ini dan besok. Seperti misalkan kisah seorang keluarga yang berusaha sukses dimana setting waktu berawal dari bagaimana kehidupan mereka susah sampai mencapai kesuksesan.
  • Alur mundur: Alur ini adalah alur kilas balik yang cerita bisa jadi tentang hari ini, kemarin dan bisa pula menceritakan masa lalu.
  • Alur campuran: Alur ini adalah kombinasi dari alur maju dan mundur.

Untuk anda para pemula sebaiknya disarankan untuk tidak memilih alur campuran sebab bisa mungkin cerita dari alur ini akan menjebak anda. Sehingga membuat anda kebingungan merangkum kisah menjadi lebih singkat.

Nah, itulah dia beberapa tips cara membuat cerpen yang bisa anda aplikasikan. Selamat mencoba semoga berhasil dan sukses!

Artikel menarik lainnya: 5 Cara Membersihkan Kacamata Yang Tepat Tanpa Menggores Lensa

Leave a Reply