5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah – Bekas jerawat hitam yang membekas pada wajah yang notabene adalah bagian paling utama tentu saja membuat anda jengkel dan tidak percaya diri. Agar masalah tersebut segera hilang, mari atasi dengan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di wajah.

Timbulnya jerawat pada bagian wajah acapkali membuat jengkel dan frustasi. Terlebih lagi, ketika satu jerawat menghilang, lalu timbul di tempat lainnya. Hal ini tentu membuat bekas jerawat semakin bertebaran dimana-mana. Ya, salah satu hal yang paling menjengkelkan dari masalah jerawat bukan hanya kehadirannya saja yang menyakitkan. Akan tetapi, bekas yang ditimbulkannya seringkali susah dihilangkan.

Terlebih lagi bila muncul pada bagian wajah yang merupakan bagian paling utama dari penampilan. Sudah pasti dijamin saat ini siapa saja akan mengalami krisis percaya diri karena masalah yang satu ini. Untuknya, tak heran bila dalam bahasan jerawat cara menghilangkan bekas jerawat hitam seringkali menjadi bahasan yang paling populer. Baca juga: Tak Perlu Panik, Begini 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

Nah, kali ini kami berikan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di wajah dengan beberapa langkah yang bisa anda lakukan di rumah. Penasaran seperti apa? Maka mari simak informasi menariknya di bawah ini hanya untuk anda.

Gunakan Tabir Surya

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam yang pertama ini adalah salah satu langkah yang merupakan anjuran para dermatologis. Hal ini sebagaimana dilansir dari New York Magazine menjelaskan bahwa paparan sinar matahari yang langsung mengenai bagian kulit tanpa perlindungan dari tabir surya akan dapat membuat bekas jerawat terlihat lebih kentara.

Oleh karenanya, penggunaan produk tabir surya menjadi hal penting bagi anda yang ingin menyamarkan atau mungkin menghilangkan bekas jerawat hitam. Kabar baiknya, produk tabir surya adalah salah satu produk kecantikan yang sudah lumrah dan banyak digunakan para wanita dan pria. Sehingga produk ini tersedia di toko obat dan banyak toko kosmetik serta dijual dengan bebas.  Adapun langkah penggunaan tabir surya yang baik dan benar diantaranya adalah:

  • Pilih produk tabir surya dengan perlindungan SPF minimal 30.
  • Aplikasikan tabir surya setiap hari terutama bagi anda yang seringkali beraktivitas di luar ruangan dan terkena pancaran sinar matahari secara langsung.
  • Oleskan pada seluruh permukaan kulit yang terbuka seperti tangan, kaki, leher dan bila perlu ke bagian wajah anda.
  • Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari, penggunaan tabir surya pun dapat digunakan sebagai pencegah kerusakan kulit.

Gunakan Masker Lidah Buaya

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

Bahan alami juga bisa anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam. Lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang mudah ditemui di tanah air, sehingga anda akan bisa lebih mudah memanfaatkan bahan ini di rumah. Kandungan polisakarida dan giberelin dalam lidah buaya adalah senyawa yang baik yang punya kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan bekas luka tanpa meninggalkan noda.

Terutama untuk luka bekas jerawat yang seringkali mengganggu dan menjengkelkan. Tak hanya itu, lidah buaya pun punya kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang akan baik untuk membantu meredakan peradangan akibat jerawat. Adapun cara penggunaan bahan alami ini untuk bekas jerawat hitam adalah dengan:

  • Ambil lidah buaya dan bersihkan dengan menggunakan air yang mengalir.
  • Setelah itu, ambil bagian daging lidah buaya dengan menggunakan pisau atau dengan menggunakan sendok.
  • Haluskan bahan ini dengan cara menekannya menggunakan sendok tidak perlu sampai benar-benar halus.
  • Cuci terlebih dahulu wajah anda untuk menghilangkan minyak dan kotoran.
  • Baru aplikasikan bahan ini pada wajah dengan menggunakan kuas dan oleskan dengan merata.
  • Diamkan selama semalaman agar bahan ini meresap dengan merata.
  • Pagi harinya anda bisa mencuci wajah anda dengan menggunakan air dan sabun.

Anda mungkin tertarik membaca: 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Hilangkan dengan Perasan Lemon

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

Masih dari bahan alami, cara menghilangkan bekas jerawat hitam selanjutnya yang akan dapat anda gunakan adalah dengan menggunakan perasan air lemon. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, perasan air lemon memiliki sifat mencerahkan kulit dengan alami. Secara otomatis hal ini akan dapat memudarkan bekas luka akibat jerawat dengan lebih cepat.

Selain itu, lemon menjadi salah satu hasil alam yang terbilang mudah anda temui. Bila anda sulit menemukan lemon di tukang sayur di daerah anda maka cobalah pergi ke supermarket disana ada banyak lemon dengan kualitas yang baik yang nantinya air perasannya bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat hitam dengan lebih mudah.

  • Caranya adalah dengan mengambil satu buah lemon atau secukupnya saja.
  • Kemudian siapkan saringan dan peras lemon dengan menggunakan alat atau diperas dengan manual saja.
  • Tampung air perasannya dalam sebuah wadah lalu cuci bersih terlebih dahulu wajah anda.
  • Setelah bersih, kemudian ambil kapas dan aplikasikan air lemon pada seluruh bagian wajah anda dengan merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit sampai meresap dan merata.
  • Baru kemudian anda akan dapat mencuci wajah anda seperti biasa.

Gunakan Baking Soda

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam selanjutnya yang akan dapat anda lakukan di rumah adalah dengan menggunakan baking soda. Hal ini dikarenakan baking soda punya fungsi sebagai pengelupasan kulit mati yang menumpuk pada wajah. Termasuk tumpukan sel kulit mati bekas jerawat yang membentuk kehitaman.

Baking soda biasanya digunakan sebagai bahan campuran pada pembuatan kue. Bentuknya seperti tepung dengan warna cerah dan tekstur yang halus. Anda bisa menemukan bahan ini di toko kue atau supermarket. Hanya saja, anda perlu sangat hati-hati sebab sekilas tampilannya sangat mirip dengan tepung.

  • Cara menggunakan bahan ini untuk cara menghilangkan bekas jerawat hitam adalah dengan mengambil sebanyak setengah sendok makan baking soda.
  • Lalu masukkan dalam wadah dan campurkan bersama air kira-kira beberapa tetes.
  • Aduk merata sampai teksturnya menjadi seperti pasta dengan merata.
  • Lalu setelah itu, anda akan dapat mengaplikasikannya pada wajah tepat dibagian bekas jerawat dengan memberikan sedikit pijatan dengan arah melingkar.
  • Lalu setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit sampai bahan ini meresap pada bagian kulit.
  • Lalu kemudian bilas wajah anda sampai bersih.

Gunakan Ekstrak Biji Anggur

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam membandel pada bagian wajah yang terakhir adalah dengan menggunakan ekstrak biji anggur. Lain seperti bahan alami sebelumnya yang diaplikasikan secara langsung, bahan ini dapat anda konsumsi secara oral.

Hanya saja, karena produk ini terbuat dari bahan alami maka butuh waktu sampai benar-benar berhasil pada bagian wajah anda. Setidaknya 6 bulan, bahan ini perlu anda konsumsi secara rutin. Khasiat dari ekstrak biji anggur cukup baik untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Kandungan antioksidan yang melimpah di dalamnya akan dapat bekerja menutrisi kulit dan mencegah paparan radikal bebas. Jadi pastikan anda mengkonsumsinya secara rutin.

Populer artikel: 3 Langkah Cara Membuat Bawang Hitam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Leave a Reply