5 Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah

5 Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah – Mempercantik kebun dan halaman rumah bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan menanam bunga matahari. Bagi anda para pemula, yuk ikuti panduan cara menanam bunga matahari dari awal yang mudah.

Melihat barisan bunga matahari di kebun yang luas dan terhampar seperti gelaran karpet berwarna kuning mungkin menjadi salah satu khayalan yang membuat anda tertarik untuk menanam bunga yang satu ini. Atau mungkin, biji bunga matahari yang disebut dengan kuaci yang juga bisa dijadikan cemilan membuat anda berpikir untuk menanam sendiri bunga unik nan cantik ini di rumah.

Ya, menanam bunga matahari ternyata tidak serepot yang dibayangkan. Meskipun bunga ini bisa tumbuh bermeter-meter ukurannya ke atas dan menjulang tinggi. Namun rupanya bunga ini bisa ditanam secara mandiri di rumah untuk mempercantik halaman dan kebun anda. Baca juga: Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang yang Mudah dan Berhasil

5 Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah

Ada beberapa trik dan cara menanam bunga matahari mulai dari biji sampai dengan tumbuh subur seperti yang diharapkan. Anda hanya perlu menyimak bahasan artikel cara menanam bunga matahari ini sampai tuntas sehingga semua informasi penting bisa anda dapatkan untuk menanam bunga berwarna kuning ini.

Pilih Jenis Bunga

Langkah pertama untuk cara menanam bunga matahari yang penting anda perhatikan dengan baik adalah dengan menentukan jenis bunga yang akan anda tanam. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis bunga matahari yang memang bisa tumbuh menjulang sampai bermeter-meter ukurannya.

Untuk anda yang ingin menanamnya di halaman rumah tentunya ukuran yang terlalu menjulang akan nampak kurang cocok. Sehingga demikian, pemilihan jenis bunga matahari yang akan ditanam menjadi hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik. Tanamlah bunga matahari sesuai dengan kebutuhan anda. Di bawah ini adalah beberapa jenis bunga matahari yang bisa anda tanam.

  • Mammoth
  • Teddy Bear
  • Sunbeam
  • Autumn Beauty
  • Big Smile

Dari beberapa jenis bunga matahari di atas, model Big Smile menjadi salah satu pilihan yang bisa anda tanam di rumah atau sekitar pekarangan. Hal ini dikarenakan jenis bunga matahari ini hanya tumbuh sampai ukuran 40 cm.

Perhatikan Tips Memilih Kuaci

5 Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah

Biji bunga matahari atau kuaci adalah benih bunga matahari yang pemilihannya perlu diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan benih yang berkualitas akan pasti menghasilkan tanaman yang juga berkualitas. Dalam pemilihannya, di bawah ini adalah tips memilih kuaci untuk benih bunga matahari.

  • Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah hanya membeli benih kuaci di toko yang memiliki ulasan yang baik untuk menghindari risiko benih yang kurang berkualitas.
  • Penting diperhatikan bila jenis kuaci yang sering dikonsumsi berbeda dengan benih bunga matahari yang akan ditanam. Biasanya untuk benih, ukuran kuaci akan lebih kecil dibandingkan dengan yang anda konsumsi dari kemasan.
  • Perlu diketahui bahwa kuaci dari setiap jenis bunga matahari memiliki bentuk dan warna yang berbeda. Jadi penting sekali menentukan terlebih dahulu jenis bunga matahari seperti apa yang anda inginkan.
  • Sebaiknya berkonsultasi dengan pemilik toko sebelum anda membeli benih agar jenis benih sesuai.
  • Lakukan uji tanam sebelum benar-benar memilih benih bunga matahari. Caranya adalah dengan merendam kuaci dalam air dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kuaci yang tidak layak tanam biasanya mengapung dipermukaan ketika direndam.

Artikel menarik: Tutorial Cara Membuat Bunga dari Sedotan Hanya 5 Menit

Siapkan Lahan

5 Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah

Setelah anda punya benih maka langkah selanjutnya yang penting diperhatikan dalam cara menanam bunga matahari adalah mulai menyiapkan lahan. Ada beberapa kreteria lahan yang perlu anda persiapkan agar kondisinya mampu dan layak untuk mendukung pertumbuhan bunga matahari sehingga tumbuh dengan baik dan subur.

  • Pastikan lahan yang anda bangun punya pembuangan air yang mumpuni. Atau bila tidak anda bisa membangun kotak tanam yang sederhana.
  • Pembangunan kotak tanam dapat dilakukan dengan membuat bangunan dari material kayu cemara dengan panjang kira-kira 2,5 meter.
  • Periksa pula pH tanah yang akan penting dalam mendukung perkembangan bunga. pH tanah yang cocok untuk bunga matahari adalah tanah yang sedikit asam dengan pH antara 6,0 sampai dengan 7,5
  • Pastikan pula lahan yang dibangun terpapar dengan sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan, pancaran sinar matahari akan mempengaruhi pertumbuhannya.
  • Hindari pula tanaman dari angin yang terlalu kencang.
  • Beberapa tempat yang cocok untuk dijadikan lahan penanaman bunga matahari diantaranya adalah sepanjang pagar, di belakang barisan pohon atau mungkin samping rumah anda.

Perhatikan Proses Penanaman

5 Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah

Dalam penanamannya, beberapa hal penting perlu anda persiapkan dan diperhatikan dengan baik. Hal ini tentu saja bertujuan untuk mendukung agar bunga matahari bisa tumbuh subur dan indah sebagaimana yang kita harapkan. Adapun beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses penanaman bunga matahari diantaranya adalah:

  • Penggemburan tanah menggunakan sekop dapat anda lakukan untuk mengawali proses. Apabila tanah dirasa kurang nutrisi atau mungkin terkendala dengan sistem drainase yang buruk maka penambahan kompos sebanyak kira-kira 6-10 cm bisa anda lakukan.
  • Lanjutkan dengan proses penggalian lubang untuk benih bisa ditanam. Buat lubang kira-kira 2,5 cm dan berikan jarak masing-masing sekitar 45 cm. Ukuran jarak ini berlaku untuk jenis bunga matahari dengan ukuran yang besar. Sementara untuk ukuran yang sedang, anda hanya perlu memberikan jarak sekitar 30 cm.
  • Silahkan masukkan beberapa bening pada setiap lubang dan lakukan penutupan tanah dengan perlahan.
  • Perlu diperhatikan dikarenakan proses mekarnya bunga matahari hanya setahun sekali. Maka anda bisa mengatur masa penanaman benih sehingga waktu mekarnya bisa anda nikmati dalam rentang yang lebih lama.
  • Pemberian pupuk organik pada tiap lubang setelah bibit berhasil ditanam akan penting dilakukan. Silahkan sebarkan pada area tanah dengan tujuan untuk menguatkan batang bunga.
  • Terakhir, basahi tanah dengan sedikit air agar bunga bisa tumbuh dengan sempurna. Namun perhatikan untuk tidak menyiraminya terlalu basah.

Perhatikan Proses Perawatan

5 Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah

Setelah berhasil menanam benih bunga matahari tidak berarti tugas anda sudah selesai sampai disana. Untuk bisa menghasilkan bunga matahari dengan kualitas yang baik maka proses perawatan menjadi langkah penentu yang penting anda perhatikan dengan baik. Di bawah ini adalah proses perawatan tanaman bunga matahari yang perlu dilakukan.

  • Proses penyiraman bunga dapat dilakukan secara teratur setiap harinya. Penting diketahui bahwa bunga matahari adalah jenis tanaman yang suka disirami dengan jumlah air yang banyak namun dengan interval yang jarang. Maka dari itu, perhatikan hal ini dengan baik dan sesuaikan pemberian air berdasarkan cuaca panas atau berawan.
  • Pemberian lapisan mulsa pada permukaan tanah bisa anda lakukan. Cara ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan gulma sekaligus menahan kelembapan pada tanaman. Pemberian mulsa bisa anda tambahkan terutama setelah hujan lebat.
  • Pastikan anda selalu membasmi jamur dan hama untuk mendapatkan tanaman bunga matahari yang berkualitas. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil cacing. Atau anda juga bisa memasang jaring guna mencegah burung atau hewan lain menghancurkan bunga.

Bahasan menarik: Ini 4 Aturan dan Cara Konsumsi Saffron Untuk Kesehatan

Leave a Reply