Penderita Insomnia, Begini 4 Cara Bisa Tidur dengan Cepat

Penderita Insomnia, Begini Cara Bisa Tidur dengan Cepat – Penderita insomnia adalah mereka yang punya masalah dengan tidur yang nyenyak atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali. Hal ini tentu sangat mengganggu dan merugikan. Mari cari tahu cara bisa tidur dengan cepat agar esok paginya anda lebih siap menghadapi aktivitas.

Insomnia adalah sebuah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan tidur yang terjadi di malam hari. Rasa kantuk umumnya tak kunjung dirasakan oleh penderita insomnia meski jam telah menunjukkan larut malam. Atau bisa pula meski rasa kantuk sudah muncul akan tetapi karena beberapa alasan mereka tak kunjung terlelap.

Dari sebuah laman Sleep Foundation menjelaskan bahwasanya penderita insomnia biasanya merasa tidak puas dengan kuantitas maupun kualitas tidurnya. Inilah mengapa kondisi susah tidur di malam hari atau insomnia akan sangat mengganggu. Sebab si penderita bisa mengalami kelelahan, tidak fokus, tidak bertenaga, murung dan bahkan cenderung menjadi tidak produktif. Baca juga: Lebih Produktif, Begini 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas

4 Cara Bisa Tidur dengan Cepat

Selain beberapa keluhan di atas, penderita insomnia biasanya kesulitan untuk bisa bangun lebih pagi dalam keadaan segar bugar akibat kurangnya jam tidur mereka di malam hari. Oleh karenanya, guna membantu anda cepat terlelap di malam hari dan memenuhi jam biologis anda seperti biasanya. Di bawah ini adalah cara bisa tidur dengan cepat untuk para penderita insomnia.

Buat Ruangan Kamar Tidur Senyaman Mungkin

Penderita Insomnia, Begini 4 Cara Bisa Tidur dengan Cepat

Selama ini salah satu alasan yang membuat anda mengalami masalah tidur yang cepat terutama di malam hari adalah karena kondisi ruangan kamar tidur yang tidak nyaman. Peralatan yang berantakan atau mungkin kondisi kamar yang kotor seringkali membuat kita secara tidak sadar tidak betah berada di dalam ruangan yang demikian.

Maka dari itu, penting memastikan ruangan kamar tidur anda dibuat senyaman mungkin. Bila perlu buat rancangan desain interior yang memang mewakilkan pribadi anda dengan sangat kental. Dengan begini maka secara otomatis anda akan betah berada di dalamnya. Tidur anda pun menjadi tidak terhalang karena kondisi lingkungan kamar yang sangat nyaman. Ada beberapa langkah yang penting diperhatikan untuk menciptakan ruangan kamar tidur yang nyaman, seperti diantaranya adalah:

  • Pastikan ruangan kamar tidur anda dalam keadaan bersih. Setidaknya setiap bangun tidur bereskan selimut dan tata bantal serta guling ke tempatnya. Kemudian bersihkan kasur dan ruangan kamar dengan cara menyapunya.
  • Semprotkan wewangian pada saat sebelum tidur. Wewangian tertentu punya manfaat untuk relaksasi sehingga anda yang mengalami kesulitan tidur akan terbantu dengan hal ini.
  • Buat kamar tidur yang mencerminkan karakter anda agar anda merasa betah dan nyaman berada di dalamnya.
  • Redupkan pula penerangan pada saat anda tidur, lampu kamar yang redup akan membuat mata lebih cepat terlelap.

Coba Metode Militer

Penderita Insomnia, Begini 4 Cara Bisa Tidur dengan Cepat

Cara bisa tidur selanjutnya yang bisa anda lakukan ketika mengalami gangguan tidur di malam hari adalah dengan menerapkan metode militer. Metode yang satu ini digadang-gadang ampuh untuk membuat si penderita insomnia menjadi lebih cepat tidur pulas. Metode yang satu ini pertama kali dipopulerkan oleh Sharon Ackerman melalui sebuah buku dengan judul: Relax and Win: Performance Championship.

Dalam bahasannya Sharon menjelaskan bahwa sekolah penerbangan angkatan laut di AS menciptakan sebuah metode yang dianggap ampuh membantu para pilot terlelap hanya dalam waktu kurang lebih 2 menit saja.

Para pilot yang mencoba metode ini membutuhkan latihan selama 6 minggu sebelum pada akhirnya metode ini benar-benar bekerja pada mereka. Bahkan saking hebatnya metode ini, para pilot yang sudah berhasil menerapkan metode militer ini bisa tidur terlelap meski ada begitu banyak suara peluru dari belakang yang begitu bising. Adapun caranya adalah dengan menerapkan langkah di bawah ini.

  • Rilekskan bagian seluruh wajah anda termasuk dengan bagian otot yang ada pada bagian mulut.
  • Perlahan lepaskan semua ketegangan yang ada di pundak anda kemudian biarkan tangan anda merebah ke bagian sisi tubuh.
  • Setelah itu, hembuskan napas dengan perlahan dan rilekskan bagian dada.
  • Bagian lain yang perlu untuk anda lemaskan adalah bagian paha, kaki dan juga betis.
  • Pelan-pelan cobalah untuk menjernihkan pikiran anda selama kurang lebih 10 detik. Untuk membantunya, bayangkan sesuatu yang bisa membuat anda menjadi lebih santai.
  • Bila hal tersebut tidak berhasil maka berikan getaran positif pada tubuh anda dengan mengatakan “Jangan Berpikir” secara berulang-ulang selama 10 detik.

Metode ini memang memerlukan latihan yang keras sampai bisa mempengaruhi anda dan membuatnya berhasil membuat anda tertidur. Maka dari itu, ketika belum berhasil maka jangan menyerah untuk terus berlatih.

Anda mungkin tertarik: Lebih Disiplin, 6 Cara Bangun Pagi yang Efektif

Coba Metode Relaksasi Otot Bagian Dalam

Penderita Insomnia, Begini 4 Cara Bisa Tidur dengan Cepat

Cara bisa tidur selanjutnya yang bisa anda coba di rumah adalah dengan melakukan relaksasi otot bagian dalam. Relaksasi otot dalam atau yang juga disebut dengan relaksasi otot progresif akan cukup ampuh dalam membantu anda menjadi lebih tenang, terutama di malam hari. Hampir seluruh pergerakan dalam latihan ini mampu mengantar anda pada fase ketenangan di seluruh tubuh.

Agar manfaatnya bisa anda rasakan secara langsung maka pastikan latihan ini dilakukan saat menjelang tidur. Pastikan luangkan waktu  selama beberapa saat untuk mencoba metode yang hampir mirip dengan meditasi ini. Seperti apa sih langkahnya? Mari simak di bawah ini.

  • Langkah pertama diawali dengan mengangkat alis anda setinggi mungkin. Tujuannya adalah untuk mengencangkan bagian otot yang ada pada bagian dahi. Tahan posisi gerakan ini selama kurang lebih 5 detik.
  • Kemudian setelah itu, lemaskan kembali bagian otot dahi anda dan rasakan kini ketegangan yang ada pada bagian tersebut mulai menurun dan tunggu posisi ini selama 10 detik.
  • Kini silahkan coba gerakan tersenyum dengan lebar dengan tujuan untuk mengencangkan otot di bagian pipi dan tahan posisi ini selama 5 detik.
  • Ambil rehat selama 10 detik dan rasakan bagian otot-otot pada wajah kini mulai melemas dan rileks.
  • Lanjutkan dengan memiringkan bagian kepala anda ke belakang sehingga anda dapat memandang bagian langit-langit kamar tidur anda dalam posisi yang nyaman. Tahan juga posisi ini selama kurang lebih 5 detik.
  • Kembali ke posisi santai sejenak dengan gerakan bersandar ke bantal. Tahan pula selama 10 detik agar otot menjadi lebih rileks.
  • Lanjutkan gerakan yang sama pada bagian seluruh tubuh anda mulai dari bagian trisep ke dada, paha sampai dengan bagian kaki anda.

Apabila selama melakukan latihan ini anda tertidur maka biarkan saja. Namun bila anda merasa kantuk tak kunjung datang maka lanjutkan latihan ini sampai anda benar-benar mencapai titik rileks tubuh paling nyaman.

Berolahraga

Penderita Insomnia, Begini 4 Cara Bisa Tidur dengan Cepat

Cara lain yang akan dapat anda lakukan agar lebih cepat tidur di malam hari adalah dengan mendapatkan olahraga yang rutin. Olahraga akan dapat membantu anda menjadi lebih fit, bertenaga dan juga menguras tenaga sehingga anda lebih mudah tidur pulas di malam hari.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa anda lakukan semuanya bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan anda. Baik itu kardio, aerobik dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

Leave a Reply