Jangan Panik! Begini 4 Cara Menghilangkan Keloid yang Mudah

4 Cara Menghilangkan Keloid yang Mudah – Keloid adalah salah satu jenis bekas luka yang tampilannya sangat terlihat jelas di kulit dan sulit untuk dihilangkan. Namun tak perlu khawatir di bawah ini 4 cara menghilangkan keloid yang bisa anda simak.

Keloid adalah salah satu jenis bekas luka yang menonjol dan umumnya sulit untuk dihilangkan. Pada tubuh, keloid bisa terjadi pada area mana saja. Hanya saja, biasanya beberapa bagian tubuh yang rentan terkena dengan keloid adalah bagian dada, bahu dan bagian kepala.

Secara umum, keloid lebih rentan menyerang mereka yang memiliki pigmen kulit yang lebih gelap. Namun demikian, hal ini pun tidak menutup kemungkinan jika mereka yang berkulit cerah pun bisa mengalami pembentukan keloid. Baca juga: Ini 4 Aturan dan Cara Konsumsi Saffron Untuk Kesehatan

4 Cara Menghilangkan Keloid yang Mudah

Salah satu bekas luka yang rentan menimbulkan keloid adalah luka caesar. Sebagaimana kita ketahui, proses operasi caesar termasuk ke dalam bedah yang besar yang membuat luka keloid bisa muncul.

Normalnya, tubuh anda ketika mengalami luka maka jaringan parut atau dalam istilah medis disebut fibrosa akan terbentuk pada bagian atas kulit dalam upaya memperbaikinya. Akan tetapi, pada keloid jaringan tersebut malah terus tumbuh dan malah menebal sehingga ukuran bekasnya tersebut bisa lebih besar daripada lukanya itu sendiri.

Ada beberapa cara menghilangkan keloid, mulai dari upaya operasi sampai dengan beberapa langkah alami untuk menyamarkan bekas keloid. Seperti apa cara menghilangkan keloid? Mari simak di bawah ini.

Melalui Jalan Operasi

Jangan Panik! Begini 4 Cara Menghilangkan Keloid yang Mudah

Cara menghilangkan keloid pertama yang akan dapat anda lakukan adalah menempuh jalan operasi untuk menyamarkan keloid yang muncul. Pada dasarnya, keloid sifatnya jinak meskipun tampilannya menonjol dibagian permukaan kulit. Akan tetapi, apabila pertumbuhan keloid jumlahnya dan ukurannya tidak terkendali maka ini bisa menjadi gejala awal dari keganasan.

Oleh karenanya, anda yang ingin menghilangkan keloid dengan cepat namun aman. Maka jalur operasi yang dilakukan oleh tim medis bisa menjadi pilihan. Ketika anda berkonsultasi dengan dokter nantinya dokter akan mengambil tindakan pembedahan untuk memotong keloid tersebut.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tindakan yang satu ini pun bisa berisiko menyebabkan luka yang lebih besar pada bekas luka operasi. Sehingga nantinya dokter mungkin mengambil tindakan operasi yang dikombinasikan dengan tindakan lainnya. Lakukan pertimbangan di bawah ini sebelum anda memutuskan mengambil tindakan operasi pada keloid.

  • Pertimbangkan kembali apakah kehadiran keloid masih bisa anda atasi. Artinya selama keberadaan keloid tidak memberikan keluhan kesehatan berarti atau mungkin kehadirannya tidak terlalu menonjol. Sebaiknya keloid dibiarkan saja karena ini adalah bekas luka yang wajar.
  • Bila keloid terasa gatal, panas atau mungkin ukurannya malah semakin membesar maka pertimbangan untuk berkonsultasi dengan dokter bisa anda tempuh.
  • Pahami betul risiko yang bisa anda dapatkan dari operasi yang anda tempuh.
  • Lakukan dengan tenaga ahli jangan pernah mencoba-coba menghilangkannya seorang diri atau dengan sembarangan sebab ini akan erat kaitannya dengan keselamatan anda.

Terapi Laser

Jangan Panik! Begini 4 Cara Menghilangkan Keloid yang Mudah

Cara menghilangkan keloid selanjutnya yang bisa anda tempuh adalah dengan melakukan terapi laser. Cara yang satu ini memang sudah terkenal pamornya ampuh untuk menyamarkan bekas luka keloid dan mengembalikan tampilan kulit menjadi hampir sempurna.

Tak hanya benjolan yang menonjolnya saja, kemerahan yang timbul pada keloid pun dapat dihilangkan dengan terapi yang satu ini. Hanya saja, sayangnya tidak murah biaya untuk bisa mengikuti terapi laser. Selain itu, treatment ini tidak hanya dilakukan sekali saja untuk bisa menyamarkan keloid sampai betul-betul tidak terlihat. Melainkan butuh beberapa kali sampai anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Terapi laser untuk menghilangkan keloid dilakukan oleh tenaga medis yang memang kompeten dibidangnya. Sebelum melakukan terapi ini biasanya ada serangkaian medical checkup yang akan dilakukan dokter guna mengetahui kondisi anda. Untuknya, pastikan anda berkonsultasi dan hanya tangani masalah ini dengan tim medis.

Samarkan dengan Bawang Putih

Jangan Panik! Begini 4 Cara Menghilangkan Keloid yang Mudah

Selain beberapa cara medis diatas yang pastinya memakan biaya yang tidak sedikit anda juga bisa melakukan upaya untuk menyamarkan luka keloid dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami tentunya berdampak lebih aman dan bebas dengan efek samping meski anda menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang.

Satu dari sekian banyak bahan alami yang ampuh sebagai cara menghilangkan keloid adalah bawang putih. Kandungan zat alami dalam bawang putih akan bekerja untuk mencegah proliferasi fibroblast yang berlebihan. Dimana produksi bahan ini adalah senyawa yang bertanggung jawab dalam pembentukan bekas luka keloid yang membesar. Untuk pembuatan ramuan cara menghilangkan keloid dari bawang putih, caranya dapat disimak di bawah ini.

  • Siapkan 1 sampai dengan 2 siung bawang putih kemudian kupas dengan merata. Gunakan media pengupas yang aman dan steril.
  • Kemudian setelah itu, potong menjadi beberapa bagian dengan merata.
  • Haluskan dengan merata sampai anda mendapati teksturnya menjadi seperti pasta.
  • Oleskan pasta bawang putih pada luka keloid dengan merata. Kemudian tunggu selama beberapa saat kira-kira 15 menit.
  • Selanjutnya cuci bagian tersebut dengan air hangat dan untuk mendapatkan hasil maksimal proses ini bisa dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu hari.

Samarkan dengan Madu

Jangan Panik! Begini 4 Cara Menghilangkan Keloid yang Mudah

Bahan alami selanjutnya yang dapat anda manfaatkan khasiatnya untuk menyamarkan keloid adalah madu. Madu telah sejak lama dikenal sebagai salah satu ramuan alami yang punya sejuta manfaat untuk kesehatan. Dan mencenangangkannya lagi, manfaat ini bisa untuk menyamarkan bekas luka menonjol seperti keloid.

Manfaat dari madu bekerja mencegah sel-sel kulit mati yang terakumulasi di area sekitaran luka. Selain itu, madu juga berfungsi untuk mensirkulasi peredaran darah dan mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Oleh karenanya bahan ini sangat baik untuk anda manfaatkan.

  • Caranya adalah dengan menyiapkan madu asli yang segar dan masukkan dalam sebuah wadah.
  • Oleskan madu secara langsung pada bagian bekas luka dengan merata.
  • Kemudian lakukan pemijatan dengan lembut dan diamkan selama kurang lebih 30 sampai dengan 40 menit sampai merata.
  • Selanjutnya anda dapat membilasnya menggunakan air. Sama seperti bawang putih, bahan alami ini akan perlu dioleskan minimal 2 kali dalam satu hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itulah dia beberapa cara menghilangkan keloid yang mudah yang bisa anda lakukan. Pemilihan tindakan operasi dan cara alami untuk menyamarkan bekas keloid tentunya menjadi pilihan tersendiri yang bisa anda sesuaikan dengan kemampuan.

Namun yang perlu diingat adalah semua tindakan di atas pada dasarnya tidak bisa mengembalikan kulit sesempurna seperti sebelumnya. Akan tetapi lebih kepada menyamarkan kehadiran keloid sehingga keberadaannya tidak tampak terlalu mencolok. Selain itu, perlu dipahami dengan baik jangan pernah berusaha menghilangkan atau melakukan upaya penyamaran bekas keloid dengan tindakan berbahaya di rumah sebab ini akan berbahaya dampaknya untuk kesehatan.

Artikel menarik lainnya: Sederhana! 6 Cara Bahagia Ini Buat Hidup Lebih Bermakna

Leave a Reply