Segar dan Berkilau, Ini 5 Cara Mengatasi Ketombe

Segar dan Berkilau, Ini 5 Cara Mengatasi Ketombe – Rambut yang berketombe selalu identik dengan tampilan yang lepek dan kurang menarik. Hal ini tentu saja mengikis rasa percaya diri anda, namun tak perlu khawatir dengan 6 cara mengatasi ketombe di bawah ini dijamin rambut lebih segar dan berkilau.

Siapa sih yang tidak ingin punya rambut indah dan berkilau? Apalagi rambut menjadi mahkota untuk semua perempuan. Maka sudah pasti menjaga rambut tetap sehat sama dengan menjaga martabat dari mahkota anda.

Sayangnya, tidak semua orang diberkahi dengan rambut indah secara alami. Sebagian orang mungkin punya riwayat berjuang keras untuk bisa mempercantik rambutnya. Termasuk dengan kehadiran ketombe yang seolah tak ada habisnya. Rasa gatal dan rambut yang lepek akibat pertumbuhan ketombe seringkali tidak percaya diri. Baca juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rontok

5 Cara Mengatasi Ketombe

Namun tak perlu khawatir, krisis percaya itu akan dapat menghilang dengan seketika dengan cara mengatasi ketombe di bawah ini. Penasaran seperti apa caranya? Mari simak informasinya di bawah ini.

Keramas Secara Rutin

Segar dan Berkilau, Ini 5 Cara Mengatasi Ketombe

Salah satu cara mengatasi ketombe yang pertama adalah memastikan anda senantiasa menjaga kebersihan rambut dengan rutin. Hal ini dikarenakan kehadiran ketombe pada rambut bisa dipicu akibat rambut kotor yang bercampur dengan minyak dalam rambut. Ketika anda rajin keramas maka hal ini akan secara efektif mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel pada bagian kulit kepala anda, termasuk dengan ketombe.

Akan tetapi perhatikan dengan baik, rajin mencuci rambut atau keramas tidak diartikan sebagai keramas setiap hari. Namun bersihkanlah rambut minimal 2 kali dalam seminggu. Atau pada saat anda merasa rambut anda sudah kotor dan tidak nyaman. Cara keramas yang baik bisa disimak di bawah ini.

  • Basahi rambut dengan menggunakan air sampai rambut benar-benar basah dengan merata.
  • Lalu kucurkan sampo secukupnya.
  • Pilihlah sampo yang tidak mengandung deterjen atau busa yang terlalu banyak sebab formula ini sifatnya keras dan mampu mengikis kandungan minyak yang membuat rambut berkilau.
  • Lakukan pemijatan dengan lembut dan pastikan seluruh bagian kepala anda dipijat dengan merata.
  • Bilas dengan air sampai busanya benar-benar bersih dan merata.
  • Jangan lupa pakai conditioner untuk melembutkan rambut
  • Bilas kembali dengan air bersih dan keringkan rambut.

Manfaatkan Minyak Zaitun

Segar dan Berkilau, Ini 5 Cara Mengatasi Ketombe

Selain baik untuk menjaga kesehatan kulit dan merawat kecantikan tubuh, minyak zaitun rupanya baik pula untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah kehadiran ketombe. Hal ini dikarenakan minyak zaitun adalah solusi terbaik untuk masalah gangguan kulit kepala secara alami, cepat dan efektif.

Selain itu, minyak zaitun pun masuk ke dalam salah satu bahan yang tidak sulit untuk ditemukan sehingga anda akan bisa menikmati manfaat dari bahan ini dengan lebih mudah. Adapun cara penggunaan minyak zaitun untuk cara mengatasi ketombe adalah sebagai berikut:

  • Siapkan minyak zaitun kira-kira sebanyak 5 sendok makan atau sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  • Masukkan ke dalam wadah atau pisin dengan permukaan yang ceper.
  • Belah rambut anda sesuai dengan garis kemudian aplikasikan minyak zaitun pada bagian kulit kepala dengan merata.
  • Lakukan pemijatan dengan lembut untuk memastikan bahan ini meresap ke dalamnya.
  • Tunggu selama kurang lebih 30 menit agar bahan ini meresap ke pori kulit kepala anda.
  • Lalu setelah itu, bilas rambut dengan menggunakan air hangat kuku.
  • Kemudian lanjutkan keramas untuk menghilangkan kesan licin dari bekas minyak zaitun yang menempel.

Gunakan Lidah Buaya

Segar dan Berkilau, Ini 5 Cara Mengatasi Ketombe

Bahan alami sebagai cara mengatasi ketombe selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang punya khasiat ampuh untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman dengan daging buah berlendir dan bagian kulitnya berduri ini kini bisa anda manfaatkan untuk mengatasi ketombe yang mengganggu.

Kandungan dalam lidah buaya seperti lemak, protein, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C tak hanya ampuh menghitamkan rambut secara alami. Pun ini berkhasiat untuk mencegah ketombe, rambut rontok dan menguatkan akar rambut. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai cara mengatasi rambut rontok cara meramunya:

  • Ambil secukupnya lidah buaya kemudian bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih.
  • Kemudian setelah itu, ambil hanya bagian dagingnya saja.
  • Belah rambut sesuai dengan garisnya dan aplikasikan lidah buaya dengan cara mengolesnya secara langsung pada bagian permukaan kulit kepala.
  • Lakukan pemijatan dengan lembut agar bahan ini meresap ke dalam kulit kepala dan bekerja dengan efektif.
  • Lalu setelah itu, diamkan selama kurang lebih setengah jam dan baru bilas rambut anda dengan air.

Baca artikel terbaru: 3 Langkah Cara Membuat Bawang Hitam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Manfaatkan Daun Sirsak

Segar dan Berkilau, Ini 5 Cara Mengatasi Ketombe

Bahan alami selanjutnya yang dapat anda manfaat adalah daun sirsak. Daun sirsak memiliki kandungan Acetogenin yakni sekumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas dalam membunuh racun yang ada di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat). Di dalam tubuh ATP adalah energi yang dibutuhkan agar sel kanker dapat berkembang.

Namun keberadaan acetogenin ini akan menempel pada bagian reseptor dinding sel dan bekerja merusak ATP pada dinding yang disebut dengan mitokondria. Akan tetapi, selain bermanfaat untuk kesehatan, bahan alami ini pun bermanfaat untuk manusia. Ajaibnya, senyawa dalam daun sirsak bersifat racun untuk serangga dan parasit namun bermanfaat baik untuk tubuh kita. Itulah mengapa, bahan daun sirsak digunakan untuk membasmi ketombe dan juga kehadiran kutu.

  • Penggunaannya adalah dengan menyiapkan beberapa lembar daun sirsak yang sudah dibersihkan.
  • Haluskan dengan cara ditumbuk dengan merata. Lalu berikan tambahan air ke dalamnya.
  • Gunakan sebagai masker rambut dan diamkan selama kurang lebih setengah jam.
  • Bilas dengan menggunakan air bersih dan cuci rambut seperti biasa.

Gunakan Lemon

Segar dan Berkilau, Ini 5 Cara Mengatasi Ketombe

Anda mungkin familiar dengan lemon sebagai obat untuk segala masalah yang ada pada rambut, termasuk dengan ketombe. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan asam yang tinggi dalam lemon akan dapat bekerja mengelupas dan mengangkat sel kulit mati yang juga merupakan ketombe.

Oleh karenanya, daripada jauh-jauh ke dokter kulit atau ke salon hanya untuk tahu cara mengatasi ketombe. Akan lebih baik tabung dan simpan uangnya untuk hal yang lebih bermanfaat sebab obat ketombe yang ampuh bisa didapatkan dengan sangat terjangkau.

  • Modal yang anda butuhkan hanyalah satu buah lemon dengan ukuran besar atau sedang.
  • Seperti biasa belah rambut sesuai dengan garis dan iris lemon menjadi beberapa bagian.
  • Oleskan lemon dan gosok dengan perlahan sampai jusnya keluar.
  • Diamkan selama beberapa saat kira-kira setengah jam sampai bahan ini meresap dan bekerja dengan baik pada kulit kepala.
  • Kemudian cuci bersih rambut anda seperti biasa.

Demikianlah beberapa cara mengatasi ketombe secara alami yang bisa anda lakukan di rumah dengan mudah dan murah. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam penanganan ketombe secara alami adalah karena bahan ini bersifat natural maka dibutuhkan waktu sampai manfaatnya benar-benar bisa dirasakan. Oleh karenanya, pastikan anda melakukannya secara rutin.

Terbaru dari kami: 6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula

Leave a Reply