5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam – Tak hanya kehadirannya saja yang sangat mengganggu, bekas jerawat seringkali membuat rasa percaya diri berkurang. Hal ini dikarenakan bekas jerawat seringkali memunculkan flek hitam. Yuk simak, cara menghilangkan jerawat dan flek hitam di bawah ini.

Jerawat memang menjadi salah satu permasalahan kecantikan yang sangat umum dijumpai. Jerawat terbentuk dari sumbatan berupa minyak, kotoran dan partikel merugikan yang terjebak pada pori. Pada kasus yang parah, jerawat umumnya berisikan nanah dan timbul dengan benjolan yang meradang dan ukurannya cukup besar. Jenis jerawat seperti ini biasanya meninggalkan bekas luka.

Bekas luka akibat jerawat pun beragam bisa berbentuk luka bopeng atau bahkan flek hitam yang kesemua berpotensi merusak kecantikan kulit. Mari kita simak cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang mengganggu di bawah ini. Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Selain menurunkan rasa percaya diri, kehadiran jerawat biasanya membuat anda khawatir apalagi dengan bekas luka yang ditinggalkannya. Bahkan beberapa bekas luka jerawat bisa bertahan selamanya bila anda tidak merawat wajah dengan baik. Di bawah ini adalah cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam yang bisa anda simak.

Gunakan Baking Soda

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Selama ini kita mungkin mengenal baking soda sebagai salah satu campuran yang dijumpai dalam pembuatan kue. Namun siapa menyangka bahwa baking soda punya manfaat tersembunyi untuk atasi permasalah seputar jerawat. Bahkan bekas jerawat dan flek hitam yang seringkali menakutkan.

Hal ini dikarenakan baking soda sendiri terdiri dari kristal sodium bicarbonate. Ketika digunakan untuk kulit, maka manfaat ini akan bekerja untuk mengelupas bagian kulit mati. Salah satunya penyebab bekas jerawat yang menggelap berupa flek hitam adalah karena tumpukan sel kulit mati.

  • Untuk menggunakan ramuan dari baking soda agar bekerja ampuh sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Maka anda perlu mengawalinya dengan menyiapkan beberapa sendok teh baking soda sesuai dengan kebutuhan.
  • Kemudian siapkan air secukupnya. Perbandingannya adalah 2 sendok teh baking soda dicampurkan dengan 1 sendok teh air.
  • Aduk dengan merata sampai bahan ini mengental dan tercampur. Lalu bersihkan terlebih dahulu wajah anda dengan merata.
  • Gunakan bahan ini sebagai salep atau masker pada bekas jerawat. Berikan pijitan lembut dan biarkan selama kurang lebih 10-15 menit.

Untuk hasil yang lebih maksimal, perawatan ini dapat anda lakukan minimal 2-3 kali dalam satu minggu. Tak perlu khawatir karena selain langkahnya yang mudah, bahan yang dibutuhkan pun murah dan mudah ditemukan.

Gunakan Kentang

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Kentang punya kandungan mineral dan vitamin yang melimpah. Dalam kasus wajah yang dipenuhi dengan bekas jerawat, manfaat dari dua nutrisi ini akan bekerja untuk menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat serta flek hitam dengan lebih cepat dan efektif.

Anda bisa menjumpai kentang dengan mudah di pasar atau mungkin supermarket langganan anda. Jenis kentang yang digunakan sebenarnya tidak terlalu spesifik dalam artian lain baik kentang dieng atau kentang mana saja bisa anda gunakan.

  • Cara pembuatannya pun cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan satu buah kentang sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.
  • Kemudian cuci bersih kentang sampai kotoran atau sisa tanahnya benar-benar menghilang.
  • Potong kentang tipis-tipis seperti anda memotong timun untuk masker wajah.
  • Aplikasikan potongan kentang pada bekas jerawat atau flek hitam di wajah anda. Diamkan selama beberapa saat agar sari kentang meresap ke dalam pori dan bekerja mengatasi masalah tersebut dengan baik.
  • Setelah 20 menit silahkan angkat dan cuci bersih muka anda dengan produk perawatan wajah yang biasa anda gunakan.

Gunakan Kunyit

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Sama halnya dengan beberapa bahan di atas yang mudah sekali ditemui karena bahan tersebut cenderung menjadi bahan-bahan dapur yang sering digunakan. Kunyit pun bisa dengan mudah anda temukan di rumah. Atau bila anda kesulitan membedakan mana kunyit dan bumbu masakan lainnya. Cobalah minta bantuan ibu anda, dijamin anda bisa mendapatkan kunyit hanya dengan sekali tunjuk.

Kunyit punya kandungan curcumin dimana bahan ini akan bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan kulit dengan efektif. Termasuk dengan bekas luka jerawat yang pada umumnya sulit dihilangkan. Selain itu, kunyit juga punya kandungan anti-inflamasi dimana bahan ini akan sama efektifnya untuk mengobati jerawat yang meradang.

  • Untuk membuat ramuan ini lakukan dengan cara menyiapkan sebuah wadah bersih. Kemudian masukkan sebanyak 1 sendok teh kunyit bubuk ke dalamnya.
  • Agar khasiat dari kunyit bekerja dengan lebih efektif maka campuran lemon akan sangat membantu. Silahkan masukkan sedikit perasan lemon untuk mengentalkan kunyit menjadi pasta.
  • Aduk dengan merata. Lalu oleskan pada bagian bekas jerawat dan flek hitam. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar manfaatnya bekerja dengan efektif.

Karena obat ramuan ini dibuat dari bahan alami maka penggunakan jangka panjang tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya. Untuk itu, silahkan gunakan perawatan ini minimal 1 kali dalam sehari sampai bekas jerawat tersamarkan.

Gunakan Madu

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Ramuan alami untuk cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam selanjutnya adalah madu. Madu punya kandungan antibiotik yang bekerja untuk membantu perawatan jerawat agar sembuh dengan lebih cepat. Selain itu, madu juga punya khasiat untuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam yang mengganggu.

  • Cara peracikan madu sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat dapat dilakukan dengan siapkan madu secukupnya saja. Artinya jumlah madu akan tergantung dari seberapa banyak bekas jerawat yang ada pada wajah anda.
  • Siapkan kuas, kemudian celupkan pada madu dan oleskan pada bekas jerawat dengan merata.
  • Kemudian tutupi dengan perban atau dengan menggunakan kasa. Cara ini dilakukan agar manfaat madu meresap ke dalam kulit dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat jerawat.
  • Diamkan semalaman. Untuk memudahkan aktivitas anda sebaiknya bahan ini diaplikasikan sebelum anda tidur di malam hari sehingga esok harinya anda bisa membersihkan wajah seperti biasa.

Gunakan Jus Lemon

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang banyak dalam jus lemon akan bermanfaat sangat baik dalam menyamarkan noda bekas jerawat. Akan tetapi sayangnya, mereka yang punya riwayat kulit kering dan sensitif tidak direkomendasikan menggunakan ramuan yang satu ini sebab bisa mungkin berdampak iritasi.

  • Adapun ramuan jus lemon yang bisa anda buat adalah memeras satu buah lemon dengan perasan.
  • Tampung jusnya dalam mangkuk kecil dan aplikasikan pada wajah menggunakan kapas. Lakukan pemijatan dengan lembut agar bahan ini meresap ke dalam pori.
  • Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Baru bilas wajah anda dan cuci seperti biasa. Kemudian keringkan dengan menggunakan handuk atau kain bersih.

Artikel menarik lainnya: Penting! Ini 7 Cara Merawat Telinga yang Baik dan Benar

Leave a Reply