Tidur Lebih Berkualitas, Ini 5 Cara Menghilangkan Ngorok

5 Cara Menghilangkan Ngorok – Penderita ngorok biasanya tidak menyadari sampai pada akhirnya dibuat malu karena teman atau pasangan mereka menegurnya. Yuk, ketahui cara menghilangkan ngorok dengan beberapa langkah ampuh di bawah ini.

Masalah ngorok atau mendengkur seringkali menjadi permasalahan tidur yang tidak disadari. Betapa tidak, kondisi tidur yang membuat seseorang kehilangan kesadaran akan tentu membuat mereka tidak sadar apa yang terjadi selama mereka tertidur. Barulah pada saat teman atau pasangan atau mungkin orangtua anda mengeluhkan kondisi ini anda dibuat sangat malu.

Tak hanya mengganggu kualitas tidur, ngorok juga diasosiasikan dengan beberapa masalah kesehatan tertentu yang bisa tidak bisa dianggap sepele. Ada banyak pemicu yang membuat seseorang memiliki kebiasaan ini diantaranya adalah kebiasaan merokok, kegemukan, masalah pada bagian sistem pernapasan, sleep apnea atau saluran udara yang tersumbat dan masih banyak lagi. Baca juga: Penderita Insomnia, Begini 4 Cara Bisa Tidur dengan Cepat

5 Cara Menghilangkan Ngorok

Agar tidur anda dan pasangan menjadi lebih berkualitas maka mari kita simak cara menghilangkan ngorok di bawah ini. Seperti apa? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Berhenti Merokok

5 Cara Menghilangkan Ngorok

Cara menghilangkan ngorok selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah menghentikan kebiasaan buruk merokok. Berhenti merokok akan otomatis memberikan kesempatan bagi diri anda untuk hidup lebih sehat dan lebih lama. Lantas mengapa merokok dikaitkan dengan kebiasaan ngorok?

Hal ini dikarenakan asap rokok yang anda hirup akan masuk ke dalam bagian dalam organ tubuh anda dan dampaknya mampu mengiritasi bagian selaput yang ada pada tenggorokan juga hidung. Apabila terjadi, kondisi ini akan dapat menyumbat saluran udara yang membuat anda akhirnya mengeluarkan suara pada saat menarik napas. Menghentikan kebiasaan merokok memang sulit, namun coba cara di bawah ini yang mungkin bisa membantu anda.

  • Tumbuhkan niat dan tekad yang kuat bahwa anda melakukannya demi kesehatan diri anda dan lingkungan sekitar anda.
  • Libatkan pula keluarga dan orang terdekat sebab mereka bisa menjadi pendukung anda yang terbaik.
  • Olahraga secara rutin akan dapat membantu anda mengurangi serta mengalihkan hasrat akan nikotin
  • Perbaiki pola makan anda menjadi lebih sehat sebab biasanya pada saat berhenti merokok selera makan anda akan cenderung menurun.

Menurunkan Berat Badan

5 Cara Menghilangkan Ngorok

Kelebihan berat badan bisa juga menjadi salah satu penyebab dari ngorok. Terutama kelebihan lemak yang ada di bagian leher akan menekan bagian tenggorokan sehingga menyebabkan ngorok ketika tidur.

Untuk itu, bila anda sedang berusaha menghilangkan kebiasaan mengorok maka penting sekali untuk mulai mengupayakan proses penurunan berat badan. Hanya saja, hal penting yang harus diperhatikan adalah sebaiknya cari program penurunan berat badan yang tidak punya efek samping yang berbahaya untuk kesehatan, seperti mengkonsumsi obat-obatan kimia atau mungkin membuat anda kelaparan sampai berhari-hari. Simak cara menurunkan berat badan yang baik dan benar.

  • Lakukan secara bertahap karena tentunya segala sesuatu akan butuh proses. Sebaliknya, program diet atau penurunan berat badan yang dilakukan secara ekstrim akan berbahaya dampaknya untuk kesehatan.
  • Kurangi porsi makan sampai 70% dari asupan biasa anda. Cara ini akan efektif untuk mencegah asupan kalori ke dalam tubuh yang menjadi penyumbang kenaikan berat badan berlebihan.
  • Berolahraga secara rutin menjadi salah satu kunci penurunan berat badan yang penting. Dengan berolahraga lemak yang menumpuk di dalam tubuh akan dibakar menjadi energi.
  • Terapkan gaya hidup yang sehat dan beralih mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi sehingga tubuh terbebas dari tumpukan lemak dan kalori.

Tidur dengan Posisi Miring

5 Cara Menghilangkan Ngorok

Tidur dalam posisi telentang membuat lidah tertarik oleh gaya gravitasi dengan bergerak ke belakang tenggorokan anda. Hal inilah yang akan membuat aliran udara ketika anda bernapas menjadi terhalang dan menimbulkan suara yakni ngorok. Untuk itulah, perhatikan dengan baik posisi tidur anda.

Posisi tidur menyamping adalah salah satu posisi yang disarankan agar anda tidak mengeluarkan suara ketika tidur. Dengan posisi ini udara akan dapat mengalir dengan mudah dan mencegah ngorok anda. Adapun cara tidur menyamping yang bisa dilakukan adalah dengan:

  • Posisikan bantal seperti biasa
  • Tentukan bagian samping baik kanan atau kiri pada saat anda akan tidur
  • Tidur dalam keadaan menyamping tidak perlu dilakukan semalaman hanya pada saat anda membiasakan diri saja.
  • Anda bisa mengubah arah pada saat anda ingin melakukannya.
  • Agar lebih nyaman gunakan bantuan guling sehingga anda tubuh anda bisa memeluk sesuatu dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Artikel menarik: 5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula

Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

5 Cara Menghilangkan Ngorok

Cara menghilangkan ngorok selanjutnya yang penting untuk anda lakukan adalah memastikan tubuh anda tetap terhidrasi. Hal ini dikarenakan pada saat tidur, cairan yang ada di hidung serta langit-langit mulut anda akan dapat menjadi lengket pada saat anda mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.

Kondisi inilah yang akan membuat anda rentan mengalami ngorok. Untuknya, pastikan dengan baik bahwa anda mampu mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh atau menjaga tubuh anda tetap terhidrasi. Lalu bagaimana cara agar bisa menjaga kandungan cairan di dalam tubuh? Di bawah ini adalah informasinya.

  • Minum air yang cukup minimal sebanyak 8 gelas setiap hari
  • Bila anda adalah orang yang lebih aktiv bergerak seperti atlit atau penggiat olahraga maka kebutuhan cairan anda akan lebih banyak jumlahnya.
  • Jenis cairan terbaik adalah air putih. Namun bila anda merasa kewalahan dengan takaran air putih yang dirasa terlalu banyak maka selangi dengan cairan lain seperti jus, sari buah dan lain sebagainya.
  • Tubuh yang terhidrasi dengan baik punya banyak tanda seperti lebih bugar, kulit menjadi kenyal, lembab dan anda pun cenderung lebih siap menghadapi hari-hari.

Membersihkan Bantal dan Peralatan Tidur

5 Cara Menghilangkan Ngorok

Selain karena saluran napas yang terganggu, ngorok juga bisa dipicu akibat alergi. Kamar menjadi salah satu sarang perkembangan alergen pemicu ngorok akibat alergi, seperti halnya tungau, bulu-bulu hewan dan juga debu. Tak tanggung-tanggung, kasur yang mungkin selama ini sering kita anggap sebagai tempat yang bersih dan nyaman rupanya bisa menjadi penularan alergen yang memicu alergi sehingga ngorok lebih rentan anda alami.

Untuknya, perhatikan dengan baik untuk selalu membersihkan kamar anda. Jangan hanya lantai dan kolong ranjang saja yang anda bersihkan, beberapa peralatan di kamar yang rentan menjadi media penularan alergen cukup banyak, seperti bantal dan peralatan lainnya. Di bawah ini adalah hal yang perlu anda lakukan untuk mencegah alergen di kamar.

  • Bersihkan bantal dan guling dari debu kemudian jemur di bawah terik sinar matahari
  • Kasur anda pun sebaiknya sering dijemur karena tungau mati pada suhu yang tinggi.
  • Ganti seprai secara rutin untuk memastikan tetap bersih dan aman pada saat digunakan.
  • Bersihkan kamar setiap hari termasuk menyapu dan mengepel untuk mencegah penyebaran debu yang bisa memicu alergi dan ngorok.

Bahasan menarik: Krisis Percaya Diri? Ini 5 Cara Menghilangkan Kutil di Wajah

Leave a Reply