Agar Tak Gampang Meledak, Begini 5 Cara Mengontrol Emosi Berlebihan

Agar Tak Gampang Meledak, Begini 5 Cara Mengontrol Emosi Berlebihan – Emosi memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan tindakan seseorang. Agar tak gampang meledak, begini cara mengontrol emosi yang berlebihan.

Emosi yang dirasakan seseorang akan sangat mempengaruhi tindakan yang akan dilakukan selanjutnya. Apabila seseorang sedang merasakan senang maka tentunya segala aktivitas yang dilakukan akan terasa ringan. Hal ini justru sebaliknya, ketika seseorang sedang marah, sedih atau bahkan frustasi maka tentu hari-hari yang ia lalui akan seperti sebuah beban dan membuat mereka tidak bersemangat.

Emosi negatif seperti inilah yang terkadang membuat sebagian orang merasa sangat dirugikan. Atau bahkan seseorang yang seringkali meledak dan memiliki emosi berlebihan. Hal-hal sepele saja bisa memicu amarah mereka meledak. Seseorang yang sedang marah atau dilanda masalah biasanya sulit berpikir jernih. Akibatnya mereka sulit mengambil keputusan dan menjadi produktif. Baca juga: 7 Cara Bersyukur Untuk Hati Lebih Tenang

Agar Tak Gampang Meledak, Begini 5 Cara Mengontrol Emosi Berlebihan

Nah, agar anda tidak gampang meledak begini cara mengontrol emosi yang berlebihan yang diharapkan dapat membantu anda tetap merasa tenang dan mengelola amarah anda pada hal-hal yang lebih positif.

Hempaskan Pikiran-Pikiran Buruk

Cara Mengontrol Emosi Berlebihan

Ketika seseorang dilanda masalah yang rumit, umumnya otak anda akan cenderung lebih fokus terhadap pencarian jalan keluar terbaik dari apa yang mungkin anda alami akibat dari masalah tersebut. Padahal tanpa disadari, terkadang bukanlah masalah yang mendorong timbulnya reaksi negatif. Melainkan pikiran dan asumsi buruk yang berlebihan yang diciptakan oleh anda sendiri.

Hal inilah yang terkadang membuat masalah kecil bisa sangat besar untuk sebagian orang. Akibatnya, masalah yang seharusnya bisa diselesaikan dan dilalui dengan cepat menjadi terkendala atau bahkan berlarut-larut sebab pikiran buruk dan ketakutan anda yang begitu besar.

Nah, oleh karenanya salah satu cara mengontrol emosi yang dapat anda lakukan adalah berhentilah berpikiran buruk dan mengkhawatirkan banyak hal yang belum tentu terjadi. Hal ini mungkin terkesan menyepelekan mengingat menghadapi rasa takut tidak semudah yang diucapkan. Akan tetapi, inilah jalan keluar dari menjadi kuat dan membuat anda menjadi lebih tenang.

Misalkan, bila anda tersulit emosi ketika di kantor maka alih-alih meluapkan emosi atau membuat suasana semakin keruh dengan ketakutan yang ada dalam benak anda. Lebih baik mintalah waktu sebentar, barang ke toilet untuk menenangkan diri anda dan yakinkan bahwa anda bisa menghadapinya.

Jangan Langsung Luapkan Emosi Buruk

Cara Mengontrol Emosi Berlebihan

Orang yang tersulut emosinya biasanya akan cenderung mengekspresikannya dengan hal-hal negatif. Seperti berteriak, memaki, menjerit, menangis atau bahkan membanting barang-barang yang ada di sekitar mereka. Akan tetapi, alangkah lebih baik bila anda memikirkan dengan matang apa konsekuensi dari perbuatan anda tersebut. Apakah setelah anda meluapkan emosi anda dalam bentuk tindakan buruk tersebut akan mampu diterima orang-orang setelahnya?

Perlu diketahui bahwa otak adalah salah satu bagian internal di dalam tubuh yang amat terkait paling dominan ketika seseorang berada dalam masalah. Di waktu yang sama, otak pun akan cenderung mengalami kesulitan untuk membuat keputusan yang masuk akan saat emosi yang dirasakan sudah memuncak.

Tidak menutup kemungkinan bahwa reaksi anda meluapkan emosi dalam hal-hal yang buruk malah akan membuat masalah menjadi runyam. Alangkah baiknya menyalurkan amarah anda dengan beberapa hal di bawah ini.

  • Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan dengan perlahan. Lakukan cara ini secara berulang sampai anda merasa tenang.
  • Meninggalkan lokasi dimana hal-hal yang menyulut emosi anda terjadi. Sehingga anda bisa mengalihkan amarah anda sejenak.
  • Ingat kembali konsekuensi dari perbuatan anda. Bila nantinya akan sangat merugikan maka apakah amarah anda sepadan dengan akibat yang akan anda dapatkan.

Alihkan Perhatian Anda

Cara Mengontrol Emosi Berlebihan

Ketika emosi sudah sangat memuncak terkadang otak kita akan kesulitan untuk bisa berpikir dengan jernih. Tak heran orang-orang yang sudah terlewat marah akan cenderung melakukan hal-hal yang bahkan tidak pernah kita sangka akan mampu mereka lakukan. Tidak masalah bila hal tersebut tidak sampai merugikan orang lain atau dirinya. Namun lain ceritanya bila hal buruk tersebut bisa terjadi. Maka tentu pengelolaan emosi atau bahkan bantuan para ahli akan sangat dibutuhkan.

Mengalihkan perhatian anda pada hal-hal yang lebih penting akan menjadi hal positif dalam meredam emosi yang sedang meledak. Untuknya, jangan mau terpancing atau bahkan terfokus bagaimana melampiaskan amarah anda pada objek yang ada disekitar.

Akan lebih baik temukan sesuatu yang mampu membuat anda menjadi lebih tenang atau setidaknya menurunkan sekian persen rasa kesal anda pada hal yang sedang anda hadapi saat ini.

  • Contohnya adalah mengecek ponsel anda dan temukan hal-hal yang menarik perhatian anda.
  • Mendengarkan musik yang menenangkan.
  • Melakukan hobi anda.

Pancarkan Emosi Positif dari Dalam Diri

Cara Mengontrol Emosi Berlebihan

Berlarut-larut pada sesuatu yang membuat amarah anda naik tentu bukanlah hal bijak untuk dilakukan. Terlebih lagi, tentunya dalam hidup ada hal yang jauh lebih penting dan membutuhkan perhatian anda daripada hanya mengurusi hal-hal yang membuat anda naik pitam. Termasuk dengan pertengkaran bersama dengan pasangan atau mungkin amarah anda pada adik atau kakak anda karena hal sepele.

Ambilah waktu sendiri untuk menenangkan diri anda. Ruangan yang nyaman dan tenang akan mungkin anda butuhkan untuk bermeditasi. Setelah anda merasa lebih tenang, cobalah munculkan energi positif dari dalam diri anda. Petik hal-hal baik dari apa yang anda hadapi. Pada intinya jadikan setiap permasalahan yang terjadi dalam hidup anda sebagai motivasi untuk lebih baik.

Karena tentunya hidup tidak selalu berjalan dengan mulus. Tak masalah bila apa yang anda harapkan tidak sesuai dengan impian anda, yang terpenting berusahalah yang terbaik sehingga tidak ada penyesalan yang harus anda sesali di kemudian hari.

Belajarlah Berlapang Dada

Cara Mengontrol Emosi Berlebihan

Setelah perjuangan yang begitu panjang dan usaha keras anda dalam menghalau segala masalah yang terkadang terasa begitu bertubi-tubi. Kini saatnya anda untuk bangkit dan menjadi lebih kuat. Buktikan pada dunia bahwa sekeras apa masalah yang diberikannya anda adalah individu yang kuat.

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa ketika hidup memberikan anda cobaan maka jadikan itu pelajaran yang akan menguatkan. Tak masalah bila bos di tempat kerja anda seakan membuat anda menjadi orang yang terdzalimi atau mungkin pasangan yang seringkali menjengkelkan. Anda akan mampu melewatinya dengan besar hati karena tentunya Tuhan tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan umatnya.

Belajarlah menerima kekecewaan karena hidup tak selalu indah. Tidak perlu terus menerus menutupi kesedihan anda namun tidak pula mengumbarnya dengan terang-terangan. Biarkan anda dan diri anda yang tahu perjuangan mengalahkan emosi dan mengutamakan akal sehat. Ingat di luar sana ada banyak orang yang harus menghadapi kesusahan yang jauh lebih buruk daripada anda. Namun mereka masih tetap melaluinya, semoga anda pun begitu. Semangat!

Anda mungkin tertarik melihat: Tak Perlu Panik, Begini 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Leave a Reply