5 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rontok

5 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rontok – Selain wajah, rambut menjadi salah satu bagian yang menunjang penampilan. Untuknya, merawat rambut adalah hal penting yang harus senantiasa diperhatikan. Berikut ini adalah 5 cara mengatasi rambut kering dan rontok.

Hampir mirip dengan kulit, rambut pun punya beberapa jenis kondisi. Salah satu jenis rambut yang paling sulit ditangani adalah rambut kering. Jenis rambut seperti ini biasanya mengembang sehingga membuat si pemiliknya akan nampak selalu berantakan.

Rambut yang kering bukan hanya membuat penampilan terlihat kurang menarik, namun biasanya beberapa masalah seperti kerontokan akan menjadi kondisi yang mengikutinya. Bila dibiarkan begitu saja, rambut rontok bisa jadi berujung dengan kebotakan yang tentu saja menyeramkan.

Nah, untuk membantu anda mengatasi kondisi ini, tak perlu khawatir di bawah ini adalah cara mengatasi rambut kering dan rontok. Seperti apa saja sih? Simak langsung yuk tipsnya! Baca juga: Ternyata Mudah, Ini 4 Cara Membuat Plastisin (Playdough)

5 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rontok

Rambut yang kering dan kusam bisa dipicu oleh banyak hal seperti kekurangan nutrisi atau akibat dari penggunaan mesin penata rambut dengan suhu tinggi. Tampilan rambut kering yang mengembang dan keluhan rontok yang tak kunjung usai tentu menjadi kekhawatiran banyak orang, terutama kaum wanita. Oleh karenanya, di bawah ini adalah 6 cara mengatasi rambut kering dan rontok.

Memotong Bagian Ujung Rambut

https://bisikan.com/bagaimana-mengeringkan-rambut-agar-tidak-mudah-merusak-rambut

Rambut yang kering biasanya ditandai dengan bagian ujung yang terasa kasar dan bercabang. Kondisi seperti ini bisa terjadi sebab dari penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok atau mungkin akibat dari penggunaan catokan atau hairdryer yang terlalu panas.

Ujung rambut yang bercabang perlu anda potong secara rutin karena biasanya bagian ujung dengan kondisi ini akan cenderung sulit ditata. Selain itu, tekstur kasar pada ujung rambut akan memberikan kesan rambut seperti sapu ijuk. Untuk itu, pertimbangkan dengan baik untuk menghilangkan bagian tersebut.

  • Anda bisa mengunjungi salon bila memang khawatir pemotongan ujung rambut yang dilakukan sendiri akan merusak tatanan rambut anda.
  • Bila memang anda akan melakukannya sendiri, pastikan minta bantuan orang lain sehingga anda tidak kesulitan menjangkau bagian yang sulit anda jangkau.
  • Jangan terlalu panjang. Pada saat memotong ujung rambut, cukup potong kira-kira 1-1,5 cm. Pemotongan dengan ukuran yang terlalu panjang dikhawatirkan akan merubah bentuk tatanan rambut anda.
  • Bila perlu konsultasikan dengan hairstylist anda tentang penanganan ujung rambut yang kering dan bercabang. Biasanya di tangan para ahli, penanganan ini bisa lebih cepat hasilnya.

Berikan Vitamin Rambut

https://bisikan.com/bagaimana-mengeringkan-rambut-agar-tidak-mudah-merusak-rambut

Untuk mendapatkan rambut yang sehat, keramas dengan rajin saja tidak cukup anda lakukan. Rambut anda mungkin butuh nutrisi tambahan dari vitamin rambut. Saat ini ada banyak vitamin rambut yang dijual di pasaran dengan aneka manfaat yang berbeda. Pastikan anda memilih produk dengan manfaat untuk melembabkan rambut dan membuatnya berkilau secara alami. Adapun cara mengaplikasikan vitamin rambut dapat dilakukan dengan cara:

  • Keramas atau cuci terlebih dahulu rambut anda seperti biasa. Gunakan kondisioner untuk melembabkan rambut.
  • Setelah itu, keringkan rambut dengan merata. Sebaiknya hindari penggunaan hairdryer karena mesin inilah yang menjadi sumber penyumbang rambut mudah kering.
  • Setelah rambut kering dengan merata, anda bisa mengaplikasikan vitamin rambut dari mulai pangkal rambut dekat dengan pori-pori sampai dengan bagian ujungnya dengan merata.
  • Jumlah vitamin rambut yang dibutuhkan akan tergantung dari seberapa panjang ukuran rambut anda. Jadi jangan terlalu terpaku pada aturan pakai agar rambut anda ternutrisi secara keseluruhan.

Nutrisi Rambut dari Dalam

https://bisikan.com/bagaimana-mengeringkan-rambut-agar-tidak-mudah-merusak-rambut

Sama halnya dengan tubuh, selain perawatan dari luar. Memberikan nutrisi dari dalam pun sama pentingnya. Perlu anda ketahui bahwa pertumbuhan rambut didapat dari folikel. Untuk bisa mendukung kualitas daripada folikel rambut anda maka asupan makanan berkualitas terutama protein menjadi hal penting.

Mungkin selama ini masalah yang sering anda hadapi tentang rambut anda bersumber dari asupan makan anda yang kurang sehat. Untuk itu, mulai saat ini perbaiki pola makan anda dan pastikan asupan makanan sehat terjaga dengan baik. Adapun beberapa jenis makanan yang akan baik untuk menutrisi rambut dan mengatasi rambut kering diantaranya adalah:

  • Bluberi
  • Kacang kenari
  • Kacang merah
  • Ikan Sarden
  • Tomat
  • Ikan Kembung
  • Brokoli
  • Ikan Salmon
  • Tiram
  • Tuna

Tak hanya makanan dengan kandungan protein saja yang akan baik untuk meningkatkan nutrisi pada rambut. Namun jenis makanan dengan kandungan antioksidan dan omega-3 pun sama pentingnya untuk anda asup ke dalam tubuh.

Hindari Keramas Setiap Hari

https://bisikan.com/bagaimana-mengeringkan-rambut-agar-tidak-mudah-merusak-rambut

Banyak yang salah beranggapan bahwa keramas atau mencuci rambut setiap hari akan baik untuk menjaga kesehatan rambut. Keramas setiap hari memang menghilangkan kotoran dan kuman pada rambut, namun hal ini bukan berarti baik untuk kesehatan dan kualiatas rambut anda.

Perlu diketahui bahwa sampo yang anda gunakan untuk keramas akan dapat menghilangkan kadar minyak dari rambut anda. Sebum adalah kandungan minyak alami yang ada pada rambut yang membuatnya menjadi lebih mudah untuk dirawat.

Ketika rambut kehilangan sejumlah minyak yang dibutuhkan maka yang terjadi adalah rambut anda akan nampak kering dan mengembang. Untuk itu sebaiknya perhatikan dengan baik hal yang di bawah ini.

  • Keramaslah minimal selang dua hari
  • Gunakan produk sampo dan perawatan rambut dengan bahan yang tidak terlalu keras
  • Pastikan anda menggunakan produk yang memang anda butuhkan yakni untuk melembabkan rambut dan mengurangi rambut rontok
  • Bila rambut kering anda sudah parah, memilih produk sampo untuk bayi bisa menjadi pertimbangan karena komposisi di dalamnya yang tidak terlalu keras.

Kurangi Penggunaan Catokan dan Hairdryer

https://bisikan.com/bagaimana-mengeringkan-rambut-agar-tidak-mudah-merusak-rambut

Salah satu penyumbang paling besar terhadap kondisi rambut yang kering adalah kebiasaan mencatok dan mengeringkan rambut menggunakan hairdryer. Mencatok memang membuat rambut menjadi lebih mudah ditata. Begitupun dengan penggunaan hairdryer yang membuat anda lebih mudah mengeringkan rambut dalam waktu yang singkat.

Akan tetapi, bila kebiasaan ini dilakukan terus menerus atau bahkan membuat anda ketagihan dan tidak bisa lepas dari dua mesin penghancur rambut ini. Maka yang terjadi selanjutnya sudah bisa dipastikan kesehatan rambut anda akan hilang dengan perlahan.

  • Alih-alih menggunakan hairdryer sebaiknya keringkan rambut dengan alami. Yakni dengan membiarkannya kering dengan sendirinya.
  • Gunakan bantuan kipas angin. Cara lain yang akan dapat anda lakukan untuk membantu proses pengeringan rambut yang cepat adalah menggunakan kipas angin. Cara ini lebih aman sebab rambut tidak ‘dibakar’ untuk cepat kering.
  • Ada banyak cara alami untuk meluruskan atau mengeriting rambut, salah satunya adalah dengan menyisir rambut sampai kering saat anda ingin rambut lurus. Dan ketika ingin mengeriting rambut anda bisa menggunakan roll rambut dan alat sejenisnya yang tidak bersuhu tinggi seperti pengeriting rambut manual.

Leave a Reply