Penuh Khasiat, Begini 4 Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan

Penuh Khasiat, Begini 4 Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan – WHO telah merekomendasikan daun kelor menjadi sumber makanan yang mampu memenuhi gizi terutama untuk balita. Begini cara mengolah daun kelor yang baik untuk kesehatan.

Belakangan tanah air kita pernah gempar dengan manfaat daun kelor yang ampuh untuk menangkal sesuatu yang bersinggungan dengan hal ghaib. Namun dibalik kebenaran yang jelas atau tidak rupanya daun kelor menjadi salah satu tanaman yang punya khasiat sangat baik terhadap kesehatan. Bahkan WHO (World Health Organization) telah merekomendasikan daun kelor menjadi salah satu sumber makanan yang mampu memenuhi kebutuhan gizi balita di negara-negara miskin di dunia.

Banyak penelitian menemukan semua elemen yang ada di daun kelor bermanfaat untuk kesehatan, termasuk barang, daun dan bahkan biji kelornya. Dimana kesemua elemen ini punya kandungan senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti vitamin A, C, Chlorogenic acid dan juga quercetin.

4 Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan

Anda yang ingin tahu bagaimana cara mengolah daun kelor yang baik untuk kesehatan. Di bawah ini kami berikan beberapa informasi cara mengolah daun kelor yang bisa dibuat di rumah dengan langkah yang mudah dan sederhana. Baca juga: Aman! Ini 6 Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

Dikonsumsi Langsung Pada Saat Masih Mentah

4 Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan

Cara mengolah daun kelor pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung ketika baru saja dipetik. Cara yang satu ini terbilang mudah dan tentunya lebih gampang untuk anda mendapatkan nutrisi dan khasiat dari daun kelor. Hanya saja, hal penting yang perlu diperhatikan adalah durasi ketika menyantap daun kelor mentah itu sendiri.

Baiknya tidak mengkosumsi daun kelor 4 jam setelah dipetik dari tangkainya. Hal ini dikarenakan, daun kelor mudah sekali mengalami fermentasi. Kondisi ini dapat anda lihat langsung dari daunnya yang mudah layu serta menguning ketika disimpan pada suhu ruangan. Perlu diketahui bahwa daun kelor yang menguning apabila dikonsumsi maka kandungan nutrisi yang ada didalamnya pun sudah berkurang. Adapun beberapa cara mengkonsumsi daun kelor segar adalah dengan:

  1. Langkah pertama silahkan petik daun kelor dari tangkainya dengan perlahan.
  2. Kemudian anda akan dapat mencucinya dengan menggunakan air bersih untuk memastikan kotoran yang ada pada daun kelor dibersihkan dengan merata.
  3. Selanjutnya, daun kelor bisa anda konsumsi secara langsung mengingat sifat dari daun kelor yang tidak menyerap air. Sehingga langsung dikonsumsi setelah dibersihkan pun tidak membuat airnya menggenang. Sehingga aman untuk langsung disantap.
  4. Konsumsi daun kelor bisa juga hanya bagian daunnya sehingga anda akan perlu memisahkan daun dari tangkainya. Akan tetapi, lebih baik pula mengkonsumsinya dengan batangnya.

Dibuat Sayur Bening

4 Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan

Cara lain yang akan dapat anda buat untuk cara mengolah daun kelor adalah membuatnya menjadi sayur bening.  Ada cukup banyak manfaat dari sayur bening daun kelor, salah satunya adalah untuk mempelancar ASI. Yang mana bahan ini akan cocok untuk anda yang baru saja melahirkan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat anda ikuti untuk bisa menyajikan sayur bening daun kelor.

Bahan-Bahan:

  • 1 genggam kemangi
  • 1 mangkuk daun kelor muda yang masih segar
  • 1 buah tomat ukuran sedang, potong-potong
  • 1 buah oyong/gambas, potong 1 cm
  • 1 buah jagung manis, potong menjadi 3 bagian

Bumbu-Bumbu:

  • 1 cm temu kunci, cuci bersih
  • 4 butir bawang merah, iris halus
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya

Cara Membuat Sayur Bening Daun Kelor:

  1. Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan air secukupnya di dalam panci. Kemudian panaskan dengan menggunakan api sedang.
  2. Masukkan oyong dan tambahan sayur yakni jagung. Masak sajian ini sampai empuk dan matang dengan merata.
  3. Lalu bumbui dengan bawang merah dan temu kunci untuk membuat aroma semakin enak dan sedap. Selanjutnya berikan pula garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera anda.
  4. Langkah terakhir, anda hanya perlu menuangkan kelor dan aduk dengan merata. Lalu masukkan pula daun kemangi bersama dengan potongan tomat.
  5. Masak sajian ini sampai kelor menjadi lebih layu dan matang dengan merata kira-kira selama 5 menit.

Artikel terbaru: 5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula

Dibuat Teh Daun Kelor

4 Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan

Cara lain yang juga dapat anda lakukan untuk mengolah daun kelor adalah dengan menjadikknya teh. Untuk bisa membuat sajian teh ini, terlebih dahulu daun kelor perlu kita keringkan. Berikut ini adalah cara mengolah daun kelor menjadi teh.

  1. Cara pertama silahkan petik daun kelor dan ambil hanya bagian daunnya saja. Tampung ke dalam wadah dan sisihkan sementara.
  2. Bersihkan daun kelor dengan cara menyiramnya menggunakan air bersih secara merata. Lalu setelah itu, simpan dalam baskom dan rendam dengan air.
  3. Untuk proses pengeringan daun kelor anda hanya perlu meletakkan daun kelor yang sudah dicuci dalam sebuah nampan.
  4. Letakkan di ruangan terbuka dan sebaiknya tidak dijemur secara langsung dibawah pancaran sinar matahari. Hal ini dikarenakan dapat membuat kandungan gizi yang ada di dalamnya menjadi berkurang.
  5. Apabila daun kelor sudah mengering anda bisa menyeduhnya dalam keadaan tersebut atau mungkin menghaluskannya dengan merata sehingga teksturnya menjadi bubuk.
  6. Cara yang dapat dilakukan untuk membuat teh daun kelor bubuk adalah dengan menghaluskan daun kelor mengering dengan blender.
  7. Setelah selesai sebaiknya simpan terlebih dahulu di tempat yang sejuk. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan sebuah enzim di dalam daun kelor bubuk bernama enzim oksidatif. Untuk informasi, kandungan enzim inilah yang membuat daun kelor tidak bisa disimpan terlalu lama.
  8. Untuk dibuat menjadi teh, anda hanya perlu mengambil sebanyak 1 sampai dengan 2 sendok teh bubuk daun kelor dan seduh dengan segelas air panas. Untuk memberikan rasa, anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami.

Dibuat Campuran Telur Dadar

4 Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan

Bila anda bosan dengan cara mengolah daun kelor yang biasa. Saatnya mencoba menu yang istimewa yakni dengan mencampurkannya bersama dengan daun kelor. Pembuatannya hampir sama hanya saja anda dapat mencampurkan daun kelor ke dalam telur dadar sehingga tampilan dan rasanya lebih nikmat. Simak resepnya.

  1. Kocok telur dalam sebuah mangkuk kemudian masukkan bumbu yakni penyedap dan garam.
  2. Aduk dengan merata sampai tercampur. Lalu masukkan daun kelor ke dalamnya dan aduk kembali.
  3. Panaskan minyak dalam sebuah wajan dan gunakan api sedang sehingga anda lebih mudah mendapatkan suhu yang dibutuhkan.
  4. Setelah panas maka silahkan masukkan telur ke dalamnya dan goreng sampai matang. Jangan lupa dibalik agar bagian lainnya tidak gosong.
  5. Kini sajian telur dadar daun kelor sudah siap untuk dinikmati. Jumlah daun kelornya sendiri bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Anda mungkin tertarik: Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel Hanya 5 Menit

Leave a Reply