5 Cara Memutihkan Baju Putih dan Menghilangkan Noda

5 Cara Memutihkan Baju Putih dan Menghilangkan Noda – Baju putih yang menguning dan noda pada pakaian menghilangkan kecantikan dari si pakaian itu sendiri. Terutama pada baju putih, bercak noda akan sangat terlihat jelas. Mari simak cara memutihkan baju putih dan menghilangkan noda.

Pakaian yang selalu nampak seperti baru akan sangat menyenangkan dikenakan. Betapa tidak, dari baju yang bersih penampilan akan dapat ditunjang dengan baik. Sayangnya, merawat baju terutama baju dengan warna yang cerah seperti warna putih seringkali sulit untuk dilakukan.

Kesan kekuningan yang muncul pada baju berwarna putih akan tentu membuat anda enggan menggunakannya. Belum lagi, sedikit noda yang muncul pada baju berwarna putih akan terlihat sangat jelas. Namun tak perlu khawatir, dengan cara memutihkan baju putih dan menghilangkan noda di bawah ini kami akan bagikan tips dan trik dalam perawatan baju berwarna putih dan berwarna cerah. Baca juga: DIY Tutorial Cara Membuat Gelembung Sabun Hanya 3 Langkah

5 Cara Memutihkan Baju Putih dan Menghilangkan Noda

Merawat baju berwarna cerah memang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Tantangan proses pencucian untuk menjaganya tetap bersih dan cerah seringkali menjadi hal yang ibu khawatirkan. Namun tak perlu khawatir di bawah ini mari kita simak cara memutihkan baju putih dan seperti apa cara menghilangkan noda yang membandel.

Jemur di Bawah Sinar Matahari

5 Cara Memutihkan Baju Putih dan Menghilangkan Noda

Cara memutihkan baju putih yang mulai menguning pertama adalah dengan memastikan anda menjemurnya di bawah terik sinar matahari. Cara ini akan ampuh sebagai cara memutihkan baju putih yang alami dan mudah untuk dicoba di rumah. Anda yang punya jemuran di luar ruangan dengan sengatan sinar matahari yang mengenai langsung jemuran anda, tentu anda patut berterimakasih.

Noda menguning pada baju putih dan kotoran yang menempel pada baju akan dapat dengan lebih mudah menghilang setelah cucian selanjutnya. Hal ini dikarenakan sebagaimana dikutip dari liputan6.com menjelaskan bahwa pancaran sinar ultraviolet yang berasal dari matahari akan dapat membantu memecah ikatan kimia yang terkandung dalam noda yang menempel pada baju. Sehingga noda tidak lagi membandel dan lebih mudah pudar.

  • Cara memutihkan baju putih ini sebenarnya cukup mudah anda hanya perlu terlebih dahulu mencuci pakaian seperti biasa. Gunakan sabun dan deterjen untuk membersihkan baju dengan merata.
  • Bilas pakaian dengan merata sampai bersih. Kemudian keringkan terlebih dahulu menggunakan mesin pengering.
  • Baru setelah itu, jemur di bawah terik sinar matahari pastikan bagian noda yang menempel pada baju terkena sinar matahari secara langsung.

Berikan Campuran Cuka

5 Cara Memutihkan Baju Putih dan Menghilangkan Noda

Mendengar cuka dapur masuk ke dalam daftar cara memutihkan baju putih yang terkena noda atau menguning anda mungkin mengernyitkan dahi. Betapa tidak, aroma cuka dapur yang kecut dan kuat mungkin membuat anda enggan mendekatkannya ke baju anda, apalagi untuk menjadikannya bahan penghilang noda. Namun, begitulah salah satu alternatif untuk mengembalikan warna cerah dari pakaian.

Hal ini dikarenakan cuka dapur punya manfaat asam yang akan dapat memecah ikatan kimia yang terkandung dalam noda yang menempel di baju dan pakaian. Oleh karenanya, bahan ini disebut-sebut sebagai salah satu alternatif pemutih baju yang lebih aman dan tradisional.

  • Cara menggunakannya adalah dengan menambahkan kira-kira sebanyak 1/2 atau 1/4 cangkir cuka dapur ke dalam air putih untuk mencuci baju.
  • Kemudian aduk dengan merata boleh menggunakan tangan atau dengan sendok kayu. Hindari menggunakan sendok besi atau gayung dari bahan plastik karena beberapa bahan plastik bisa meninggalkan bekas ketika bersentuhan dengan cuka yang punya kadar asam yang sangat tinggi.
  • Setelah itu, silahkan rendam baju selama beberapa saat kira-kira 30 menit.
  • Kemudian kucek baju sampai bersih dan anda bisa membuktikan sendiri, noda pada baju semakin mudah dibersihkan.

Selain dijadikan sebagai bahan pemutih baju, cuka juga bisa sekaligus bermanfaat untuk melembutkan pakaian.

Artikel menarik: Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Rendam Menggunakan Jeruk Purut

5 Cara Memutihkan Baju Putih dan Menghilangkan Noda

Selain cuka, cara memutihkan baju putih dan pakaian cerah lain yang akan dapat anda coba adalah merendamnya menggunakan air jeruk purut. Bahan yang selama ini kita gunakan sebagai bahan baku masakan ini rupanya dapat juga dimanfaatkan untuk me-laundry pakaian kita yang kotor.

Noda membandel dan sulit dihilangkan dengan sabun biasa akan seketika mudah dihilangkan dengan jeruk purut karena kandungan asam di dalamnya mampu melunturkan kotoran dengan cepat. Daripada menggunakan bahan pemutih pakaian yang seringkali terasa panas saat terkena tangan, bahan jeruk purut tentu lebih aman dan jauh dari efek samping.

  • Hampir sama dengan cuka, penggunaan jeruk purut dimanfaatkan bagian airnya saja. Jadi siapkan beberapa buah jeruk purut dan peras dengan merata.
  • Masukkan ke dalam ember kemudian campur dengan air dan aduk dengan merata.
  • Masukkan pakaian yang kotor ke dalamnya dan biarkan selama beberapa saat sampai meresap.
  • Baru angkat pakaian dan kucek untuk menghilangkan noda dengan merata.

Gunakan Campuran Baking Soda

5 Cara Memutihkan Baju Putih dan Menghilangkan Noda

Cara memutihkan baju putih selanjutnya yang bisa anda coba adalah dari baking soda. Bahan alami ini bekerja dengan sangat baik dalam membersihkan noda yang tidak bisa dihilangkan oleh sabun cuci biasa. Selain itu, kandungan di dalam baking soda mampu membasmi bakteri dan memberikan keharuman maksimal.

Dengan demikian, pakaian anda tak hanya bebas dari noda kuning dan noda membandel saja. Akan tetapi, pakaian kini menjadi lebih bersih dan bebas dari kuman. Lalu bagaimana sih cara penggunaan baking soda untuk ramuan cara memutihkan baju putih? Di bawah ini cara yang dapat anda simak.

  • Langkah pertama siapkan terlebih dahulu sekitar 4 liter air di dalam sebuah ember.
  • Kemudian masukkan sebanyak 1 cangkir baking soda dan aduk semua bahan ini sampai larut dengan merata.
  • Kemudian, masukkan pakaian putih dan berwarna terang ke dalamnya. Lalu bersihkan seperti biasa anda mencuci baju. Hanya saja, bagian yang terkena dengan noda perlu anda kucek sedikit lebih kuat agar nodanya benar-benar menghilang dengan merata.

Gunakan Produk Pemutih Baju

5 Cara Memutihkan Baju Putih dan Menghilangkan Noda

Cara memutihkan baju putih yang terakhir yang dapat anda coba adalah dengan menggunakan produk pemutih baju itu sendiri. Hanya saja, ada beberapa produk pemutih yang hanya diperuntukan untuk baju yang berwarna putih sebab formula di dalam produknya dapat mengikis lapisan warna.

  • Cara penggunaan pemutih baju adalah dengan mencampurkan secukupnya pemutih ke dalam air kira-kira setengah ember.
  • Aduk dengan merata dan rendam baju ke dalamnya. Lalu kucek sampai bersih.
  • Bilas baju dengan menggunakan air bersih dan berikan pewangi untuk menyamarkan aroma pemutih yang biasanya sangat kuat.
  • Keringkan dengan mesin pengering atau cukup diperas saja. Kemudian jemur di bawah terik sinar matahari sampai benar-benar mengering.

Nah, itulah dia beberapa cara memutihkan baju putih yang dapat anda lakukan di rumah. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Anda mungkin tertarik: Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Baik dan Benar

Leave a Reply