5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah dan Pikiran yang Kacau

5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah dan Pikiran yang Kacau – Permasalahan yang terjadi dalam kehidupan seringkali membuat hati dan pikiran menjadi kacau. Untuk membantu anda menenangkan hati dan pikiran yang gelisah, di bawah ini adalah cara dan tips yang akan dapat disimak.

Setiap orang pasti pernah mengalami sebuah fase dimana hati mereka gelisah dan pikiran mereka tak karuan sebab dari masalah yang dihadapinya. Kondisi ini bila tidak segera diatasi dengan baik akan dapat berdampak terhadap kesehatan jiwa dan mental. Semakin hari semakin menumpuk akan timbul permasalahan mental pada diri yang semakin berkecamuk.

Selain itu, ketika hati tidak tenang mood kita pun cenderung menjadi berantakan. Pada akhirnya fokus anda pun menjadi buyar dan ini akan pula membuat kita menjadi tidak fokus dalam menjalani hari. Baca juga: Lebih Produktif, Begini 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas

5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah dan Pikiran yang Kacau

Tak perlu khawatir di bawah ini adalah beberapa cara menenangkan hati yang gelisah serta pikiran yang kacau sehingga anda bisa kembali semangat dan menjalani hari-hari dengan jiwa yang lebih positif.

Tidak Terus Menerus Menyalahkan Diri Sendiri

Sebuah permasalahan adalah hal yang wajar terjadi dalam kehidupan manusia. Hanya saja, ketika permasalahan tersebut timbul karena kesalahan atau kecerobohan kita seringkali kita terus menerus menyesalkan kejadian yang sudah berlalu dan terus menyalahkan diri kita sendiri. Hal inilah yang kemudian menjadi beban pikiran yang semakin besar ditambah dengan perasaan hati yang terasa tidak tenang.

Percayalah, terus menerus menyalahkan diri sendiri tidak akan membuat permasalahan di dalam hidup anda menjadi selesai atau membuat masalah menjadi terlupakan. Malah sebaliknya, hal ini akan membuat beban dalam diri anda tidak akan pernah usai. Alhasil, hal-hal baik di depan mata anda akan dilewatkan begitu saja. Maka dari itu, alih-alih terus menyalahkan diri sendiri akan lebih baik untuk lakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Evaluasi apa hal atau kesalahan yang membuat masalah tersebut terjadi.
  • Segera perbaiki diri anda dan belajar dari kesalahan.
  • Jangan ulangi kesalahan yang sama

Tetaplah Berpikir Positif

5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah dan Pikiran yang Kacau

Cara menenangkan hati yang selanjutnya adalah dengan berusaha tetap berpikiran positif meski seburuk apapun masalah yang anda hadapi. Tetap yakin bahwa dari semua masalah yang anda hadapi saat ini pasti akan ada solusinya. Tidak akan pula selamanya anda berada dalam kesulitan sebab dunia ini berputar. Bila anda percaya dan tetap mau berusaha maka semuanya akan bisa anda lalui.

Hindari pula melihat masalah sebagai sebuah musibah sebab hal ini malah akan semakin membebani anda. Pandanglah sisi baik dari setiap kejadian yang tidak mengenakan yang terjadi kepada kita. Jadikan semua pelajaran yang akan membuat kita menjadi lebih kuat di masa depan. Sebab apa yang tidak membuat kita menyerah hari ini adalah apa yang akan membuat kita semakin kuat.

Dekatkan Diri Kepada Tuhan

5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah dan Pikiran yang Kacau

Kebanyakan orang berpikiran bahwa untuk meredakan masalah hati yang gelisah dan sedang gundah gulana adalah dengan mencari hiburan atau menyenangkan diri mereka. Seperti pergi ke club malam, bersenang-senang dengan teman dan sahabat atau mungkin mabuk-mabukan demi bisa menenangkan diri dan melupakan masalah yang sedang dihadapi.

Anda mungkin merasakan kebahagiaan dan untuk beberapa saat anda melupakan masalah yang sedang anda hadapi. Namun percayalah, kebahagiaan tersebut sifatnya hanyalah sekejap ketika anda dikelilingi oleh teman-teman anda atau pada saat anda berada di bawah pengaruh alkohol saja anda bisa melupakan sejenak beban hidup anda. Namun setelahnya, perasaan bersalah dan hati yang tidak tenang malah akan semakin besar.

Daripada menghabiskan waktu untuk sesuatu yang tidak bermanfaat akan lebih baik cara menenangkan hati yang baik adalah dengan mendekatkan diri anda kepada Tuhan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang akan dapat anda simak.

  • Bila anda adalah seorang Muslim maka perbanyaklah bergaul dengan orang-orang shaleh.
  • Rajin pula pergi ke mesjid dan tingkatkan kualitas ibadah anda.
  • Jangan pernah tinggalkan solat 5 waktu sebagai tiang dari agama.
  • Ketika iman anda kuat maka perasaan hati yang tenang akan semakin terasa sebab anda sadar bahwa di dunia ini ada dzat yang Maha Segalanya yakni Allah SWT.

Artikel menarik: Sederhana! 6 Cara Bahagia Ini Buat Hidup Lebih Bermakna

Hentikan Berpikiran Buruk

5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah dan Pikiran yang Kacau

Salah satu cara menenangkan hati yang paling penting diperhatikan adalah dengan menghindarkan diri anda dari pikiran-pikiran buruk yang selama ini anda takutkan. Ketakutan yang ada dalam benak anda sebenarnya hampir sebagian besar tidak pernah terjadi. Ketakutan yang anda miliki adalah apa yang akan menghindarkan diri kita dari hal-hal baik.

Banyaknya ketakutan di dalam diri akan membuat kita mudah berprasangka buruk kepada orang lain, bahkan kepada Tuhan kita sendiri. Hal inilah yang sebenarnya menjadi kerugian yang paling besar. Sebab setiap saat ketakutan yang anda buat akan menghindarkan anda dari perasaan tenang yang seharusnya anda rasakan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindarkan pikiran buruk, diantaranya adalah:

  • Ubah mindset kita untuk tidak selalu berpikiran yang tidak-tidak.
  • Cari pengalihan saat anda mulai memikirkan hal-hal buruk yang akan dapat membebani pikiran anda.
  • Percayalah seberapa keras kita berusaha menata hidup kita, Tuhanlah yang pada akhirnya punya kendali atas semua yang ada di bumi dan langit, termasuk diri kita sendiri. Jadi percayakan semuanya hanya kepada Tuhan.
  • Bersyukur adalah cara lain yang penting untuk menghindarkan kita agar tidak selalu berpikiran buruk.

Bersyukur

5 Cara Menenangkan Hati yang Gelisah dan Pikiran yang Kacau

Sebagian besar orang yang sulit mendapatkan ketenangan hati adalah mereka yang tidak tahu caranya mensyukuri jutaan nikmat yang Tuhan berikan di dalam kehidupannya. Mereka hanya sibuk mengkhawatirkan hal-hal yang menyangkut kepentingan mereka saja, tanpa tahu setiap detik dan setiap menitnya Tuhan anugerahkan nikmat yang begitu luar biasa.

Maka dari itu, cara menenangkan hati yang paling penting adalah dengan belajar bagaimana mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan. Ada banyak nikmat yang bisa kita syukuri alih-alih terus mengkhawatirkan hal-hal yang belum pasti terjadi. Di bawah ini adalah cara bersyukur untuk hati yang lebih tenang.

  • Coba perhatikan sekeliling kita berapa banyak orang yang kurang beruntung hidupnya dari kita.
  • Nikmat yang Tuhan berikan dalam kehidupan manusia tidak hanya datang dalam bentuk materi. Ada banyak nikmat Tuhan yang seringkali kita lupakan seperti nikmat sehat, nikmat hidup, nikmat bernapas dan lain sebagainya.
  • Bersyukur atas hidup yang kita miliki saat ini sebelum Allah mengambilnya dari kita. Karena sesungguhnya ada banyak orang yang rela melakukan apa saja demi bisa menjalani kehidupan seperti yang kita jalani saat ini. Maka dari itu, bersyukurlah atas apa yang Tuhan berikan.

Itulah dia beberapa cara menenangkan hati dan pikiran yang kacau. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu kita menenangkan hati dan pikiran yang sedang terbebani.

Baca juga: Agar Tak Gampang Meledak, Begini 5 Cara Mengontrol Emosi Berlebihan

 

Leave a Reply