Mudah, Begini 3 Cara Menghias Tumpeng Sederhana Untuk Pemula

3 Cara Menghias Tumpeng Sederhana Untuk Pemula – Anda yang berpikiran bahwa menghidangkan tumpeng hias harus selalu dilakukan oleh ahlinya, mungkin keliru setelah melihat 3 cara menghias tumpeng sederhana untuk pemula di bawah ini. Yuk cari tahu tipsnya!

Nasi tumpeng sering diidentikan dengan pesta perayaan besar masyarakat tanah air. Terutama untuk acara syukuran biasanya menghadirkan nasi tumpeng hias selalu menjadi syarat wajib yang harus dihadirkan. Bentuknya kerucut yang khas dan lauk pauknya yang beragam menjadikan simbol kejayaan dari sebuah nasi tumpeng. Apalagi ketika tampilannya cantik dan menarik sudah pasti semua orang tergoda untuk mencicipinya. Baca juga: 4 Cara Membuat Plastisin (Playdough)

3 Cara Menghias Tumpeng Sederhana Untuk Pemula

Agar anda bisa juga menghadirkan nasi tumpeng hias mari pelajari lebih lanjut tips dan cara menghias tumpeng sederhana. Seperti apa sih? Di bawah ini adalah tipsnya.

Siapkan Peralatan dan Garnish yang Diperlukan

Mudah, Begini 3 Cara Menghias Tumpeng Sederhana Untuk Pemula

Pada dasarnya lauk yang dihadirkan untuk nasi tumpeng tidak jauh dari ayam goreng, telur balado, perkedel, oreg tempe dan kerupuk. Namun dalam rangka menghiasnya menjadi cantik, garnish atau hiasan dari makanan bisa anda hadirkan.

Guna memudahkan anda menghias tumpeng maka pastikan terlebih dahulu anda mempersiapkan bahan dan peralatan yang akan dibutuhkan. Beberapa perkiraan peralatan dan bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah:

  • Pisau cutter. Fungsinya untuk memotong buah dan sayur yang akan digunakan untuk hiasan tumpeng.
  • Anda akan perlu untuk memotong buah dan sayur serta hiasan yang akan diberikan pada nasi tumpeng.
  • Lidi untuk menusuk sayuran atau buah-buahan untuk menghias tumpeng
  • Alat ini menjadi barang penting yang harus anda persiapkan. Mould merupakan pisau buah berbentu bulan yang biasanya digunakan untuk membuat pola berbentuk bulatan kecil pada hiasan yang dijumpai di nasi tumpeng.

Kreasikan Bentuk Nasi Tumpeng

Mudah, Begini 3 Cara Menghias Tumpeng Sederhana Untuk Pemula

Selama ini kita mungkin kenal betul bahwa nasi tumpeng selalu dijumpai dalam bentuk kerucut. Namun saat ini untuk memberikan sentuhan yang cantik dan unik, ada begitu banyak nasi tumpeng hias dengan bentuk yang beragam. Salah satunya adalah bentuk menara layaknya seperti kue pernikahan yang istimewa.

  • Untuk membuat nasi tumpeng dengan bentuk menara atau piramida anda bisa mencetak nasi dalam loyang dengan ukuran yang beruntun. Yakni ukuran bawah paling besar dan bagian atas paling kecil.
  • Setelah dicetak, kemudian ditumpuk secara berurutan sesuai dengan ukuran.
  • Terakhir, anda bisa memberikan tumpeng dengan bentuk kerucut untuk memberikan sentuhan yang cantik dan menarik.

Pastikan Lauk Pauk Berwarna Kontras

Mudah, Begini 3 Cara Menghias Tumpeng Sederhana Untuk Pemula

Salah satu rahasia cara menghias tumpeng yang cantik tak hanya terletak dari nasi tumpeng yang dibentuk dengan aneka ragam. Namun lauk pendampingnya pun akan ikut menentukan tampilannya. Untuk itu, sebaiknya pilihlah lauk pauk dengan warna yang kontras. Dengan begini maka paduan warna-warna yang jelas akan memberikan kesan nasi yang lebih menggoda untuk disantap. Adapun beberapa rekomendasi lauk pauk yang bisa anda masak untuk membuat tumpeng hias diantaranya adalah:

  • Ayam goreng dengan serundeng
  • Telur balado dengan warna yang merah segar
  • Oreg tempe dengan campuran teri kering
  • Perkedel
  • Sambal
  • Lalapan berwarna hijau

Dengan penataan yang rapi maka anda dijamin akan mendapatkan tumpeng hias yang cantik. Selain itu, bila anda mencampurkan buah dan sayur  sebagai hiasan pastikan dalam keadaan segar. Cara untuk menjaga sayuran dan buah tetap segar adalah merendamnya dalam air dingin sebelum diaplikasikan sebagai penghias.

Artikel menarik lainnya:  Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Leave a Reply