4 Menit Tutorial Cara Membuat Origami Burung Merpati

Tutorial Cara Membuat Origami Burung Merpati  – Seni origami tak hanya mampu menghasilkan kerajinan yang cantik. Namun katanya, ini pun mampu mengasah otak dan menstimulasi motorik. Berikut ini tutorial cara membuat origami burung merpati yang dapat anda simak.

Memperkenalkan seni rupa berupa origami atau kerajinan melipat kertas adalah salah satu pendidikan seni yang menyenangkan dan edukatif tentunya. Karena selain mampu mengasah keterampilan dengan baik, sebuah penelitian menjelaskan bahwa seni origami akan pula bermanfaat untuk mengasah otak dan secara tidak langsung menstimulasi  anak agar lebih cerdas. Baca juga: 4 Cara Membuat Kerajinan dari Botol Bekas Bentuk Lampu Hias

4 Menit Tutorial Cara Membuat Origami Burung Merpati

Nah, pada kesempatan kali ini adalah tutorial cara membuat origami burung merpati dengan langkah mudah yang hanya kurang lebih membutuhkan waktu 4 menit saja untuk anda bisa menirunya. Nantinya, hasil karya yang anda buat ini bisa digantung dan dijadikan hiasan di rumah untuk mempercantik ruangan kamar anda.

Bahan yang Perlu Disiapkan

Sebelum terburu membuat origami burung merpati kali ini anda perlu mempersiapkan peralatan yang akan anda perlukan.

  • Kertas warna dengan ukuran 4×4 cm
  • Spidol

Cara Membuat Origami Burung Merpati

Nah, setelah kertas dan spidol dipersiapkan dengan merata maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah mulai mengikuti langkah demi langkah pada tutorial origami burung kali ini. Seperti apa sih cara serunya? Simak di bawah ini. Terbaru artikel: Jangan Panik! Ini 7 Cara Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Lipat Kertas Menjadi Segitiga

Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat origami burung merpati kali ini adalah dengan terlebih dahulu menghamparkan kertas warna dengan bagian putih berada di bagian dalam.

  • Lalu untuk membentuk dasar origami burung kali ini kertas perlu dilipat membentuk segitiga. Maka dari itu, silahkan lipat kertas warna dengan perlahan membentuk segitiga.
  • Lalu tekan bagian garis untuk membentuk garis tegas agar origami yang anda bentuk tampilannya lebih rapi.
  • Setelah itu, lipat kembali menjadi dua tumpuk baik ke arah kanan maupun ke arah kiri sesuai dengan pilihan anda yang mana sebenarnya keduanya sama saja.
  • Tekan kembali garis agar membentuk garis tegas pada setiap lipatan.

Buka Lipatan dan Tarik ke Arah Berlawanan

4 Menit Tutorial Cara Membuat Origami Burung Merpati

Selesai dengan lipatan segitiga di atas, kini anda masih perlu membuat lipatan dengan bentuk yang sama. Namun kali ini, arahnya akan berlawanan dari bentukkan segitiga yang sudah anda buat sebelumnya.

  • Caranya adalah dengan menarik salah satu bagian ujung lipatan dan tarik ke arah berlawanan.
  • Tekan garis tegas
  • Lakukan hal yang sama pada bagian sisi yang satunya lagi sehingga anda mendapati bentuk segitiga seperti di atas.

Lipat Bagian Ujung di Atas dan Lipat ke Dalam

4 Menit Tutorial Cara Membuat Origami Burung Merpati

 

Selanjutnya, silahkan lipat bagian ujung atas dengan menariknya ke bagian bawah kira-kira ukurannya sekitar 2 cm. Lakukan dengan perlahan lalu tarik kembali ke arah yang lain dan tarik garis tergas.

Setelah itu, buka bekas lipatan dari atas dan tekuk masing-masingnya ke arah dalam sehingga kini bentuknya seperti perahu.

Bentuk Lipatan Kepala Burung

4 Menit Tutorial Cara Membuat Origami Burung Merpati

Apabila sudah selesai dengan lipatan di atas dan bentuknya seperti perahu, kini salah satu ujungnya dapat anda lipat ke bagian depan sedikit saja. Bentukkan ini adalah bakal dari kepala burung dari origami yang akan kita buat kali ini.

Lalu setelah itu, buka kembali lipatan tersebut dan tekuk ke bagian dalam dihimpit dengan setengah bagian segitiga pada bekas lipatan yang anda buat sebelumnya. Kini bentuk dari kepala burung sudah hampir terlihat.

Buka Lipatan Sayap Burung

4 Menit Tutorial Cara Membuat Origami Burung Merpati

 

Kemudian, silahkan tarik bagian masing-masing lipatan bawah untuk membentuk sayap dari burung kali ini. Tarik garis lurus untuk menegaskan garis-garis yang anda buat.

Buat Bagian Ekor Burung

4 Menit Tutorial Cara Membuat Origami Burung Merpati

Untuk membuat kesan ekor yang lebih realistis pada origami burung kali ini anda hanya perlu menarik bagian sisi lipatan yang dibatasi dengan bagian lainnya pada kertas yang anda lipat. Tarik bagian tersebut ke bagian dalam dan buka dengan perlahan sedikit saja. Lalu tekuk dan tarik ke bagian dalam membentuk lebar seperti ekor burung. Setelah selesai maka anda akan dapat memberikan spidol pada bagian kepala burung untuk membuat mata dari burung kali ini.

Tips:

Pada tahapan awal pembuatan origami bentuk burung kali ini anda mungkin menjumpai kegagalan baik itu kesalahan melipat atau mungkin bentuknya yang kurang terlihat menarik. Namun tak perlu khawatir, tahapan pertama adalah tahapan belajar dimana kesalahan dan kegagalan adalah hal yang wajar.

Salah satu tips penting yang akan membantu anda dalam pembuatan origami yang berhasil adalah memperhatikan ketepatan dan ketegasan garis yang anda buat. Selain itu, kesabaran anda pun menjadi hal penting untuk senantiasa diperhatikan dengan baik.

Jadi tak perlu terburu-buru, toh nanti pun setelah anda paham betul cara pembuatannya anda akan bisa lebih cepat membentuk origami bentuk burung ini dengan sendirinya. Pastikan pula kertas yang digunakan adalah kertas warna dengan kualitas yang baik yakni bagian yang atasnya glosi dimana model kertas ini akan memudahkan anda untuk bisa membentuk garis dengan lebih tegas tanpa merusak kertas.

Leave a Reply