3 Langkah Cara Membuat Bawang Hitam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

3 Langkah Cara Membuat Bawang Hitam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan – Bawang hitam punya segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan jantung. Mari simak cara membuat bawang hitam dan seperti apa saja manfaatnya untuk kesehatan.

Bawang hitam belakangan menjadi salah satu ramuan tradisional yang banyak dibicarakan. Hal ini dikarenakan bawang hitam digadang-gadang punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Lalu apa sih itu bawang hitam?

Bawang hitam atau yang juga dikenal dengan sebutan black garlic sebenarnya adalah bawang putih mentah yang diproses dalam kelembapan tertentu kemudian didiamkan selama beberapa waktu. Proses ini diperuntukkan agar kadar gula yang ada di dalam bawang putih terkaramelisasi dengan sempurna yang kemudian dipecah secara bertahap. Bahan ini telah sejak lama bahkan berabad-abad yang lalu menjadi salah satu ramuan kesehatan masyarakat Asia, termasuk Korea Selatan dan Thailand.

3 Langkah Cara Membuat Bawang Hitam

Anda yang ingin meracik dan membuat sendiri bawang hitam di rumah. Tak perlu khawatir dalam kesempatan kali ini kami berikan cara membuat bawang hitam yang mudah dan bisa dipraktikan di rumah. Baca juga: 6 Tips dan Cara Mendesain Baju Bagi Pemula

Bahan-Bahan:

Sebenarnya proses pembuatan bawang hitam ada beberapa cara. Namun kali ini kita akan buat bawang hitam dengan langkah fermentasi yang mana langkah ini lebih mudah untuk dipraktikan di rumah. Adapun bahan-bahan yang akan perlu anda siapkan diantaranya adalah:

  • Bawang putih segar secukupnya

Perlengkapan yang Harus Disiapkan:

Ada beberapa peralatan yang perlu untuk anda persiapkan sebelum membuat sajian yang satu ini. Diantaranya adalah:

  • Oven
  • Kertas alumunium foil
  • Mangkuk stainless

Cara Membuat Bawang Hitam:

Apabila peralatan dan bahan sudah tersedia maka akan mudah bagi kita memulai pembuatan dari sajian kali ini. Penasaran seperti apa? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Langkah Pengemasan

3 Langkah Cara Membuat Bawang Hitam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Langkah pertama untuk cara membuat bawang putih kali ini adalah dengan mengemas bawang putih ke dalam mangkuk stainless yang mana nantinya anda akan menempatkannya ke dalam oven. Untuk itu, silahkan siapkan sebuah mangkuk dan pastikan mangkuk dalam keadaan bersih dan kering.

  • Untuk langkahnya sendiri silahkan kupas terlebih dahulu bawang putih agar kulitnya dibuang dan dibersihkan.
  • Lalu masukkan ke dalam mangkuk dan ratakan.
  • Tutup bagian atasnya dengan menggunakan kertas alumunium foil dengan merata.

Masukkan Mangkuk ke Dalam Oven

3 Langkah Cara Membuat Bawang Hitam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Apabila sudah selesai mengemas bawang putih di dalam mangkuk maka pastikan kertas alumunium foil menutupnya dengan rapat. Rekatkan bagian luar kertas aluminium foil dengan merata untuk memastikan bagian ini tidak bocor sehingga proses pemanganggan nanti berjalan dengan baik.

  • Apabila sudah dikemas kemudian masukkan mangkuk ke dalam oven.
  • Tempatkan di bagian bawah sehingga nantinya suhu panas dari oven dapat bekerja menghantarkan sejumlah panas yang dibutuhkan untuk memanggang bawang putih.
  • Tutup oven dengan rapat.

Proses Pemanggangan

3 Langkah Cara Membuat Bawang Hitam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Setelah anda memastikan mangkuk berada di dalam oven maka kini proses pemanggangan akan dapat dilakukan dengan merata. Untuk bisa mendapatkan bawang putih dengan kondisi yang hitam dibutuhkan suhu tertentu pada oven. Karena warna hitam yang didapatkan dari bawang tidak terjadi sebab bawang terbakar atau gosong melainkan kandungan gula yang ada di dalam bawang terkaramelisasi dengan baik. Untuk itu, pastikan anda memperhatikan langkah di bawah ini.

  • Bila anda menggunakan oven listrik maka akan lebih mudah untuk anda mengatur suhu.
  • Atur suhu pada 25 sampai dengan 30 derajat Celcius selama kurang lebih 40 sampai dengan 80 hari.
  • Sementara bila anda menggunakan oven manual silahkan gunakan termometer untuk mengatur suhu dengan baik.
  • Lakukan pengecekan setiap 4 sampai dengan 5 hari sekali guna mencegah terjadinya perubahan suhu sebab ini akan mempengaruhi proses fermentasi dari bawang putih menjadi hitam.

Terbaru dari kami: Penting! Ketahui 6 Panduan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan

Bawang putih memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang baik sehingga tak heran bila manfaatnya akan sangat baik untuk kesehatan. Terdapat kandungan senyawa belerang, kalsium, vitamin A, B1 dan juga vitamin C di dalam bawang putih. Selain manfaatnya untuk kesehatan, bawang putih juga terbukti ampuh untuk kecantikan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat bawang hitam untuk kesehatan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari rutin mengkonsumsi bawang putih untuk kesehatan adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah studi di vitro yang dilakukan pada tahun 2012 telah melakukan evaluasi terhadap perbedaan antara bawang hitam dan efek individu pada fungsi sistem imun di dalam tubuhnya.

Dan rupanya, bawang hitam atau bawang putih hitam menunjukkan sifat antioksidan yang paling kuat. Bahkan senyawa di dalam bawang hitam diketahui punya sifat yang lebih kuat untuk merangsang kekebalan di dalam tubuh.

Melindungi Tubuh dari Ancaman Kanker

Kanker adalah salah satu ancaman kesehatan yang paling ganas dan rentan terjadi. Namun dengan rajin mengkonsumsi bawang hitam tubuh anda akan terlindungi dari ancaman penyakit ganas yang satu ini.

Hal ini dikarenakan proses fermentasi pada bawang hitam mampu berkontribusi dalam meningkatkan senyawa S-allylcysteine dan asam amino yang tentu baik untuk kesehatan, termasuk menurunkan anda dari risiko terhadap kanker.

Mengurangi Lemak

Tak hanya beberapa manfaat di atas, untuk anda yang saat ini tengah bersusah payah berusaha menurunkan berat badan. Khasiat dari bawang hitam bisa anda manfaatkan untuk mempercepat proses pembakaran lemak dengan lebih efektif. Hal ini dikarenakan konsumsi rutin terhadap bawang hitam akan dapat mengikis lapisan lemak di dalam tubuh bahkan untuk bagian yang sangat tebal, seperti pada bagian perut.

Menurunkan Tekanan Darah

Selain penyakit jantung, tekanan darah tinggi adalah salah satu jenis penyakit yang rentan dialami oleh orangtua. Selain itu, penyakit hipertensi atau tekanan darah pada umumnya seperti diabetes yakni sebuah penyakit yang menempel pada tubuh seumur hidup. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan melainkan penderita perlu menjaga tubuhnya sehingga tidak kambuh.

Salah satu penanganan tekanan darah dari ramuan tradisional yang ampuh adalah dengan konsumsi bawang hitam. Kandungan organosulfur yang ada di dalam bawang hitam dapat bekerja melebarkan bagian pembuluh darah sehingga tekanan aliran darah pada bagian dinding arteri menjadi lebih menurun.

Menjaga Kesehatan Jantung

Tak hanya beberapa kondisi keluhan kesehatan di atas. Bawang hitam juga punya peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Kandungan di dalam bawang putih terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Sementara itu, di waktu yang bersamaan hal tersebut pun menaikkan kadar kolesterol yang baik. Ketika kondisi ini terjadi maka kesehatan jantung anda bisa terjaga dengan baik.

Nah, itulah dia beberapa manfaat bawang hitam yang baik untuk kesehatan. Konsumsi rutin terhadap ramuan tradisional ini terbukti ampuh bekerja lebih baik terhadap kesehatan.

Artikel menarik: Jangan Panik! Ini 7 Cara Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Leave a Reply